Mengenal Investasi Obligasi Dan Bagaimana Memperoleh Keuntungannya

Apa itu investasi obligasi ? Pertanyaan ini kerap muncul bagi Anda yang ingin menentukan jenis investasi yang akan Anda ambil. Obligasi merupakan salah satu jenis investasi dengan tingkat modal yang cukup besar. Seperti selayaknya investasi saham, sering kali ada ketentuan minimal untuk meginvestasikan dana dalam bentuk obligasi.

Investasi obligasi cocok untuk investor individu dengan modal yang besar. Seperti contohnya, investasi obligasi harus dilakukan dengan mengucurkan dana minimal 5 miliar.

Lalu sesungguhnya apa itu investasi obligasi ?

Mengenal Investasi Obligasi

Jika dalam investasi saham, investor membeli surat kepemilikan modal suatu perusahaan maka tidak demikian dengan obligasi. Investasi obligasi adalah investasi dana pinjaman. Dalam investasi obligasi, investor membeli surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah.

Secara sederhana, investor memberikan pinjaman dana kepada perusahaan atau pemerintah yang diwujudkan dalam bentuk surat hutang atau obilgasi. Jadi dana yang dikeluarkan oleh investor merupakan dana yang dikeluarkan sebagai pinjaman kepada perusahaan atau pemerintah penerbit obligasi.

Dana ini kemudian digunakan oleh perusahaan atau pemerintah untuk menggerakkan dan mengembangkan usaha dari perusahaan atau pemerintah tersebut.

Keuntungan Investasi Obligasi

Setelah mengetahui apa itu investasi obligasi, selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana pengembalian dan keuntungan dari investasi dalam bentuk surat utang atau obligasi. Obligasi diterbitkan oleh pihak penerbit dengan nilai pari (nilai nominal) tertentu dan juga dalam waktu jatuh tempo tertentu.

Jadi sederhana nya, nilai pinjaman yang diberikan investor sudah ditentukan dalam obligasi tersebut. Selain itu batas waktu pengembalian pinjaman oleh pihak penerbit (perusahaan atau pemerintah) kepada investor juga sudah ditentukan. Misal obligasi dengan nilai pari 5 miliar dan jatuh tempo setelah 10 tahun.

Seperti selayaknya sebuah pinjaman, pengembalain yang dilakukan oleh pihak penerbit obligasi meliuti dua unsur yaitu nilai pokok pinjaman dan bunga pinjaman. Jenis obligasi yang umum diperdagangkan di pasar modal Indonesia adalah obligasi kupon dengan tingkat bunga tetap.

Salah satu yang disasar oleh investor dari investasi obligasi adalah bunga dari obligasi tersebut. Besarnya bunga ini tentu akan lebih terasa dengan makin besarnya nilai pari dari obligasi tersebut. Hal yang perlu diketahui adalah tingkat sensitivitas terhadap perubahan suku bunga.

Sederhana nya lagi.., obligasi dengan jangka waktu yang lebih panjang memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi terhadap perubahan suku bunga.

Selain dari bunga yang diperoleh dari investasi obligasi, keuntungan investasi dari investasi jenis ini adalah capital gain.

Obligasi dapat dijual belikan meski belum jatuh tempo atau dengan kata lain dapat diperjualbelikan setiap saat. Jual beli obligasi yang belum jatuh tempo ini dapat dilakukan di pasar sekunder. Keuntungan penjualan obligasi ini diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual.

Baca juga cara memilih properti untuk investasi