Mengenal Cek (Cheque) dan Penggunaannya

Apakah saat ini anda tengah menerima cek (Cheque) atau akan membuat cek, namun masih bingung bagaimana penggunaannya ?

Anda datang ke tempat yang tepat, karena pada artikel kali ini kami akan bahas mengenai cek secara lengkap termasuk jenis-jenisnya serta bagaimana menggunakannya.

Mengenal Cek

Apa Itu Cek ?

Cek adalah sebuah dokumen berbentuk kertas khusus yang di terbitkan oleh bank untuk digunakan oleh nasabah sebagai surat perintah pencairan sejumlah uang di rekeningnya.

Dalam sebuah cek tertulis tanggal pembuatan dan besarnya nilai uang berikut nama oleh siapa cek tersebut bisa dicairkan.

Dengan begitu cek merupakan sebuah surat berharga layaknya uang.

Untuk menggunakannya cek di serahkan kepada bank oleh nama yang tertera, selanjutnya bank akan menukarnya dengan uang tunai sebesar yang tertulis dalam cek.

Jenis Cek dan Penggunaannya

Tidak hanya dapat digunakan sebagaimana uraian di atas, cek juga memiliki jenis-jenis yang memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Berikut diantaranya :

  • Cek Atas Nama

Sesuai namanya cek yang satu ini dibuat untuk seseorang yang namanya tertera didalam cek, baik itu atas nama pribadi ataupun perusahaan dan badan hukum lainnya.

Dengan begitu cek atas nama ini hanya bisa diuangkan oleh pihak yang di sebut dalam cek saja tidak dapat di wakilkan.

Pada cek juga dituliskan mengenai kapan tanggal cek tersebut dapat dicairkan, sehingga pihak yang disebut harus datang ke bank sesuai hari yang ditentukan.

  • Cek Atas Unjuk

Berbeda dengan cek sebelumnya, pada cek atas unjuk tidak ada keterangan kepada pihak mana cek tersebut di tujukan. Hanya terdapat tanggal pencairan dan nilai uang yang dapat dicairkan.


Oleh karena itu cek atas unjuk dapat di uangkan oleh siapa saja yang datang ke bank pada tanggal yang disebut pada cek.

  • Cek Silang (Cross Cheque)

Cek silang adalah sebuah cek bertanda silang yang memiliki arti bahwa cek tersebut hanya dapat dicairkan tidak dalam berbentuk uang tunai melainkan hanya bisa dipindahbukukan kepada rekeningorang yang bersangkutan.

Tanda silang berupa coretan biasanya di tulis pada sudut kiri atas bagian cek.

  • Cek Mundur

Cek mundur adalah cek yang diterima sebelum tanggal pencairan, sehingga penerima harus menunggu ceknya dapat diuangkan hingga tanggal yang di tuliskan.

  • Cek Kosong

Cek sudah dibuat dengan tanggal dan besar nilai uang tertentu, kemudian telah diberikan kepada orang yang tuju, namun pada saat pencairan ke bank ternyata dana tidak tersedia di rekening pembuat cek.

Maka cek tersebut dikatakan cek kosong atau Blank cheque. Nasabah yang membuat cek kosong akan mendapatkan peringatan dari bank.

Cara Membuat dan Mencairkan Cek ke Bank

Bagi nasabah yang ingin memiliki cek, terlebih dahulu harus memiliki rekening giro di bank. Selanjutnya nasabah dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan buku cek.

Untuk mencairkan cek cukup dengan membawanya ke bank dengan menyertakan identitas seperti KTP atau SIM.

Untuk dicairkan secara tunai kita harus membawa cek kepada bank sesuai dengan bank penerbit cek tersebut, misalnya cek bank Mandiri di cairkan di bank Mandiri.

Jika cek di cairkan di bank lain maka akan diproses secara kliring dan dana akan dimasukan kedalam rekening.

Baca Juga Artikel Apa itu Rekening Giro? Berikut ini Pengertian dan Jenisnya

Itulah uraian mengenai apa itu cek beserta cara penggunaannya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda menerima cek sebagai pembayaran dari orang lain pastikan pemberi cek dapat dipercaya.

Jangan sampai transaksi penjualan telah dilakukan namun anda di bayar dengan cek yang ternyata kosong sehingga tidak dapat diuangkan.

Bagi pemilik cek perlu diperhatikan jangan sampai digunakan orang lain tanpa anda ketahui.