Menaikan Harga Produk Tanpa Mengecewakan Pelanggan

Sering kali kita kesulitan jika harus menaikan harga produk yang kita jual, yang paling di takutkan tentu saja akan mengecewkan atau bahkan kehilangan pelanggan. Akan tetapi hampir setiap barang yang ada di pasar pada dasarnya akan terus bergerak naik seiring waktu dengan beragam pemicu yang mempengaruhinya.

Misalnya saja yang belum lama ini terjadi sebab kenaikan harga BBM ( Bahan Bakar Minyak ) yang otomatis akan mempengaruhi harga barang hampir di semua sektor. Sebut saja transportasi, bahan pokok, listrik hingga upah tenaga kerja. Dan masih banyak lagi sebab-sebab lainnya yang mengharuskan kita sebagai pengusaha untuk menaikan harga produk atau jasa yang kita jual.

Sebenarnya konsumen dapat mengerti dengan kenaikan harga tersebut jika kita menjelaskan kepada mereka dengan jelas dan masuk akal. Yang membuat mereka kecewa adalah jika harga produk atau jasa yang kita tawarkan lebih tinggi dari kompetior atau usaha sejenis tanpa anda kelebihan yang bisa kita berikan kepada mereka.

Jika itu terjadi berarti ada masalah di dalam bisnis yang anda jalankan, misalnya harga beli bahan baku terlalu tinggi, suplai barang dari distributor terlalu mahal, biaya oprasional perusahaan terlalu besar atau bisa juga karena kita mengambil profit yang terlalu banyak.

Berikan Alasan Yang Tepat

Seperti yang sudah di singgung tadi, konsumen akan dapat menerima kenaikan harga jika kita bisa memberikan alasan yang tepat. Alasan tersebut seperti ada kenaikan dari distributor, kenaikan bahan baku, upah kerja, trasport dan sebagainya.

Lalu jelaskan juga kepada pelanggan prihal sebab-sebabnya alasan diatas berakibat naiknya harga jual produk atau jasa anda. Misalnya saja akibat ada penyesuaian UMR dari pemerintah maka upah tenaga kerja juga harus naik, atau contoh lain akibat bahan baku sulit didapat maka harganya menjadi naik.

Jika memang alasan diatas yang membuat kita harus menaikan harga, kita tidak perlu terlalu khawatir pelanggan akan kecewa, sebab seiring waktu pun kompetitor yang menjual produk sejenis pun nantinya akan menaikan harga jualnya, sehingga sifatnya akan menyeluruh.

Advertisement

Ikuti Kenaikan Dengan Kualitas

cara menaikan harga barang

Jika bermaksud ingin menaikan harga untuk meningkatkan profit yang kita dapat, tetap bisa kita jalankan, Asalkan kenaikan harganya wajar dan juga ada kelebihan lain yang pelanggan dapatkan. Bisa saja di ikuti dengan memberikan kualitas produk atau jasa yang lebih berkualitas, meningkatkan pelayanan dan kemudahan dalam membeli produk kita, atau misalnya dengan memberikan bonus lain kepada pelanggan.

Namun jika memutuskan untuk mengambil langkah ini sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai segmen pelanggan anda, apakah mayoritas dari mereka berasal dari kalangan bawah atau menengah keatas. Sebab konsumen akan membeli produk atau jasa yang anda tawarkan, jika harganya sesuai dengan daya beli mereka.

Baca juga artikel 6 Sifat Penting Yang Harus Dimiliki Pebisnis

Persiapkan Langkah Negosiasi

Meski alasan untuk menaikan harga sudah tepat, keluhan dari pelanggan kemungkinan tetap terjadi, misalnya saja akan ada langkah tawar menawar, memohon penundaan, meminta diskon khusus dan lain sebagainya. Sebenarnya ini menandakan bahwa ada keinginan dari pelanggan agar hubungan bisnis bisa terus berlanjut, maka ada sisi positif dari hal ini.

Kita harus persipakan langkah untuk negosiasi secara tepat dengan tidak merugikan salah satu pihak, sebisa mungkin ambil jalan tengah yang sama-sama menguntungkan secara bijak, misalnya dengan cara menaikan harga secara bertahap, atau jika memungkinkan penyesuaian harga di lakuakan dari jauh-jauh hari agar pelanggan pun dapat melakukan langkah persiapan. Semoga Berhasil…

Baca juga artikel Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya