Menggali Potensi Bisnis Dari Susu Kedelai

Susu kedelai adalah salah satu hasil olahan dari kacang kedelai yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sehingga baik untuk di konsumsi sebagai minuman sehari-hari, selain itu kandungannya yang menyerupai susu sapi bisa menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang tidak di perbolehkan atau alergi terhadap susu sapi.

Potensi produk susu kedelai di Indonesia cukup besar, mengingat banyak manfaat yang bisa di ambil juga harganya yang lebih terjangkau bisa menjadi pilihan setiap kalangan. Bahkan menurut penelitian kandungan proteinnya lebih tinggi dari ayam,daging,ikan,dan telur. Maka dengan begitu peluang usaha untuk berbisnis susu kedelai ini pun prospeknya akan terus berkembang menjadi semakin lebih besar.

Manfaat Susu Kedelai

Sebelum kita menggali potensi susu kedelai lebih lanjut ada baiknya jika kita mengetahui dahulu beberapa manfaat dari produk ini, Agar bisa menjadi informasi tambahan untuk anda yang tertarik terjun berbisnis susu kedelai. Adapun beberapa manfaat susu kedelai ini bagi tubuh diantaranya,

Seperti yang kita ketahui susu sapi adalah sebuah minuman yang sangat baik untuk kesehatan, namun apa jadinya jika seseorang di tidak perbolehkan untuk mengkonsumsinya karena akibat alergi, alternatif bagi orang tersebut tentunya adalah mengkonsumsi susu kedelai.

Lalu susu sapi bagi sebagian kalangan juga memiliki harga yang cukup tinggi yang terkadang sulit untuk di jangkau, lagi-lagi solusi untuk mereka adalah mengkonsumsi susu kedelai agar kebutuhan kesehatannya terpenuhi.

Adalagi keistimewaan dari produk ini adalah sangat kecil kandungan kolesterol yang memicu berbagai macam penyakit, dan manfaat lainnya adalah mengurangi resiko Diabetes, mengontrol tekanan darah, hingga mencegah osteoporosis.

Potensi Bisnis Susu Kedelai

potensi susu kedelai

Melihat banyaknya kelebihan dari susu kedelai ini maka permintaan akan produk ini pun akan terus meningkat, sehingga tidak heran banyak bermunculan merk baru atau maupun pebisnis lama yang ikut terjun meraup keuntungan dengan memproduksi susu kedelai kemasan.

Advertisement

Ketersediann bahan baku utama berupa kacang kedelai yang melimpah serta cara pembuatannya yang terbilang sederhana juga membuat peluang usahanya terbuka bagi pelaku usaha kecil dan menengah, bahkan dengan skala rumahan pun sudah bisa menghasilkan susu kedelai yang berkualitas.

Selain itu juga dengan banyaknya pelaku usaha yang kreatif dan selalu berinovasi, tercipta pula hasil olahan susu kedelai yang memungkinkan untuk lebih di gemari masyarakat luas, yaitu mengolahnya menjadi produk es krim susu kedelai. Tentunya ini akan lebih mengembangkan potensinya karena bisa di konsumsi dengan cara yang lebih menarik bagi semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Baca juga Modal Kecil Menjalankan Usaha Es Krim Cone

Cara Membuat Susu Kedelai

Cara pembuatannya yang terbilang sederhana membuat bisnis susu kedelai ini tidak hanya di dominasi perusahaan kelas besar saja, anda yang ingin menjalankannya dengan skala kecil bahkan rumahan pun bisa dengan mudah di lakukan. Sebagai tambahan, berikut ini adalah cara pembuatan dan bahan-bahan untuk memproduksi susu kedelai :

  1. Pilih kacang kedelai yang berkualitas, lalu bersihkan dan selanjunya rendam dengan air bersih hingga 1 malam atau di atas 12 jam.
  2. Rebus Kacang kedelai yang sudah di rendam selama kurang lebih 15 menit.
  3. Tiriskan dan biarkan dingin untuk selanjutnya di kupas sambil di cuci kembali hingga benar-benar bersih.
  4. Setelah bersih terkupas, kacang kedelai harus di blender agar lumat dengan di tambahkan air kurang lebih 3 liter untuk setiap kilogramnya.
  5. Hangatkan kembali dengan suhu kurang lebih 80 derajat celcius, lalu saring menggunakan kain saringan, sehingga akan di peroleh filtrat dari susu kedelai.
  6. Terahir, kita bisa kreasikan susu kedelai tersebut dengan pemanis berupa gula pasir dan juga penambah rasa, sambil di hangatkan agar mudah larut, hingga bau kedelai berkurang. lalu selesai, kita bisa mengemasnya kedalam botol kemasan.

Baca juga Tips Membuat Kemasan Produk Yang Disukai Konsumen

Langkah di atas termasuk sederhana sehingga siapapun dapat membuat susu kedelai yang berkualitas, dengan hanya memanfaatkan dapur rumah saja sudah cukup untuk bisa memproduksinya. Selamat Mencoba..

Baca juga artikel Tips Mencari Peluang Usaha Di Sekitar Kita