Mengenal Proses Pembuatan Ikan Asin Jambal Roti

Salah satu makanan yang memiliki karakter khas adalah ikan asin, di Indonesia banyak sekali sentra produksi ikan asin. Ikan asin juga menjadi makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Salah satu ikan asin yang paling terkenal adalah ikan asin jambal roti. Jika anda pecinta ikan asin, anda pasti mengetahui ikan asin yang satu ini.

Ikan asin jambal roti merupakan salah satu jenis ikan asin yang bisa dikatakan sebagai ikan asin elit. Rasa yang luar biasa dari ikan asin jambal roti menjadikan ikan asin ini memiliki harga yang cukup tinggi. Harga ikan asin jambal roti mencapai Rp. 65.000,- hingga Rp. 85.000,- untuk setiap kilogramnya. Bahkan untuk ikan asin jambal roti dengan kualitas super, harganya bisa lebih tinggi dari itu.

Sebenarnya apa yang membedakan ikan asin jambal roti dengan ikan asin lainnya ? Untuk mendapatkan jawabannya, anda perlu mengenal proses pembuatan ikan asin jambal roti.

Di bawah ini adalah ulasannya.

mengenal Proses Pembuatan Ikan Asin Jambal Roti

Advertisement

Pembuatan Ikan Asin Jambal Roti

Pada dasarnya proses pembuatan semua jenis ikan asin relatif mudah. Demikian halnya pada ikan asin jambal roti, yang perlu diperhatikan adalah takaran yang pas antara garam dan juga bahan bakunya. Untuk ikan asin jambal roti sendiri bisa dibuat dari dua jenis bahan baku, yakni ikan manyung dan ikan kadukang. Di bawah ini adalah proses pembuatan ikan asin jambal roti.

  • Yang pertama kali harus anda lakukan adalah mebersihkan kotoran yang ada di dalam ikan.
  • Setelah bagian dalam ikan dibersihkan, selanjutnya anda bisa menaruh garam di dalam perut ikan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 3 hari, anda bisa menyesuaikan dengan bahan baku ikannya.
  • Setelah tiga hari, ikan kemudian dibelah, lalu dibersihkan kembali hingga benar-benar bersih.
  • Selanjutnya anda bisa menjemurnya hingga kering.
  • Rata-rata hasil dari 1 kg bahan baku yang berupa ikan basah, akan menjadi 3 ons ikan asin jambal roti. Penyusutan ikan mencapai 70%, mungkin ini yang menjadi salah satu faktor mahalnya ikan asin jambal roti.

Baca juga cara membuat yoghurt untuk usaha skala rumahan

Itulah proses pembuatan ikan asin jambal roti, ikan asin ini paling cepat memakan waktu produksi selama satu minggu. Tiga sampai empat hari untuk perendaman ikan hingga garam meresap, dan tiga hari untuk proses pengeringan.

Untuk ikan asin jambal roti dengan kualitas super, terbuat dari bahan baku ikan yang segar, bukan ikan yang sudah dimasukkan dalam es atau kulkas.

Demikian adalah sedikit ulasan untuk mengenal proses pembuatan ikan asin jambal roti. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel proses pembuatan tahu beserta ulasan peluang bisnisnya