Mengenal Kefir, Olahan Dari Produk Susu Terbaru

Terdapat satu lagi produk baru hasil pengolahan dari susu yang kini sedang mulai populer di Indonesia. Setelah sebelumnya lebih dahulu di kenal susu hasil fermentasi yoghurt dan froyo, kini muncullah kefir yang juga dihasilkan dengan cara fermentasi yang hampir sama. Namun konon kabarnya, kefir ini lebih kaya manfaatnya dari produk-produk sebelumnya, sehingga permintaannya sekarang ini sudah mulai melonjak.

Sebetulnya kefir ini bukanlah sebuah jenis minuman yang benar-benar baru di ciptakan di dunia, karena di luar negri sana kefir ini sudah lebih dahulu di pasarkan, namun pada masyarakat Indonesia baru belum lama ini di kenal. Meski begitu, respon pasar akan produk ini cukup mendapatkan perhatian, pasalnya kebanyakan dari produk makanan maupun minuman yang memiliki nilai manfaat untuk kesehatan cukup di gemari masyarakat kita.

Seperti yoghurt yang hingga kini terus populer bahkan terus meningkat peminatnya, begitu pun juga froyo ( Frozen Yoghurt ) yang juga banyak di suka. Berangkat dari kesuksesan kedua produk tersebut, kefir juga memiliki potensi yang sama untuk sukses di pasaran. Jika memang demikian, maka terdapat sebuah peluang bisnis baru yang bisa di jalankan, mengingat belum begitu banyaknya pelaku yang melakoni bisnis ini.

bisnis kefir

Sekilas Mengenai Kefir

Bagi yang baru saja mendengan dengan kefir ini, seperti yang pada awal tadi sudah di singgung, kefir ini adalah produk olahan dari susu yang telah melewati proses fermentasi seperti yoghurt. Namun pada produk ini proses fermentasi di lakukan oleh yang namanya kefir grains atau biji kefir, yang memiliki puluhan jenis bakteri atau mikroflora yang bermanfaat untuk kesehatan, jumlah bakteri nya yang lebih banyak dari yoghurt tersebutlah yang ahirnya bisa memberikan manfaat yang lebih lengkap untuk kesehatan tubuh.

Advertisement

Kelebihan utama dari minuman kefir ini untuk kesehatan diantaranya terdapat prebiotik yang berguna untuk pencernaan, dan selain itu tentunya masih sangat banyak manfaat lain yang bisa di dapat dengan mengkonsumsinya seperti dapat menurunkan berat badan, mengurangi resiko diabetes dan lain sebagainya.

Selain sebagai minuman, ada banyak didapatkan manfaat dari kefir ini jika di olah dan di gunakan sebagai kosmetik kecantikan untuk kulit, seperti di olah menjadi masker, facetonik dan sunblok. Hingga bisa bemanfaat juga untuk kesehatan rambut jika di olah menjadi hair tonic, hair cream dan lain sebagainya.

Baca juga frozen yoghurt froyo es krim sehat yang kian diminati

Potensi Yang Menjanjikan

Dengan beranekanya manfaat dari produk kefir ini maka potensi untuk di pilih sebagai peluang usaha pun cukup menjanjikan. Seperti kita bisa lihat antusias masyarakat terhadap aneka makanan dan minuman yang bermanfaat untuk kesehatan keberadaannya cukup di perlukan, bahkan saat salah satunya di rasakan mereka dapat memberikan efek positif yang signifikan, kebanyakan dari mereka tidak segan untuk mengkonsumsinya secara rutin walaupun harganya cukup mahal. Begitu pula minat terhadap produk kosmetik kecantikan, terutama untuk para wanita yang selalu ingin tampil dengan maksimal.

Jika dalam produk kefir ini terdapat manfaat yang sedemikian besar, maka tidak ada alasan untuk tidak bisa di terima di pasaran. Sehingga bidang bisnis ini bisa menjadi pilihan di jaman sekarang yang masyarakatnya tengah menyukai trend gaya hidup sehat.

Baca juga cara membuat yoghurt untuk usaha skala rumahan