Memulai Usaha Butik Rumahan Yang Menguntungkan

Usaha butik adalah jenis usaha yang sangat tepat untuk dilakukan oleh ibu rumah tangga. Untuk memulai usaha butik rumahan pun tidak begitu sulit.

Modal yang dibutuhkan pun relatif sangat terjangkau karena anda tidak perlu menganggarkan dana sewa tempat. Anda pun tidak butuh biaya transportasi menuju butik anda. Karena semua keperluan bisnis sudah harus anda siapkan di rumah.

Namun, meskipun peluang bisnis usaha butik ini banyak diminati orang, tidak jarang mereka justru berhenti di tengah jalan dan tidak tahu harus bagaimana mengembangkan butiknya. Sebenarnya, usaha butik rumahan ini bisa disebut sebagai jenis usaha sampingan atau tahap awal usaha butik untuk menjadi lebih besar.

usaha butik rumahan

Untuk itu, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda perhatikan untuk memenangkan persaingan dalam usaha butik ini:

  • Melakukan Survey Terhadap Pesaing

Meskipun usaha butik ini terbilang sangat sederhana akan tetapi survey harus selalu dilakukan. Hal ini untuk dijadikan sebagai antisipasi agar anda tidak terlena dan tidak asal-asalan dalam memilih suatu produk. Fungsi survey adalah untuk mengetahui jenis produk apa saja yang telah dijual pesaing. Selain itu, anda juga bisa mengetahui kekurangan dari pesaing tersebut. Sehingga anda bisa melengkapi kekurangannya tersebut dan butik anda menjadi lebih laku.

Advertisement

Baca juga artikel Menjalankan Usaha Dengan Persaingan Yang Sehat

  • Menjual Produk Butik Yang Berbeda

Apabila anda menjual produk yang sama maka itu akan menjadi usaha yang sia-sia saja. Sebab, butik yang baru dibuka cenderung kurang dilirik oleh pembeli. Konsumen lebih percaya terhadap butik yang sudah lama buka dan ramai. Untuk itu, anda harus menentukan segmentasi pasar. Misalnya anda hanya menjual butik pakaian muslimah, butik pakaian korea, atau pakaian-pakaian adat saja. Nah, fokus dalam satu jenis inilah yang sebenarnya mempengaruhi daya beli masyarakat.

  • Melakukan Promosi dan Memberikan Diskon

Kunci kesuksesan dari bisnis usaha butik adalah promosi dan diskon. Psikologis masyarakat Indonesia bahkan dunia lebih memilih produk yang berdiskon daripada yang berharga mahal. Namun, agar semua orang tahu bahwa anda memberikan diskon pada butik anda maka langkah yang harus dilakukan adalah promosi. Promosi bertujuan agar masyarakat tahu bahwa butik anda menjual produk tertentu. Akan tetapi, apabila anda menggabungkan sistem offline dan juga mejual secara online maka akan lebih menguntungkan lagi. Baca juga artikel Tips Sukses Bisnis Online Shop Bagi Pemula