Mengenal Printer DTG Untuk Usaha Sablon Kaos

Teknologi sablon kaos semakin berkembang sekarang ini, jika dahulu kita hanya mengenal sablon dengan sistim manual, sekarang ini terdapat beberapa cara sablon kaos yang lebih praktis dan ekonomis. Salah satunya yang sistim yang baru hadir dalam industri ini adalah sablon menggunakan printer DTG ( Direct To Garment ).

Sebelum teknologi ini hadir sebetulnya sudah di kenalkan pula sistim sablon digital printing, tetapi dengan DTG ini kekurangan yang ada pada sablon digital printing telah banyak di perbaiki, sehingga hasil sablon semakin maksimal.

Cara kerja mesin ini sengat praktis dari cara-cara sablon sebelumnya, sehingga banyak para pengusaha baru yang melirik mesin ini, dan menjadikan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Dengan harga mesin berkisar antara 8 hingga 20 juta an, modal yang di perlukan untuk menjalankan usaha ini masih sangat terjangkau. Arikel tentang peluang usaha ini bisa anda baca di Usaha Rumahan Sablon Kaos Digital DTG.

Sistim Kerja Yang Sangat Praktis

Dikatakan praktis karena dengan printer DTG ini pekerjaan menyablon kaos akan lebih mudah. Kita hanya perlu menyiapkan gambar yang akan di cetak ke kaos melalui komputer, setelah itu tinggal print seperti bisa melakukan print pada kertas, dan hasil print pun akan tercetak dengan kualitas yang sangat baik pada kaos.

Sistim sablon ini sedikit mirip dengan teknologi digital printing, yang menjadi perbedaan utama ialah jika dengan print DTG gambar langsung di cetak ke kaos tanpa perantara apapun, jika digital printing gambar akan di cetak terlebih dahulu pada kertas khusus setelah itu baru di transfer pada kaos. Dari perbedaan cara kerja ini hasil kekuatan gambar yang melekat pada kaos akan jauh berbeda kekuatannya, dengan sistim langsung di cetakan pada kaos hasih gambar pun akan semakin kuat melekat meskipun kaos di cuci berulang-ulang, karena gambar telah meresap pada pori-pori kaos, selain itu di perkuat juga dengan cara di press menggunkakan mesin heat press.

Advertisement

mengenal printer sablon DTG

Selain kekuatan gambar pada kaos, dengan print DTG ini kualitas gambar pun bisa sangat baik sesuai dengan gambar yang di inginkan. Tidak ada lagi batasan warna yang di batasi pada sistim ini, hasih sablon akan sama persis dengan gambar bahkan foto sekalipun.

Dengan banyaknya kelebihan sistim salon ini maka para pelaku usaha bisa lebih menghasilkan keuntungan, selain bisa menerima order sablon kaos seperti biasa dilakukan sistim sablon manual, kita juga bisa menerima order kaos dengan desain gambar atau foto sesuai permintaan konsumen meski hanya beberapa potong. Jika menggunakan sablon manual, konsumen yang order akan dikenakan minimal order, karena persipan penyablonan yang rumit dan memerlukan biaya. Dari sini para pengusaha sablon kaos DTG bisa menarik keuntungan yang besar, karena konsumen akan lebih tertarik bisa membuat kaos dengan desain semau mereka.

Kekurangan Sistim Sablon DTG

Setelah membahas banyak kelebihan yang dimiliki, sistim sablon ini pun memliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah warna kaos yang bisa di cetak. Untuk warna-warna kaos yang gelap seperti hitam, biru, merah memerlukan tambahan tinta putih sebagai dasar gambar agar hasil nya menjadi maksimal, yang menjadi masalah untuk tinta putih harga nya masih tinggi, dan juga sistim penyemprotan tinta ini memerlukan cara khusus, sehingga di perlukan modifikasi pada printer.

Dengan begitu khusus kaos-kaos yang berwarna gelap akan memerlukan ongkos kerja yang lebih tinggi dari pada kaos yang berwarna terang seperti putih,biru muda,kuning muda dan lain-lain. Maka kebanyakan para pelaku usaha membedakan harga jual kaos mereka antara kaos berwarna gelap dan berwarna terang.

Akan tetapi dengan terus bekembang nya teknologi bukan tidak mungkim kekurangan ini bisa teratasi kedepannya, jika sudah begitu maka sistim sablon DTG ini akan bisa lebih bersaing di industri penyablonan kaos.