Mengenal Lebih Dekat Tentang Bitcoin Wallet


Bitcoin mungkin tidak datang dalam bentuk fisik, tetapi Anda masih membutuhkan tempat untuk menyimpannya di suatu tempat di mana hanya Anda yang dapat mengaksesnya. Di situlah tempat yang dinamakan Bitcoin Wallet (Dompet Bitcoin).

Dompet Bitcoin adalah program perangkat lunak yang menyimpan catatan (alias kunci pribadi) dari setiap Bitcoin yang Anda miliki.

Dompet Bitcoin tersedia dalam berbagai bentuk, dan penting untuk memahaminya serta bagaimana menjaga mereka tetap aman, bahkan sebelum Anda mulai membeli Bitcoin.

Jenis-jenis Dompet Bitcoin

Bitcoin Wallet

Sementara semua dompet Bitcoin melayani fungsi yang sama, mereka datang dalam berbagai jenis yang memiliki berbagai opsi akses dan tingkat keamanan.

Hardware Wallet

Hardware Wallet atau Dompet perangkat keras adalah salah satu opsi yang paling aman, dan ini adalah pilihan yang baik untuk menyimpan sebagian besar Bitcoin Anda.

Dompet perangkat keras adalah peralatan fisik yang dirancang khusus untuk menyimpan Bitcoin.

Karena dompet perangkat keras tidak dapat menginstal perangkat lunak tambahan di dalamnya, Anda tidak perlu khawatir tentang infeksi malware yang memungkinkan scammer mencuri Bitcoin langsung dari dompet Anda.

Di sisi lain, Anda harus memiliki akses ke peralatan untuk menggunakannya, dan Anda pasti ingin mencadangkan dompet jika perangkat keras hilang atau rusak.

Tidak seperti kebanyakan jenis dompet Bitcoin, Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli dompet perangkat keras, biasanya harganya mulai dari $75 hingga $200.

Dompet perangkat keras biasanya harus disambungkan ke komputer melalui port USB. Untuk tingkat keamanan yang lebih tinggi, cukup tancapkan dompet ke komputer ketika Anda akan melakukan transaksi.

Desktop Wallet

Desktop Wallet atau Dompet desktop adalah program perangkat lunak yang di instal pada hard drive komputer Anda.

Ini tidak seaman dompet perangkat keras, karena peretas yang melanggar keamanan komputer Anda juga dapat memperoleh akses ke dompet Anda, tetapi lebih aman dari pada beberapa jenis dompet Bitcoin lainnya.

Tidak seperti dompet perangkat keras, dompet desktop biasanya bisa didapatkan dengan gratis (selain dari biaya transaksi yang tidak dapat dihindari).

Sebagai jenis dompet Bitcoin yang paling umum, mereka juga memiliki berbagai macam fitur dan opsi. Beberapa memprioritaskan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan, sementara yang lain dimuat dengan opsi untuk pengguna daya Bitcoin.

Tinjau fitur dengan saksama sebelum memilih dompet desktop untuk memastikan Anda memiliki satu yang sesuai dengan preferensi Anda.

Memilih kata sandi yang kuat dapat membantu menjaga keamanan dompet desktop Anda, dan Anda juga ingin mencadangkannya secara teratur jika hard drive Anda rusak.

Web Wallet

Dompet web di-host di server di tempat lain, bukan di komputer Anda sendiri. Karena dompet Web jauh, Anda dapat mengaksesnya dari komputer mana saja. Namun, itu membuat mereka lebih rentan terhadap peretas.

Anda juga bergantung pada siapa yang menghosting dompet Anda agar tetap aman, jadi jika Anda memilih dompet Web, selidiki penyedia secara hati-hati sebelum mendaftar.

Di sisi lain, Anda tidak perlu khawatir tentang membuat cadangan dompet Web, karena setiap masalah dengan komputer Anda sendiri tidak akan mempengaruhi dompet. Seperti dompet desktop, dompet web biasanya gratis kecuali untuk biaya transaksi.

Mobile Wallet

Mobile wallet adalah jenis dompet Bitcoin terbaru. Mereka hanya dompet dalam bentuk aplikasi, dan Anda akan menemukannya untuk setiap jenis sistem operasi seluler, bahkan BlackBerry.

Karena menyimpan seluruh transaksi Bitcoin membutuhkan banyak memori lebih besar dari yang dapat ditangani ponsel, Mobile Wallet biasanya hanya memegang sebagian dari setiap transaksi Bitcoin dan menggunakan sumber eksternal untuk menyediakan sisanya.