Mengenal OVO dan Cara Menggunakannya

Perkembangan dunia digital sangat pesat di jaman sekarang, kali ini hadir sebuah aplikasi pintar untuk memudahkan kita saat akan melakukan pembayaran. Dialah OVO, yang bekerja layaknya sebuah dompet digital untuk memudahkan kita saat berbelanja.

Berfungsi seperti sebuah dompet yang digunakan untuk menyimpan uang, aplikasi OVO dapat kita instal dalam sebuah smartphone dan di top up sejumlah uang yang nantinya dapat kita gunakan untuk membeli barang.

Kelebihannya tentu kita tidak lagi direpotkan dengan harus membawa uang secara fisik, berbagai transaksi pembelian dapat di bayar secara Cashless, transaksi pun dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis.

Asyiknya lagi membayar menggunakan OVO Cash di mitra yang menjalin kerja sama dengan OVO, kita bisa mendapatkan reward berupa OVO Poin yang nantinya juga bisa digunakan kembali untuk berbelanja.

Bagaimana apakah anda sudah memiliki aplikasi yang satu ini ?

Sebelum menggunakannya bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat mengenai apa itu OVO serta bagaimana cara menggunakannya, akan kami bahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Mengenal OVO

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi OVO

OVO adalah sebuah aplikasi pembayaran yang dapat memudahkan penggunanya untuk bertransaksi pembelian baik itu transaksi online ataupun offline.

Pada aplikasi OVO didalamnya terdapat dua sumber dana yang bisa digunakan untuk bertransaksi, yang pertama adalah menggunakan OVO Cash dan yang satu lagi menggunakan OVO Poin.

OVO Cash sendiri adalah dana pribadi yang sengaja kita simpan (Top Up) kedalam aplikasi OVO.

Sedangkan OVO Poin adalah reward atau hadiah yang didapat setelah kita melakukan transaksi di mitra yang bekerja sama atau dari program reward lainnya.

Dimana saja kita dapat bertransaksi menggunakan OVO ?

Jangan khawatir, saat ini telah banyak tempat yang menerima OVO untuk pembayaran. Dari mulai, gerai tempat makanan dan minuman ringan, cafe, restoran, toko online, dept store, jasa transportasi, hingga marketplace ternama seperti TOKOPEDIA.

Selain itu OVO juga dapat digunakan untuk membayar aneka tagihan seperti PLN, Pulsa dan paket data, BPJS serta masih banyak lagi yang lainnya.

Selain memudahkan pembayaran, pengguna OVO juga dimanjakan dengan berbagai promo menarik yang banyak ditawarkan.

Salah satunya program Cashback yang bisa didapat pengguna setelah melakukan transaksi menggunakan OVO. Cashback yang didapat secara otomatis akan masuk kedalam saldo OVO poin dan nantinya dapat digunakan kembali untuk berbelanja.


Cara Menggunakan dan Top Up OVO

Sangat Mudah ! Pertama kita hanya tinggal mendownload aplikasi OVO yang saat ini telah tersedia di platform Android dan juga iOS. Selanjutnya kita akan di pandu untuk melakukan pendaftaran dan registrasi dengan menggunakan nomer handphone.

Selanjutnya andapun telah sukses memiliki akun OVO dan dapat langsung mulai untuk menggunakannya.

Untuk bertransaksi tentunya terlebih dahulu kita harus mengisi saldo (Top Up) kedalam akun OVO yang kita milki.

Seperti yang tadi di awal telah disebutkan sumber dana yang digunakan untuk membayar dengan aplikasi ini terdapat dua tempat, OVO Cash dan OVO Poin.

Jika anda melakukan top up dari dana sendiri, saldo OVO Cash otomatis akan bertambah sesuai nominal yang kita isikan.

Setelah saldo yang di top up kita gunakan untuk berbelanja, khusus di merchant yang ditentukan kita pun dapat menerima Cashback yang jumlahnya akan otomatis masuk kedalam saldo OVO Poin.

Lalu bagaimana cara Top Up OVO Cash ?

Tersedia beberapa cara untuk mengisi saldo OVO Cash, diantaranya bisa melalui ATM, Internet Banking, Minimarket Alfamart, dan gerai khusus OVO Booth yang menerima Top up.

Dan telah banyak Bank yang dapat kita gunakan untuk mengisi ulang OVO seperti, Bank BCA, Bank Madiri, BNI, BRI, CIMB NIAGA, Permata Bank, Bank Mega, dan lain sebagainya.

Nominal rupiah minimal untuk dapat mengisi ulang ialah mulai dari 10 ribu rupiah.

Cara Membayar Menggunakan OVO

Didalam aplikasi OVO terdapat beberapa pilihan untuk melakukan pembayaran baik itu menggunakan dana di OVO Cash atau OVO Poin :

  • Menggunakan Scan QR Code

Pada tampilan utama aplikasi OVO akan ada pilihan menu Scan, tinggal tap menu tersebut lalu aplikasi secara otomatis akan membuka jendela kamera. Selanjutnya tinggal kita arahkan kamera untuk memindai QR Code yang diberikan kasir merchant.

  • Menggunakan Barcode

Kebalikan dari Scan QR Code, didalam aplikasi OVO dapat kita temukan menu OVO ID. Didalamnya akan terdapat sebuah Barcode, tinggal kita tunjukan Barcode tersebut kepada petugas kasir untuk di pindai.

  • Menggunakan Nomor Ponsel Terdaftar

Terahir kita dapat menggunakan no telepon ponsel yang digunakan untuk mendaftar OVO. Caranya adalah dengan memasukan nomer ponsel melalui mesin EDC yang dimiliki kasir merchant.

Untuk keamanan pada semua cara pembayaran menggunakan OVO terlebih dahulu harus kita setujui melalui notifikasi yang akan masuk kedalam aplikasi, dan kitapun harus memasukan password yang telah kita buat saat melakukan pendaftaran.

Baca Juga 5 Keuntungan Yang Didapat Dari Aplikasi OVO

Bagaimana apakah anda tertarik untuk menggunakan OVO sebagai alat transaksi pembayaran ? Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan selain mempermudah transaksi dan beberapa bonus yang diberikan diantaranya adalah kita dapat memonitor pengeluaran secara praktis juga melalui aplikasi ini.

Selamat Mencoba…