Mengenal Apa itu Fintech dan Jenisnya

Fintech merupakan singkatan dari kata Financial Technology yang memiliki pengertian kolaborasi antara teknologi dengan jasa keuangan untuk menghasilkan layanan yang lebih efisien untuk para penggunanya.

Saat ini perkembangan dunia teknologi sedang berjalan dengan pesat dan terjadi pada berbagai bidang termasuk pada bidang jasa keuangan.

Kultur masyarakat jaman sekarang yang semakin familiar dengan teknologi menuntut setiap aktifitasnya dapat berjalan dengan praktis, dalam bertansaksi keuangan penerapan Fintech dapat membantu menjadikannya lebih cepat dan efisien.

Fintech juga masuk kedalam salah satu kategori jenis startup atau perusahaan rintisan di bidang teknologi yang mana didalamnya terdiri dari dua bidang yakni Ecommerce dan Fintech yang sedang kita bahas pada artikel kali ini.

Penjelasan startup ada pada artikel Pengertian Startup Dan Contoh Bisnisnya Di Indonesia

Apa itu Fintech

Jenis dan Kategori Fintech

Pihak-pihak otoritas keuangan membagi kategori fintech kedalam beberapa jenis berdasarkan inovasi yang dijalankan, diantaranya :

  • Payment, Clearing dan Settlement

Perusahaan Fintech yang masuk kedalam kategori ini menjalankan layanan pembayaran secara digital termasuk e-wallet atau dompet elektronik dan uang elektronik.

Contohnya seperti OVO, DANA, Go PAY, DoKu dan lain sebagainya.

Semua strartup fintech yang memberikan layanan payment seperti ini di haruskan untuk mendapatkan persetujuan dari badan pemerintah resmi dalam hal ini OJK.

Baca Juga Mengenal Uang Elektronik (E-Money) Serta Untung Rugi Menggunakannya


  • Aggregator

Inovasi Fintech berkategori Aggregator memberikan layanan yang membandingkan antar produk-produk keuangan seperti kartu kredit, pinjaman online, asuransi dan lain sebagainya.

Contoh strartup fintech yang memberikan layanan seperti ini diantaranya Cekaja.com, Cermati.com, Tunaiku.com dan lain-lain.

Dengan adanya situs-situs tersebut memungkinkan masyarakat dapat membandingkan produk keuangan apa yang akan dipilihnya.

  • Investment Management

Masyarakat yang ingin mencari produk investasi yang paling cocok untuknya dapat mencari informasi kepada perusahaan fintech yang memberikan layanan berkategori menejemen investasi.

Selain itu kategori ini juga mencakup menejemen keuangan perorangan hingga perusahaan .

Contoh stratup fintech yang berjalan pada kategori ini misalnya finansialku.com, ngaturduit.com, Jurnal.id dan lain sebagainya.

  • Peer to Peer Lending (P2P)

Selanjutnya ada perusahaan fintech berupa marketplace yang menghubungkan para peminjam dana dengan pemberi pinjaman, termasuk diantaranya pinjaman uang secara online. Kategori fintech P2P merupakan salah satu yang paling banyak digunakan masyarakat saat.

Beberapa perusahaan yang menawarkan layanan ini diantaranya seperti Uangteman.com, Koinworks.com, Kredivo.com dan lain sebagainya.

Baca Juga Situs Tempat Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan Terpercaya

Manfaat Hadirnya Inovasi Fintech Untuk Masyarakat

Hadirnya inovasi teknologi pada bidang jasa keuangan ini tentunya dapat melengkapi sistim transaksi konvensional yang sudah biasa dilakukan masyarakat.

Seperti misalnya saat melakukan pembayaran dalam transaksi jual beli, kini tidak lagi harus selalu dengan menggunakan uang secara fisik dan bertemu langsung dengan penjual.

Sehingga bertansaksi jual beli kini menjadi tidak terbatas oleh jarak serta dapat dilakukan dengan waktu yang singkat.

Tidak hanya pembayaran, masyakat juga bisa lebih dimudahkan saat akan memilih produk-produk investasi dan produk keuangan lainnya seperti pinjaman online.

Adanya Finansial Teknologi juga membantu mewujudkan perusahaan berplatform online seperti Ecommerce dapat melayani para pembeli dengan lebih baik.