Mengenal GoPay dan Fitur Unggulannya

GoPay merupakan salah satu penyedia layanan e-money atau dompet digital dengan jumlah pemakai terbanyak. Meski teknis penggunaanya masih tergabung dengan aplikasi Gojek, tapi fungsinya sudah tidak diragukan lagi.

Berfungsi mirip rivalnya OVO, pengguna GoPay diberi berbagai kemudahan aneka layanan pembayaran, mulai dari berbelanja di merchant partner, isi pulsa, bayar tagihan, hingga  split bill alias bayar patungan pada layanan yang tercakup dalam Gojek.

GoPay dan Fitur Unggulannya

Sebagai dompet digital terkemuka di Indonesia, GoPay menawarkan sejumlah fasilitas dan kemudahan bagi penggunanya. Beberapa layanan unggulannya adalah :

Fitur Split Bill atau Bayar Patungan

Selain di GoPay, aplikasi mana lagi yang bisa dibuat patungan untuk membayar atau membeli sesuatu dengan mudah?

Teknisnya sangat sederhana, anda bisa minta patungan melalui fitur Chat. Tak jadi soal berapa banyak teman yang ingin anda ajak beli patungan, karena limitnya mencapai 51 orang.

Bisa Bayar Di Merchant Partner Online dan Offline

Cukup menarik karena GoPay bukan hanya bekerja sama dengan partner merchant online, tapi juga offline.

Jadi cukup menguntungkan bagi anda yang gemar berbelanja di supermarket, gemar jajan, sering kirim paket pakai JNE hingga bayar parkir (secure parking).

Beli secara online juga tak perlu khawatir karena ada ribuan merchant online yang sudah menjadi mitra GoPay.

Atur Pengeluaran Lebih Mudah dengan GoPay Diary

GoPay Diary adalah rincian keuangan yang berupa pemasukan, pengeluaran, hingga cashback yang direkap selama sebulan.

Jadi semua jumlah transaksi yang anda lakukan melalui GoPay akan dicatat di dalam fitur GoPay Diary.

Laporan ini bisa anda dapatkan melalui e-mail. Jadi pastikan untuk melakukan verifikasi e-mail untuk mengetahui rincian transaksi tersebut.


GoPay – PayLater

Fitur ini bekerja layaknya kartu kredit dengan cara pihak Gojek menalangi terlebih dahulu semua transaksi yang anda lakukan melalui GoPay.

Semua transaksi yang dibayar melalui PayLater akan ditagih secara akumulasi setiap akhir bulan tanpa bunga (bunga 0%). Limit yang disediakan juga cukup besar, yaitu maksimum Rp. 500.000.

Agar bisa memanfaatkan fitur PayLater anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika sudah aktif maka secara otomatis anda akan mendapatkan limit sebesar Rp. 500.000.

Perbedaan Akun GoPay Biasa Vs GoPay Plus

Pada saat pertama kali anda memiliki akun Gojek (download aplikasi Gojek dan mendaftarkan diri) itu artinya anda sudah memiliki akun GoPay.

Untuk menopang kebutuhan mobilitas anda yang tinggi, mungkin jenis akun standar saja tidak mumpuni dan itu artinya anda harus upgrade akun ke GoPay Plus.

Berikut adalah beberapa keunggulan GoPay Plus:

  • Adanya proteksi ekstra atas saldo yang kita miliki (GoPay & PayLater) atas aktifitas tidak wajar diluar kendali.
  • Bisa top up hingga Rp. 10 juta rupiah.
  • Transfer uang dari saldo GoPay ke rekening tanpa ribet
  • Transfer saldo ke sesama penggunan GoPay dengan mudah
  • Lebih banyak promo menarik
  • Dapat melakukan transaksi dengan PayLater

Sebagai orang yang sering menggunakan GoPay untuk melakukan transaksi rasanya cukup rugi kalau tidak melakukan upgrade menjadi akun GoPay Plus, karena syaratnya sangat mudah plus keunggulannya cukup melimpah.

Untuk menjadikan akun GoPay menjadi GoPay Plus caranya sangat mudah. Syarat mutlak yang diperlukan untuk proses verifikasi hanyalah foto eKTP.

Caranya anda bisa akses upgrade akun di menu GoPay dengan memilih Lainnya > Upgrade ke GoPay Plus, Gratis!

Foto eKTP dengan jelas kemudian foto wajah (selfie) dengan memegang eKTP dan kirim. Tunggu 1 x 24 jam dan cek status di menu Lainnya > Pengaturan untuk melihat status upgrade akun.