Menggali Peluang Baru dari Bisnis yang Sedang Dijalankan

Persaingan yang ketat antar pelaku bisnis menuntut kita untuk selalu terus menggali potensi baru agar bisa terus bertahan. Kompetisi yang terjadi tersebut tidak mungkin bisa kita menangkan jika bisnis yang dijalankan hanya berjalan ditempat tanpa mengusahaan adanya ide-ide baru untuk menggaet lebi banyak pelanggan.

Sekalipun jika saat ini bisnis anda sedang berjalan dengan lancar hendaknya setiap saat harus selalu waspada, karena seiring waktu para pelaku usaha baru akan terus bermunculan. Selain itu tantangan juga akan terus datang dari pebisnis lainnya dalam satu bidang yang selalu getol berinovasi.  Mereka bukan tidak mungkin sedikit demi sedikit dapat mengancam keberlangsungan bisnis yang sedang kita jalankan.

Untuk itu janganlah sampai kecolongan upayakan untuk selalu gali peluang baru agar bisa terus eksis dalam dunia usaha.

Mungkin saja terlewatkan, ada sumber potensial untuk melahirkan peluang baru tersebut tanpa harus susah mencari kemana-mana. Yakni kita dapat menggalinya pada bisnis yang sedang dijalankan saat ini. Kelebihannya, selain akan masih dalam bidang yang berkaitan, peluang untuk suksesnya tentu bisa semakin besar karena pengalaman yang sudah kita miliki setidaknya bisa menjadi patokan. Apa saja sumber peluang tersebut, berikut diantaranya.

Menggali Peluang Baru

Advertisement

Produk atau Jasa yang Biasa di Tawarkan

Produk-produk ataupun jasa yang sudah biasa anda pasarkan saat ini dapat menjadi sumber peluang baru jika kita mampu menggali lebih lanjut seperti dengan mengenali apa yang menjadi keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Setelah mengenalinya, kita bisa berupaya menciptakan produk baru yang dibuat berdasarkan penggabungan beberapa keunggulannya sekaligus menghilangkan kekurangannya, sehingga dapat lebih disukai pelanggan.

Contoh sederhana misalnya saja anda seorang pengusaha kue basah. Anda memproduksi kue A yang berhasil disukai pelanggan karena memiliki rasa yang lezat meski berharga tinggi, dan kue B yang lebih disukai pelanggan karena harganya yang lebih terjangkau.

Dari kedua produk tersebut, anda berpotensi menciptakan jenis kue baru yang memiliki keunggulan rasa seperti kue A namun memilki harga jual terjangkau seperti kue B.

Baca Juga Artikel :

Pelanggan yang Sering Bertransaksi

Selanjutnya peluang baru bisa datang juga dari mereka para pelanggan yang sudah biasa bertransaksi dengan bisnis kita. Salah satunya ialah dari beberapa permintaan mereka yang tidak dapat kita penuhi. Baik itu berupa produk yang tidak kita milki ataupun layanan yang tidak kita persiapkan.

Misalnya saja anda penjual pakaian dan tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan saat menanyakan ketersedian pakaian untuk anak-anak. Dihari selanjutnya, kita dapat melengkapinya sehingga akan berpotensi mendapatkan keuntungan tambahan dari produk baru tersebut.

Contoh lain misalnya layanan delivery order yang selama ini tidak kita miliki namun banyak pelanggan yang berminat menggunakannya. Dengan mengadakan layanan tersebut serta menerapkan biaya pengiriman tambahan, maka anda juga akan mendapatkan keuntungan lebih besar.

Semoga Terinspirasi….