Mengatasi Lelah Dan Malas Bekerja Saat Berpuasa

Rasa lelah, lemas mengantuk di saat berpuasa memang sangat wajar terjadi, karena tubuh kita yang biasanya mendapatkan asupan energi melalui makan dan minum otomatis terhenti sementara di waktu siang hari. Maka setiap orang pun pasti merasakan hal yang sama, lemas hingga malas melakukan aktifitas pasti di rasakan setiap muslim yang sedang berpuasa.

Lalu bagaimana aktifitas berbagai pekerjaan seperti menjalankan usaha, bisnis dan lain sebagainya, apakah berarti harus rela terbengkalai karena berpuasa ini ? tentu saja tidak…, mengurangi berbagai aktifitas apalagi itu kegiatan usaha dikarenakan sedang berpuasa, itu sangat tidak di anjurkan dalam Islam.

Maka dari itu, harus kita upayakan beberapa cara untuk mengatasi rasa lelah,lemas yang biasa di rasakan saat berpuasa, agar segala kegiatan bisa berjalan seperti biasanya. Terlebih kegiatan usaha ini adalah suatu kegiatan yang sangat penting, jangan sampai di bulan ramadhan ini menurun kinerjanya karena kita kurang semangat menjalankannya.

Beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya adalah dengan sebagai berikut :

1. Sesuaikan Kondisi Tubuh

Diawal-awal bulan ramadhan menjadi saat terberat untuk kita menjalankan aktifitas sambil berpuasa, karena tubuh kita belum menyesuaikan benar dengan kondisi yang ada. Sabar dan tetap jalankan kegiatan usaha seperti biasanya, dalam beberapa hari rasa lemas,lelah,mengantuk sedikit demi sedikit akan berkurang karena tubuh mulai terbiasa berpuasa.

mengatasi lelah saat berpuasa

2. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan saat saur dan berbuka puasa harus di pastikan memiliki nilai gizi dan vitamin yang tinggi, agar menjadi pengganti saat tidak mendapatkan asupan di siang hari. Dapat kita upayakan dengan mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran dan jenis makanan lain yang dapat membantu menambah vitamin di saat saur dan buka puasa setiap hari.

Advertisement

3. Minum Air Putih Yang Cukup

Dahaga di siang hari saat berpuasa menjadi hal yang biasa kita alami di bulan seperti ini, sering kali rasa dahaga ini menjadi penyebab malasnya kita melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Tentunya bagaimana pun hal ini tidak bisa di hindari, meski di saat sahur kita minum begitu banyak air, tetap di siang hari dahaga ini akan datang manghampiri.  Namun yang penting kebutuhan air untuk tubuh harus selalu terjaga dengan mengkonsumsi sesuai dengan aturan di saat sahur dan berbuka tiba.

4. Tidur Dengan Cukup

Karena di saat berpuasa kita harus bangun tidur lebih awal untuk melaksanakan ibadah sahur pada dini hari, maka jam tidur malam pun sebisa mungkin harus di atur lebih awal dari biasanya. Misalnya dengan tidur 2 jam lebih awal dari jam tidur di luar bulan ramadhan. Cara ini untuk mengurangi rasa kantuk setelah sahur dan sholat subuh, karena bisanya jika kita tidur kembali setelah kegiatan tersebut akan menambah rasa lemas di siang harinya.

Baca juga peluang usaha yang berpotensi di bulan ramadhan

5. Olah raga

Jika anda terbiasa melakukan kegiatan olah raga setiap harinya, jangan tinggalkan kegiatan ini karena sebab kita sedang berpuasa. Karena olah raga ini sangat penting di lakukan agar badan tetap bugar. Akan tetapi sebaiknya kurangi porsi berolah raga jangan di samakan dengan saat sedang tidak berpuasa, cukup berolah raga yang ringan, seperti lari-lari kecil, atau senam ringan selama beberapa menit saja agar tenaga tidak terlampau terkuras.

Itu lah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa lemas,lelah hingga malas bekerja di bulan puasa ini, semoga bisa menjadi masukan bagi kita semua yang sedang menjalankan ibadah di bulan suci ini. Selamat berpuasa..

Baca juga artikel hikmah dan manfaat bulan puasa bagi pengusaha