Mengenal Particle Board Dalam Produk Furniture

Particle Board merupakan salah satu material yang biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture atau mebel. Meski bahan yang satu ini tidak sepopuler bahan-bahan lainnya seperti kayu solid, multiplex dan blockboard, namun furniture berbahan particle masih cukup mudah ditemukan dipasaran bahkan pada produk mebel kelas atas.

Apa Itu Particle Board

Mengenal Particle Board

Particle Board adalah sebuah material olahan berbahan serbuk kayu yang dipadatkan dan dicetak dengan ketebalan tertentu. Standar ukuran particle board ialah 122 x 244 cm dengan ketebalan mulai 9 mm, 12 mm, 15 mm hingga 20 mm.

Karakteristik yang dimiliki bahan ini diantaranya memiliki kepadatan yang tinggi sehingga bahan cukup kuat dan kokoh untuk dibuat produk furniture. Particle Board juga dapat diolah sebagaimana kayu solid biasa dengan sistim finishing dilapisi lapisan PVC ataupun cat.

Produk furniture yang cocok dibuat dengan material ini sangat beragam dari mulai lemari pakaian, lemari sayur, meja rias, meja TV hingga dipan tempat tidur. Dengan dilapisi lapisan PVC, furniture berbahan particle board lebih terlihat modern dan minimalis.

Kelebihan dan Kekurangan

Untuk lebih mengenal lebih jauh mengenai particle board, berikut kami ulas juga beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki material ini.

Kelebihan Particle Board

Yang menjadi kelebihan utama dari bahan yang satu ini ialah harganya yang terbilang cukup murah sehingga produk furniture yang dibuat dari bahan ini dapat dijual dengan harga yang terjangkau.

Harga particle board dipasaran berkisar mulai dari 75 ribu per lembar untuk ketebalan 9 mm hingga paling mahalnya sekitar 125 ribu rupiah untuk ketebalan 18 mm.

Sebagai perbandingan dengan bahan triplek harganya mulai 90 ribu untuk ketebalan 9 mm hingga 225 ribu rupiah untuk ketebalan 18 mm nya.


Dengan harga yang lebih murah tersebut tentunya furniture berbahan dasar material ini lebih unggul dari sisi harga karena terjangkau untuk semua kalangan.

Kelebihan selanjutnya particle board juga memiliki permukaan yang lebih rata serta memilki ketebalan yang seragam jika dibandingkan dengan triplek. Krakteristiknya yang satu ini membuat particle board lebih mudah dalam segi produksi.

Kekurangan Particle Board

Selain memiliki kelebihan, material ini juga memiliki beberapa kekurangan. Diantara yang paling tidak disukai ialah tidak tahannya bahan ini terhadap air.

Meski sebetulnya bahan lain seperti kayu solid pun jika secara terus menerus terkena air lama kelamaan akan rusak, namun partikel dapat langsung mengalami kerusakan hanya dengan sekali terkena air.

Tidak hanya itu bahan ini jika disimpan di ruang yang terlampau lembab juga dapat mengalami kerusakan namun tidak separah jika terkena air.

Selain itu, untuk jangka panjang lemari berbahan particle board lebih mudah mengalami keropos pada sudut-sudut tertentu seperti bagian bawah yang langsung bersentuhan dengan lantai.

Kekurangan selanjutnya yaitu dalam hal produksi, untuk finishing menggunakan cat lebih sulit di lakukan karena sifatnya yang lebih banyak menyerap cairan.

Baca Juga Artikel :

Kesimpulan

Sebelum memilih produk furniture berbahan particle board sebaiknya kita memperhitungkan beberapa hal terlebih dahulu agar produk yang dibeli awet digunakan dalam waktu yang lama.

Pertama pastikan lemari particle board akan disimpan dalam ruangan yang tidak terlalu lembab, seperti ruang yang sering tersinari sinar matahari serta memiliki ventilasi yang cukup.

Jika lokasi rumah anda berada di wilayah yang sering terkena banjir, sebaiknya hindari produk berbahan ini.

Selanjutnya hindari juga memilih jenis furniture yang rentan terkena tumpahan air seperti meja makan atau lemari dapur misalnya. Sedangkan untuk meja televisi, lemari mainan, dipan kasur dan sebagainya cukup aman meski berbahan particle board.