Memulai Usaha Dengan Modal Minim

Untuk memulai usaha sebaiknya fokus dulu pada bidang yang paling cocok dengan kondisi kita, Usaha ibarat pasangan hidup yang harus kita pilih dengan hati-hati karena setelah di pilih jangan kemudian menceraikan begitu saja. ingat, begitu kita masuk ke bidang usaha tidak mudah untuk keluarnya karena beberapa sumberdaya sudah menjelema menjadi barang modal. Misal nya kalau kita berusaha di bidang kuliner maka tentu modal kita telah digunakan untuk membeli wajan,piring alat-alat penggorengan dan sejenisnya. begitu pun misalnya jika kita berbisnis laundry tentu modal kita telah di belikan mesin cuci. Jika kita berhenti berusaha akan di kemanakan barang-barang modal yang telah kita beli…

Lalu bagaimana memilih jenis usaha yang akan di tekuni. Ada beberapa pertimbangan.

Pertama. kita lihat dai segi pengetahuan,pengalaman atau keterampilan yang kita miliki, sebagi contoh ada seorang stylish atau pemangkas rambut di salon, dia merasa sudah memiliki relasi dan keahlian memangkas rambut ahirnya ia putus kan untuk keluar dari salon tempat dia bekerja dan membuka salon sendiri, usahanya akan cukup berhasil karena pelanggan yang biasa di potong rambut nya di salon tempat kerja nya dahulu ahirnya mencari dia untuk memotong rambut nya di tempat salon milik sendiri.

pengalaman bisnis

 

Kedua. Pikirkan akses supplayer atau pemasok mana yang sudah kita miliki atau akan dengan cepat dan mudah kita peroleh. kalau kita sudah punya pemasok yang mau memasok barang dagangan terlebih mau menitipkan ke kita maka usaha kita akan jauh lebih mudah untuk di jalankan. Sebagai contoh, kita mempunyai relasi yang memproduksi kaos, nah kita bisa mengajak nya bekerja sama untuk menitipkan barang nya ke kita, katakan 50 potong kaos, kita akan bayar kalau barang tersebut sudah laku terjual. Cara titip jual ini juga memperkecil resiko dan modal minim kita.

supplier

 

Ketiga. Lihat hobi anda beberapa jenis usaha yang kita pilih sangat bagus kalau sejalan dengan hobi kita, Orang yang suka memasak sangat bagus jika berusaha di bidang kuliner, kalau kita memiliki hobi ikan hias akan bagus juga jika dia tertarik menjual ikan hias. Mengapa ini penting…..? Karena kalau bidang usaha sesuai dengan hobi, orang akan termotivasi menjalankan dan merawat usahanya, dan memiliki semangat untuk menjalankannya sebagi suatu kesenangan. Jadi sangat ideal jika bidang usaha itu sesuai dengan hobinya.

business-vs.-hobby

Keempat. pikirkan kecocokan jenis usaha dengan sifat atau kondisi diri anda. Artinya, beberapa usaha memiliki resiko yang lebih besar atau komitmen lebih besar dari yang lain. Sebagi contoh, Kalau anda orang yang terbatas waktunya maka pilih jenis usaha yang mudah di kerjakan oleh karyawan kita, misal nya laundry bisa kita pekerjakan karyawan untuk menjalankan nya tapi tentu dengan pengawasan dari kita.

Cocok

 

 

Untuk menjalankan usaha secara sukses tentu di butuhkan semangat dan sistim kelola yang bagus. Tentu saja ada kiat-kiat yang di butuhkan menyangkut pengelolaan dari segi pemasaran dan efesiensi produksi.  Anda harus mampu menarik pelanggan baru mempertahan kan pelanggan dan membuat mereka membeli lebih banyak. Dari segi oprasional, anda perlu melakukan efesiensi guna menekan biaya. Kalau ini dilakukan maka ke untungan yang akan di peroleh akan semakin meningkat.

Jadi, Silahkan pertimbangkan ke empat hal di atas dan laksanakan sambil jangan lupa berdoa untuk dapat penyertaan yang maha kuasa dalam memulai usaha anda. Selamat menjadi pengusaha baru yang sukses….. amin