Mengenal Bisnis Online Program Afiliasi

Bisnis online Afiliasi adalah satu jenis bisnis online yang banyak di gemari, diantara banyak cara bebisnis melalui internet. Program ini dikenal juga dengan sistem Affilate Marketing, merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Affiliate Marketing adalah termasuk bisnis yang menguntungkan, Sebab, saat ini telah banyak sekali pebisnis yang melirik dengan program bisnis yang tergolong unik ini.

Bisnis online merupakan bisnis masa depan. Maksudnya adalah karena perkembangan digital dan teknologi semakin pesat maka mau tidak mau semua pengusaha mulai berbondong-bondong berpindah ke bisnis melalui internet. Keunggulan bisnis online adalah cakupan pasar yang tidak terbatas. Seluruh masyarakat dunia adalah calon konsumen yang dapat dibidik melalui bisnis online.

Cara Kerja Program Afiliasi

Sepanjang sejarah bisnis, konsep bisnis online afiliasi ini sebenarnya telah diterapkan oleh orang-orang terdahulu. Sistem sederhanya adalah suatu sistem bisnis yang mana pemilik bisnis akan membayar jasa orang lain yang berhasil menjualkan produk atau jasa yang ditawarkan. Istilah sederhananya adalah komisi yang diberikan kepada orang yang berhasil menjual kembali suatu produk atau jasa.

Misalnya, toko online terbesar Amazon.com. Toko online tersebut menerapkan sistem afiliasi. Jika anda mengikuti program afiliasi toko online ini, anda akan mendapatkan link milik anda sendiri yang dapat anda promosikan, jika ada seseorang yang berbelanja ke Amazon.com dengan masuk melalui link anda tersebut, dan melakukan pembelian, maka anda akan mendapatkan komisi.

Produk yang di afiliasikan pun beragam jenisnya, Ada yang berupa produk digital seperti ebook, software, dan lain sebagainya. Namun, banyak pula yang berupa barang berbentuk fisik layaknya toko biasa. Adapun besaran royalti yang akan didapatkan oleh orang yang menjualnya pun beragam, mulai yang terkecil hingga besar pun ada.

Besar Penghasilan Yang Di Dapatkan

bisnis online program afiliasi

Advertisement

Komisi atau fee untuk anda pun beragam tergantung jenis barang yang berhasil anda jual. Barang skala kecil yang berhasil anda jual maka anda akan mendapatkan 2-4% dari harga asli. Namun, jika barang yang anda jual skala besar maka fee hingga 70% bisa anda dapatkan dengan mudah. Jadi, anda pun bisa menjadikan bisnis afiliasi ini sebagai bisnis sampingan atau yang utama.

Bisnis dengan sistem afiliasi ini tentu sangat membantu anda yang ingin berbisnis tapi tidak memiliki barang/jasa. Sebab, dengan menjualkan barang/jasa orang lain anda akan mendapatkan bayaran beberapa persen dari harga produk tersebut. Dan tentu saja anda bukanlah satu-satunya orang yang menjual produk tersebut. Melainkan banyak sekali penjual lain yang bekerja persis seperti anda. Jadi besarnya penghasilan anda sangat bergantung pada jumlah produk yang berhasil dijual.

Sistim Pembayaran Komisi

Umumnya para penyedia program afiliasi lokal sudah menerapkan cara pembayaran yang mudah untuk memberikan pembayaran komisinya, paling umum di gunakan adalah melalui transfer antar bank. Namun biasanya anda harus menunggu hingga limit minimal pembayaran tercapai, besarannya beragam tergantung para penyedia program.

Misalnya saja suatu penyedia program bisnis online afiliasi menetapkan minimum pembayaran sebesar 500 ribu rupiah, jika dalam satu bulan komisi anda belum mencapai angka tersebut, maka penghasilan anda pun belum bisa di bayarkan, penghasilan anda diakumulasikan hingga bulan berikutnya hingga mencapai target minimum pembayaran.

Cara Mempromosikan Bisnis Anda

Untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis ini, tentunya wajib mempromosikan link afiliasi anda kepada calon konsumen yang tertarget dengan produk yang anda tawarkan. Salah satu cara yang bisa dijalankan adalah dengan memiliki sebuah wabsite atau blog yang relevan dengan produk yang anda tawarkan. Ini sangat penting karena jika produk anda tidak relevan dengan blog yang anda gunakan untuk promosi, maka penjualan pun akan sulit terjadi.

Contohnya jika anda memilih produk ebook tentang cara berbisnis online, maka website yang di gunakan berpromosi haruslah yang membahas bisnis online juga, tidak bisa anda menggunakan web yang membahas otomotif. Selain menggunakan Website atau blog sendiri anda juga bisa menyewa space iklan di blog orang lain, jika anda menggunakan cara ini tentu saja web yang anda gunakan haruslah bertrafik tinggi.