Menangkap Peluang Usaha Di Kawasan Desa Wisata

Program desa wisata akhir-akhir ini sedang digalakkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Salah satu tujuan dari diadakannya desa wisata tersebut adalah untuk mendongkrak pemberdayaan ekonomi daerah melalui unit usaha desa (BUMDES).

Ditambah lagi dengan gelontoran dana desa yang cukup besar dari pemerintah, diharapkan setiap daerah yang memiliki potensi wisata ataupun pendukung wisata agar mengembangkan yang namanya desa wisata.

Sebagai masyarkat sudah sepatutnya untuk menyambut dengan sangat gembira dan penuh antusias dengan cara menangkap setiap peluang usaha yang ada.

Salah satu contoh desa wisata yang kini sudah dikenal oleh masyarakat luas adalah kawasan wisata Pujon Kidul yang terletak di kabupaten Malang. Dengan areal wisata yang sangat luas dan segala atraksinya kini Pujon Kidul sudah menjadi salah satu destinasi wisata wajib di Jawa Timur.

Dampak ekonomi yang ditimbulkan sudah pasti positif, yaitu terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa Pujon Kidul serta munculnya ide-ide usaha kreatif baru dari masyarakat setempat. Walhasil, ada banyak sekali peluang usaha baru yang bermunculan yang siap mendongkrak perekonomian.

Nah, jika daerah yang anda tinggali saat ini juga sedang menggarap kawasan desa wisata, maka anda sudah harus bersiap jauh-jauh hari untuk menyambut pengembangan desa wisata tersebut dengan cara menangkap peluang usaha yang ada dan merintisnya sejak dini.

Anda wajib menyadari bahwa prospek usaha di kawasan wisata sangat bagus dan sangat menguntungkan. Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha di kawasan desa wisata yang bisa anda rintis sejak dini.

Menangkap Peluang Usaha Di Kawasan Desa Wisata


Kuliner Menu Lokal

Sudah hampir bisa ditebak bahwa kuliner adalah salah satu peluang usaha di kawasan desa wisata yang paling banyak dilirik karena mudah dijalankan oleh setiap orang.

Tapi jangan salah, setiap kawasan wisata punya keunikannya masing-masing, jadi tidak sembarang kuliner bisa masuk di kawasan wisata tertentu. Yang paling laris tentunya adalah menu kuliner lokal yang sulit ditemui di daerah lain.

Produk Khas Daerah Non-Kuliner

Tidak setiap daerah punya produk khasnya, tapi setiap daerah bisa menciptakan sendiri produk khasnya. Survey secepat mungkin untuk menemukan produk-produk khas daerah dan jika memang tidak ada, anda bisa menciptakan sendiri. Dan kalau ada tapi kurang populer, anda bisa mengangkat namanya sehingga laku dijual di pasar.

Jasa Sewa Mainan dan Olahraga

Di kawasan wisata yang besar biasanya fasilitas penyewaan ini dipegang oleh orang-orang yang punya modal tebal. Di kawasan desa wisata, fasilitas penyewaan ini sangat mungkin diadakan oleh perorangan dan juga kelompok masyarakat. Contoh fasilitas yang sangat menjanjikan untuk disewakan diantaranya adalah penyewaan mobil offroad, ATV, motor trail, fasilitas arum jeram, flying fox dan arena outbound.

Baca Juga Anda Tinggal di Daerah Wisata ? Manfaatkan Peluang Bisnis Sepeda Cinta !

Homestay

Investasi homestay di kawasan desa wisata bisa menjadi alternatif investasi properti menguntungkan berbekal modal yang tidak terlalu tinggi.Homestay di kawasan desa wisata tidak harus mewah, yang paling penting adalah kenyamanan dan kebersihan. Bahkan anda bisa menyulap ruang tamu unuk dijadikan homestay.

Toko dan Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias dan tempat wisata seakan sudah tidak bisa dipisahkan karenanya merupakan souvenir yang banyak diminati oleh kalangan luas. Nah, peluang ini sangat cocok dijalankan oleh petani dan juga pekebun yang sudah memiliki basic bercocok-tanam.

Baik membuka toko bunga ataupun budidaya tanaman hias, kedua-duanya sangat menjanjikan dijalankan di kawasan desa wisata. Agar bisa menjalankan bisnis tanaman hias secara optimal anda perlu mengikuti pelatihan-pelatihan khusus karena setiap tanaman hias memerlukan teknik perawatan dan teknik budidaya khusus.

Semoga meningspirasi, salam sukses!