Mengenal Apa Itu WhatsApp Business dan Fiturnya

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi massanger di smartphone yang bernama WhatsApp. Pastinya.., pengguna aplikasi ini yang sudah mencapai puluhan juta orang hampir bisa dipastikan setiap jenis ponsel pintar yang digunakan menginstal Whatsapp didalamnya.

Berbagai jenis fitur bermanfaat dari mulai chating, mengirim gambar, mengirim file hingga video call dapat dilakukan dengan aplikasi yang satu ini. Penggunaannya pun tidak hanya sebagai jalur komunikasi pribadi, namun tidak sedikit juga yang memanfaatkannya untuk komunikasi dalam menjalankan bisnis seperti berjualan online.

Khusus untuk keperluan bisnis, WhatsApp Inc pun menglengkapi produknya dengan aplikasi massanger khusus pelaku usaha bernama WhatsApp Business. Untuk mengenal lebih jauh apa itu WhatsApp Business, berikut ini ulasannya.

Mengenal Apa Itu WhatsApp Business

Fitur-Fitur WhatsApp Business

Meski secara garis besar aplikasi WhatsApp Business dengan WhatsAapp yang sudah biasa kita kenal memiliki fungsi yang sama yakni sebagai sarana untuk komunikasi baik menggunakan teks atau multimedia, namun pada WhatsApp Business pembuatnya menambahkan fitur-fitur khusus yang dapat mempermudah pelaku bisnis berkomunikasi dengan para klien atau pelanggannya.

Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah :

  • Profil Bisnis

Pebisnis dapat menyertakan profil perusahaan atau toko online mereka berupa deskripsi mengenai bisnisnya. Dapat menyertakan tag alamat toko, alamat website, sekaligus jam oprasional toko beroperasi.

Dengan adanya informasi ini, lawan bicara akan mengetahui bahwa mereka sedang berhubungan dengan penjual karena terdaftar dengan akun bisnis bukan akun pribadi.

  • Kirim Pesan Otomatis

Pengguna WhatsApp Business juga dapat menseting kirim pesan secara otomatis untuk melayani pelanggan. Fitur ini dapat digunakan saat ada pelanggan yang ingin bertanya diluar jam kerja yang sudah diterapkan, atau saat kita sedang tidak dapat menjawab pesan.


Selain itu, kita pun dapat menerapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering di ajukan pelanggan ataupun memberikan pesan otomatis untuk sekedar menyapa pelanggan.

  • Dapat Mendaftar dengan Nomer Telepon Rumah atau Kantor

Tidak harus menggunakan nomer telepon selular, mendaftarkan akun di WhatsApp Business juga bisa menggunakan nomer telepon rumah atau kantor perusahaan.

Seperti biasa saat mendaftar kita diwajibkan untuk memverifikasi bahwa no tersebut adalah benar milik kita. Jika menggunakan nomer telepon kantor verifikasi dilakukan dengan panggilan telepon dari WhatsApp.

  • Mengelola Kontak Pelanggan dengan Label

Tidak bercampur seperti pada WhatsApp biasa, kontak pada WhatsApp Business dapat kita kelompokan masing-masing dengan label. Misalnya label kontak khusus untuk pelanggan baru, label kontak khusus untuk pelanggan yang sudah pernah membeli, label kontak untuk pelanggan yang belum membayar, dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur ini tentunya kita dapat dipermudah untuk mengingat status para pelanggan terlebih jika kontak kita terdapat dalam jumlah yang banyak.

  • Data Statistik Pesan

Dengan adanya fitur ini pengguna akan mendapatkan informasi mengenai statistik laporan tentang aktifitas pada aplikasi WhatsApp Business. Seperti misalnya berapa jumlah pesan yang sudah dikirim dan berapa diantaranya yang sudah terbaca oleh pelanggan, dan juga berapa banyak pesan yang sudah kita terima.

Baca Juga Artikel Aplikasi Android Penunjang Bisnis

Cara Mendaftar WhatsApp Business

Seperti aplikasi WhatsApp biasa, untuk mendapatkan aplikasi ini pengguna smartphone dapat mengunduhnya secara langsung di Google Play. Selanjutnya setelah di instal, anda diharuskan mendaftarkan nomer telepon selular ataupun nomer telepon kantor dan memverifikasinya agar akun segera aktif.

Tahap selanjutnya adalah mengisi profil bisnis berupa nama perusahaan atau toko, deskripsi singkat serta alamat lengkap. Perlu diketahui untuk penerapan nama usaha, nantinya anda tidak dapat merubahnya kembali dengan nama yang lain, sehingga sebelumnya pastikan mengisi nama usaha dengan benar.

Selesai, Aplikasi WhatsApp Business pun telah siap untuk menerima pertanyaan pelanggan.