Mengenal QR Code Untuk Transaksi Pembayaran

Untuk melakukan transaksi pembayaran sekarang semakin dimudahkan dengan adanya perkembangan teknologi QR Code.

Mungkin kebanyakan dari para pembaca pun sudah ada yang mengetahui atau bahkan pernah mencoba bertransaksi pembayaran menggunakan metode ini.

Tentunya terasa jauh lebih mudah bukan ? cukup dengan scanning kode, transaksi pun bisa diselesaikan dengan cepat, tanpa harus mengeluarkan uang tunai atau kartu apapun.

Teknologi QR Code pun seiring waktu kian populer digunakan, tidak hanya pada gerai modern diperkotaan melainkan mulai diperkenalkan hingga warung-warung tradisional.

Qr Code menjadi salah satu teknologi pendukung untuk menjalankan gaya hidup non tunai agar kemudahan bertransaksi dapat di rasakan banyak masyarakat.

Mengenal QR Code

Apa itu QR CODE ?

Mungkin sebelumnya anda sudah lebih familiar dengan teknologi Barcode yang sering kita temui saat melakukan pembayaran di kasir minimarket ? QR Code ini ialah teknologi yang setingkat lebih canggih dari Barcode.

QR Code atau kepanjangannya Quick Response Code adalah sebuah kode 2 dimensi yang mampu menyimpan berbagai data dan dapat dibaca secara vertikal ataupun horizontal.

Respon dari QR Code pun bisa menyampaikan data dengan lebih cepat dibandingkan dengan Barcode yang masih mengandalkan kode batang 1 dimensi.

Pencipta teknologi canggih ini ialah perusahaan raksasa asal negara Jepang yang dikenal dengan nama Denso Corporation melalui divisinya Denso Wave.

Di negara asalnya QR Code telah diperkenalkan sejak tahun 1994, sehingga tidak mengherankan jika sekarang teknologi ini sudah sangat populer disana.

Kelebihan Transaksi Menggunakan QR Code

Siapapun tentunya menginginkan kemudahan dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari, termasuk dalam melakukan transaksi pembayaran.


Jika anda menggunakan metode QR Code ini untuk membayar transaksi maka beberapa kelebihan berikut ini yang bisa didapatkan.

Praktis dan Cepat

Tidak perlu mengeluarkan uang tunai, menunggu dan menghitung kembalian, tidak harus menggesek kartu, input pin dan lain sebagainya, itulah diantaranya yang bisa di hilangkan jika menggunakan QR Code dalam melakukan pembayaran.

Cukup dengan memperlihatkan kode QR yang ada pada dompet digital milik anda lewat ponsel, arahkan pada scanning dan selesai pembayaran pun selesai dilakukan.

Keamanan Terjamin

Tidak ada yang bisa di retas seperti pin atau pasword pada kartu kredit dan kartu debit, karena memang sistim QR Code tidak lagi menggunakannya.

Dengan begitu bertransaksi dengan cara ini jauh lebih aman. Hanya membutuhkan jaringan data internet atau Wifi maka metode pembayaran ini sudah bisa berjalan.

Transaksi Praktis Menggunakan Ponsel

Ponsel merupakan salah satu barang yang wajib dibawa menyertai kegiatan sehari-hari, dalam satu alat ini kini bertambah fitur yang bisa dilakukan yakni melakukan pembayaran.

Seiring waktu saat pembayaran secara digital sudah semakin populer bukan tidak mungkin kita hanya cukup membawa ponsel saja untuk beraktifitas tidak lagi perlu membawa uang tunai, dompet, kartu kredit dan lain sebagainya.

Banyak Program Diskon Menarik

Karena masih dalam tahap mengenalkan kepada masyarakat, penggunakan teknologi pembayaran yang satu ini kerap di tawari berbagai program-program promo dan diskon menarik.

Tak tanggung-tanggung seringkali ditemukan program seperti cash back yang mencapai puluhan persen sebagai reward untuk penggunanya.

Tentu dengan adanya kesempatan seperti ini kita dapat lebih menghemat pengeluaran dan menikmati kelebihan yang ditawarkan teknologi kode QR.

Sudah lebih mengenal QR Code ? untuk lebih jelasnya langsung saja lakukan percobaan untuk menggunakannya dalam transaksi pembayaran, seperti melalui aplikasi OVO yang saat ini mulai ramai diterima oleh berbagai merchant.

Selamat Mencoba