Mengambil Pelajaran Dari Berdirinya Donut J.CO Di Indonesia

Dari awal kehadirannya J.co donut and coffee langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat, konsep baru yang ditawarkan oleh bisnis ini sukses menarik perhatian konsumennya. Sebut saja penerapan open kitchen yang terbilang baru di terapkan pada gerai kuliner di Indonesia, lalu pemilihan lokasi usaha di pusat-pusat perbelanjaan juga dinilai sangat strategis, gerai yang di buat modern dan tentunya juga cita rasa donat khas amerika yang banyak di sukai, menjadikan j.co tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat, bahkan keberadaannya berhasil menggeser posisi beberpa usaha sejenis yang terlebih dahulu hadir.

Awal Berdirinya j.co di Indonesia

Pengusaha bernama johnny andrean yang namanya dikenal kebanyakan orang adalah tempat potong rambut atau salon, yang juga merintis berdirinya j.co donut and coffee ini. Awalnya mendapatkan ide untuk berbisnis donat khas amerika ini dari rutinitas kegiatannya yang sering mengunjungi negara tersebut. Beliau tadinya sempat memiliki pemikiran untuk memasarkan donatnya di Indonesia dengan cara menjalin kerja sama franchise, akan tetapi karena berbagi sebab lebih memutuskan untuk membangun brand nya sendiri.

Selanjutnya johnny andrean pun segera melakukan riset pada berbagi hal yang diperlukan untuk mewujudkan bisnisnya, karena menginginkan bisnisnya berjalan dengan maksimal, beliau mempersiapkan segala sesuatunya dengan benar-benar teliti, bahkan waktu yang di habiskan hingga 3 tahun lamanya, mulai dari cara membuat donat agar rasanya disukai masyarakat, hingga konsep bisnis yang akan di jalankannya.

Salah satu hasil dari risetnya adalah penerapan konsep open kitchen pada gerai donat miliknya, pertimbangannya karena belum ada toko donat yang menerapkan konsep ini, selain itu dengan menunjukan kepada konsumen cara pembuatan donat yang higienis serta pealatan pembuatan yang serba modern, bisa membuat konsumen lebih tertarik untuk mencoba.

berdirinya donut j.co di Indonesia

Advertisement

Maka segera di wujudkanlah penerapan konsep tersebuat dengan mengimport seluruh peralatan dapurnya. Tidak sampai di situ, demi bisa menghasilkan cita rasa donat yang terbaik, bahan baku sebagian besarnya didatangkan dari mancanegara, seperti coklat yang di import langsung dari Belgia, susu yang khusus didatangkan dari Selandia baru, serta bubuk kopi yang berasal dari salah satu penghasil kopi terbaik dunia Costa rica.

Dengan melihat keseriusannya yang begitu tinggi, maka tidak heran donat yang dihasilkan pun sangat disukai. Sebuah prinsip yang bisa kita terapkan jika hendak merintis sebuah bisnis.

Membuka Gerai Pertamanya

Pada tahun 2005 ahirnya gerai pertama j.co donut and coffee dibuka, yang menjadi lokasi pilihannya adalah di kawasan supermall karawaci tengerang. Dan sesuai prediksi, bisnisnya pun berjalan dengan lancar, dalam tempo 1 tahun saja j.co berhasil membuaka 16 cabang yang tersebar di wilayah Indonesia.

Tidak hanya itu, j.co pada tahun 2007 juga mengembangkan usahanya hingga ke mancanegara seperti singapore, hongkong, Australia. Sekarang ini dapat kita lihat hasil kerja kerasnya membangun sebuah bisnis yang sukses, terbukti dengan selalu padatnya para pengunjung hampir di setiap cabang.

Pelajaran Yang Bisa Di Petik

Dari ulasan di atas kita bisa mengambil pelajaran diantaranya adalah, melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu, dalam akan menjalankan usaha sangat lah penting untuk di lakukan, agar nantinya usaha bisa berjalan dengan lancar. Selalu buat inovasi-inovasi baru, untuk dapat menarik perhatian masyarakat menjadi hal yang wajib diterapkan jika ingin bisnis kita dapat bersaing dengan yang lain.

Lalu, kesemuanya itu haruslah kita kerjakan dengan serius, dan tidak setengah-setengah, Meski pun langkah ini harus di tempuh dengan waktu yang cukup lama, terpenting bisnis yang akan di jalankan nantinya benar-benar bisa berjalan maksimal. Semoga menginspirasi….

Baca juga artikel Cafe Dan Resto Murah Meriah Raih Keuntungan Berlimpah