Mengenal Apa Itu Pertambangan Bitcoin


Bitcoin adalah mata uang digital yang berarti hanya ada dalam bentuk digital. Ini pada dasarnya adalah satu set angka yang disimpan di komputer sebagai lawan dari uang fisik yaitu kertas.

Di dunia saat ini, bagian ini tidak begitu sulit dipahami, apalagi ketika uang Anda ada di bank, itu juga bukan fisik. Hanya jumlah yang disimpan di komputer.

Satu-satunya perbedaan adalah Anda bisa meminta bank untuk memberi Anda kesetaraan fisik dalam uang kertas. Namun dalam kedua kasus, daya beli atau nilai uang tidak didasarkan pada nilai intrinsik dari kertas atau koin tetapi lebih pada apa yang pasar telah tentukan nilainya.

Poin penting di sini adalah bahwa Bitcoin dalam format digital, terdiri dari angka. Itu adalah bentuknya dibuat di dan tetap di sepanjang sejarahnya.

Ketika Bitcoin pertama kali dibuat, ini diatur untuk “mint” atau mencetak uang pada interval yang ditetapkan. Dan pada setiap interval sejumlah koin dilepaskan dalam satu batch. Interval kira-kira setiap 8 menit dan setiap batch disebut blok. Jadi setiap 8 menit satu blok koin dilepaskan. Setiap blok saat ini berisi 25 BTC dan setiap empat tahun jumlah tersebut akan di bagi dua (halved).

Apa Itu Pertambangan Bitcoin

Apa itu Penambangan untuk Bitcoin?

Penambangan pada dasarnya adalah tindakan melepaskan blok-blok ini. Koin tidak dirilis secara otomatis, mereka harus dibuka kuncinya dan proses itu adalah apa yang disebut dengan Bitcoin Mining.

Setiap blok Bitcoin terkunci dengan serangkaian persamaan matematika kompleks yang perlu dipecahkan. Ketika masalah matematika tersebut dipecahkan, blok kemudian dilepaskan.

Ada jutaan persamaan di sekitar setiap blok dan mereka adalah masalah matematika yang membutuhkan sejumlah besar kekuatan komputer untuk dipecahkan.

Tidak setiap persamaan harus dipecahkan untuk membebaskan koin, di setiap blok ada persamaan kunci yang bisa langsung membuka blok tanpa menyelesaikan persamaan lainnya.

Komputer mengambil satu persamaan pada satu waktu dan menyelesaikannya, pada saat itu bloknya bisa terbuka atau justru gagal. Komputer kemudian mencoba persamaan berikutnya dan seterusnya hingga blok melepaskan koin.

Seberapa cepat setiap persamaan diselesaikan tergantung pada kecepatan dan kekuatan komputer yang menyelesaikan persamaan. Singkatnya, semua itu adalah untuk menambang uang kripto seperti Bitcoin.

Sebagai pengguna, Anda memberi tahu komputer (menggunakan program penambangan perangkat lunak) yang Anda ingin gunakan, dan itu akan mengambil satu persamaan pada satu waktu dan mencoba dan menyelesaikannya.

Saat ini ada ribuan komputer yang bekerja di setiap blok pada saat yang sama dan sebagian besar penambang telah mendedikasikan rig penambangan yang dibuat khusus untuk tujuan ini, yang memiliki daya lebih besar daripada komputer rata-rata.

Ada beberapa generasi perangkat keras penambangan Bitcoin dan sebagian besar penambangan saat ini dilakukan di kolam tempat pengguna berbagi kekuatan mereka dan membagi hadiah dari blok.

Hashrate

Ini adalah jumlah perhitungan yang dapat dilakukan perangkat keras setiap detik saat mencoba memecahkan masalah matematika yang kami jelaskan diatas. Tingkat hash diukur dalam megahash, gigahashes, dan terahashes per detik (MH/detik, GH/detik, dan TH/detik). Semakin tinggi tingkat hash Anda (dibandingkan dengan tingkat rata-rata hash saat ini), semakin besar kemungkinan Anda untuk menyelesaikan blok transaksi.

Berapa Lama Penambangan Bitcoin Terakhir

Penambangan akan terus berlanjut sampai semua Bitcoin selesai dibuat, yang dijadwalkan pada tahun 2140. Sampai saat itu orang akan terus berusaha mendapatkannya melalui penambangan. Setiap hari semakin sulit dan kurang menguntungkan tetapi itu adalah masalah margin dan ekonomi.