Mengenal Apa Itu Inflasi dan Penyebab Terjadinya Inflasi

Pengertian inflasi sebenarnya sangat sederhana yaitu kenaikan harga barang yang terjadi secara luas serta mengakibatkan naiknya harga barang lain.

Namun efek dari inflasilah yang bisa dirasakan cukup rumit bagi setiap orang.

Bagaimana tidak, terjadinya inflasi dapat membuat uang rupiah yang kita miliki menjadi menurun nilainya.

Misalnya, jika sebelum inflasi uang sebesar Rp.10.000 dapat digunakan untuk membeli satu kilogram beras, akibat adanya inflasi maka uang yang sama hanya bisa membeli setengah kilogramnya saja.

Mengenal Apa Itu Inflasi

Di setiap negara inflasi pasti terjadi, termasuk di negara kita Indonesia ini.

Uang sebesar Rp.5000 di tahun 1980 dapat membeli hingga 20 Kg beras, di tahun 2018 ini hanya 0,4 Kg saja.

Uang sebesar Rp.5000 di tahun 1980 dapat di tukar dengan minyak goreng hingga 33 Liter, bandingkan dengan tahun 2018 yang hanya bisa didapat 0,4 Liter saja.

Dan terjadi pula untuk barang-barang yang lainnya…

Apa yang menyebabkan terjadinya inflasi ?

Setidaknya ada 3 sebab yang membuat terjadinya inflasi di sebuah negara. Pertama karena adanya peningkatan permintaan, lalu karena peningkatan dalam cost produksi termasuk naiknya harga bahan baku serta biaya upah karyawan, dan terahir karena uang yang beredar terlalu besar.


Penyebab terjadinya inflasi pun bisa dikarenakan faktor dari dalam negrinya sendiri, atau bisa karena akibat dari negara lain. Misalnya akibat impor bahan baku dari negara lain dan harga bahan tersebut naik, maka tentu efeknya akan dirasa langsung oleh negara pengimpor.

Efek dari inflasi bagi suatu negara dapat terjadi dari mulai skala ringan yang berarti tidak begitu membuat prekonomian terganggu, hingga terberatnya yang berarti tidak dapat terkendali dan membuat kerumitan perekonomian dalam suatu negara.

Lalu apa yang bisa kita lakukan agar dapat baik-baik saja saat inflasi terjadi ?

Salah satu yang paling banyak disarankan oleh para pakar keuangan untuk mengatasi terjadinya inflasi adalah dengan berinvestasi atau dengan tabungan.

Namun syarat investasi dan tabungan yang dapat mengatasinya tentunya harus memiliki hasil keuntungan melebihi nilai inflasi yang terjadi.

Misalnya saja, dalam suatu negara inflasi rata-rata setiap tahun terjadi hingga 3 persen, maka untuk mengamankan harta kita dari inflasi minimal produk investasi atau bunga tabungan yang dipilih mampu menghasilkan lebih kenaikan tersebut.

Beberapa produk investasi dan tabungan yang sudah teruji memiliki nilai lebih dari inflasi yang rata-rata terjadi di negara kita setiap tahunnya, diantaranya saja seperti properti, deposito dan juga menabung emas.

Baca Juga Cara Memilih Properti Untuk Investasi

Terjadinya inflasi tentu harus kita waspadai sejak dini agar uang yang kita kumpulkan setiap hari nilainya tidak tergerus dan terpotong seiring waktu.

Itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai pengertian apa itu inflasi serta beberapa penyebab terjadinya inflasi. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk pembaca semua.