Mengatasi Dan Menghadapi Komplain Dari Konsumen

Dalam menjalankan bisnis terkadang tidak bisa di hindari kemungkinan datangnya komplain dari konsumen karena berbagai sebab. Misalnya saja keluhan mereka kurang puas dengan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan lain sebagainya. Meski dalam menjalankan bisnis tersebut kita sudah berhati-hati dan berusaha memberikan hasil yang maksimal kepada pelanggan, kemungkinan hal ini terjadi masih tetap ada, sebab setiap orang pastinya memiliki kekurangan.

Untuk menghadapinya kita tidak perlu terlalu risau, kita bisa ambil hikmah dari adanya keluhan konsumen tersebut. Diantaranya adalah kita jadi mengetahui kesalahan yang dilakukan, sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan lagi sistim kerja yang kita jalankan.

Namun pada saat pelanggan tersebut melakukan komplain, sebaiknya apa yang harus kita lakukan agar mereka tidak terlalu kecewa, dan bisa menerima penjelasan dari kita. Berikut beberapa tips nya :

1. Dengar Dengan Baik

Bagaimana pun pelanggan adalah hal yang harus kita jaga keberadaannya demi suksesnya bisnis yang dijalankan, maka saat mereka komplain sebisa mungkin kita harus menerima dengan lapang dada, meski tidak jarang ada beberapa perkataannya yang menyinggung.

Lagi pula sebab mereka komplain pastinya karena ada sesuatu yang salah dari pelayanan yang kita berikan, maka kita harus bisa bertanggung jawab, agar kesalahan tidak bertambah besar.

2. Berikan Keinginan Mereka

mengatasi komplain konsumen

Setelah mendengarkan komplain dari konsumen tersebut, lalu sebaiknya kita analisa lebih lanjut apakah bisa memenuhi keinginan yang mereka keluhkan. Sebisa mungkin tentunya kita harus memenuhinya, selama hal itu tidak merugikan dengan jumlah yang besar. Misalnya saja jika produk yang mereka beli terdapat kerusakan, maka kita harus berikan retur dengan barang yang lebih baik.

Advertisement

3. Selesaikan Dengan Tuntas

Ada hikmah lain dari kejadian komplain konsumen pada bisnis atau usaha kita, diantaranya adalah, jika bisa menyelesaikan permasalahannya dengan tuntas dan maksimal, bukan tidak mungkin layanan kita berbalik menjadi memuaskan, sebabnya menyelesaikan komplain pelanggan dengan tuntas akan memberikan poin tersendiri di mata mereka, mereka akan berfikiran bisnis kita mengutamakan kepuasan pelanggan. Dengan begitu akan ada kemungkinan reputasi kita yang baik tersebut tersiar dengan lebih luas kepada calon konsumen lain. Maka selesaikan dengan tuntas, segala keluhan yang di sampaikan.

Baca juga beberapa prilaku konsumen yang harus kita pahami

4. Evaluasi Dan Perbaiki

Seperti yang sudah di singgung di atas tadi, bahwa hikmahnya dari komplain konsumen adalah kita jadi mengetahui kesalahan apa yang sudah kita perbuat dan menjadi bahan evaluasi. Dengan begitu pastikan kita memperbaiki kesalahan yang sudah di lakukan, agar tidak ada pelanggan lain yang mengalami kekecewaan serupa. Jika kita disiplin menjalankan evaluasi ini, lama kelamaan bisnis yang kita bangun akan lebih memiliki reputasi yang baik di mata konsumen.

Demikian tips singkat mengenai menghadapi dan mengatasi komplain konsumen. Jika mengalami hal ini kita sebaiknya berhari-hati menghadapinya, karena tidak jarang konsumen yang teramat kecewa akan menyebarkan kabar yang kurang baik mengenai reputasi bisnis yang kita jalankan, tentu saja jika itu terjadi akan sangat merugikan. Semoga sukses..

Baca juga 7 hal yang tidak boleh dilakukan kepada pelanggan