Mengenal Apa Itu Paypal Serta Kegunaannya

Di jaman yang semakin familiar dengan belanja online seperti sekarang, membeli barang dapat dilakukan secara mudah dan praktis tanpa harus membuang waktu yang banyak.

Tidak hanya banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan, mereka yang tinggal di daerah pun asalkan tersedia jaringan internet kebiasaan membeli barang ke toko fisik sedikit demi sedikit mulai beralih ke toko online.

Berbicara mengenai belanja online, salah satu hal yang menjadi syarat untuk melakukannya diantaranya adalah proses pembayaran yang harus dilakukan secara virtual ataupun transfer bank.

Dan dalam ranah pembayaran virtual, paypal menjadi salah satu yang banyak dipilih para pelaku belanja online.

Apakah anda semua sudah mengenal apa itu paypal ?

Pastinya banyak dari kita yang sudah sering mendengarnya, namun apakah sudah mengetahui apa saja kegunaan serta bagaimana cara kerjanya. Jika ingin mengetahuinya simak saja artikel berikut ini hingga selesai.

Mengenal Apa Itu Paypal

Mengenal Paypal

Mengutip dari situs Wikipedia, Paypal adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan jasa transfer uang secara elektronik tanpa menggunakan cara lama yang masih mengandalkan kertas cek dan wasel pos.

Kelebihan yang dimilik Paypal dalam menawarkan layanan pembayaran virtual diantaranya dapat dilakukan dengan cepat serta yang lebih penting lagi mereka pun menawarkan keamanan yang terjamin.

Kelebihan lain yang tidak bisa didapat oleh pengguna pembayaran transfer antar bank lokal adalah Paypal dapat menangani transaksi pembayaran yang dilakukan antar negara di seluruh dunia.

Cukup hanya dengan memiliki akun Paypal serta koneksi internet, kita dapat dengan mudah membeli barang idaman dari online shop luar negri.


Tidak hanya itu, hebatnya Paypal juga memiliki sistim garansi yang melindungi pembeli dari kerugian karena penipuan yang dilakukan penjual. Misalnya saja barang tidak kunjung dikirim atau barang yang dikirim tidak sesuai kesepakatan saat sebelum transaksi.

Untuk mendapatkan perlindungan ini pembeli dapat melakukan aduan ke pihak Paypal dengan menyertakan bukti yang kuat bahwa penjual telah menyalahi kesepakatan.

Begitupun untuk pengguna Paypal dari kalangan penjual, mereka juga diberikan perlindungan dari kemungkinan adanya pembeli yang mencoba memberikan aduan yang tidak berdasar ataupun palsu.

Baca Juga Amankan Transaksi Internet Banking Anda Dengan Cara ini

Bagaimana Cara Kerja dan Menggunakan Paypal ?

Tidak seperti melakukan pembayaran melalui transfer antar bank yang menggunakan nomer rekening untuk mengirimkan uang, dengan paypal kita dapat melakukan pembayaran atau mengirim uang hanya dengan mengetahui alamat emailnya saja.

Tentu saja sebelumnya email tersebut harus terdaftar sebagai akun Paypal.

Transaksi dapat dilakukan dengan cepat langsung dari mana saja tempat kita berada menggunakan perangkat smartphone ataupun laptop yang memiliki koneksi internet.

Untuk dapat menggunakan layanan Paypal pun cukup mudah dilakukan, pertama-tama pastinya kita harus melakukan pendaftaran lewat situsnya langsung di Paypal.com. Sebagai syarat utama kita harus memilki akun email yang aktif digunakan, karena nantinya berbagai informasi dan konfirmasi penting akan dikirimkan via email termasuk saat akan melakukan transaksi.

Selanjutnya anda juga akan dipersilahkan untuk memiliki beberapa jenis akun Paypal yang akan di digunakan. Terdapat beberapa pilihan diantaranya adalah Akun Pribadi, Akun Premier dan ada juga Akun Bisnis.

Setiap akun memiliki kelebihan sendiri-sendiri, penjelasan secara lengkap sudah tersedia disana tinggal anda pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Proses pendaftaran selanjutnya anda cukup mengisikan berbagai informasi data diri ke dalam kolom yang telah disediakan, lalu terahir adalah proses konfirmasi melalui email.

Itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai apa itu Paypal, cara kerja serta beberapa kegunaannya. Semoga bermanfaat…