Memulai Peluang Bisnis Agen Properti Tanpa Modal

 Bisnis properti merupakan salah satu jenis bisnis yang masih sangat menjanjikan. Sebab, dalam tahun ke tahun pertumbuhan pembangunan di Indonesia khususnya semakin berkembang pesat. Hal ini berhubungan dengan terus berkembangnya proyek industri di Indonesia. Banyaknya permintaan akan properti ternyata menjadi peluang bisnis tersendiri. Bahkan peluang ini pun berdampak positif bagi para agen properti.

Peluang bisnis menjadi agen properti pun sangat menjanjikan. Bahkan, untuk menekuni bisnis properti ini anda tidak haru memiliki modal yang besar. Bahkan, tanpa modal pun anda masih bisa menjalankan bisnis ini. Berikut adalah strategi memulai bisnis agen properti yang menguntungkan.

peluang bisnis properti

1. Kuasai Ilmu Broker

Menjadi agen bisnis properti tidaklah berbeda dengan seorang broker. Sederhananya, agen properti adalah perantara yang menghubungkan antara pemilik properti sebenarnya dengan orang yang ingin membeli properti.

Namun, untuk menguasai ilmu broker anda tidak perlu kuliah terlebih dahulu. Saat ini di internet telah banyak informasi tentang strategi sukses menjadi broker. Intinya, bisnis agen properti ini akan menguntungkan apabila banyak terjadi deal pembelian properti melalui anda. Nah, selisih antara harga penjual properti dan harga yang anda jual inilah yang akan menjadi pendapatkan bisnis anda ini.

2. Memperluas Jaringan atau Relasi

Sebagai seorang agen properti harus memiliki jaringan yang luas. Jaringan atau relasi ini meliputi orang yang akan menjual propertinya, misal: tanah, ruko, gedung, apartemen, dan lain sebagainya. Selain itu, relasi juga berarti mereka yang sedang mencari properti atau mereka yang ingin membeli tanah, apartemen, dan lain-lain.

Advertisement

Bisnis properti sangat tepat bagi mereka yang senang bergaul dan pandai dalam bersosialisasi dengan orang ramai. Bisnis ini dapat anda lakukan bahkan tanpa modal apabila anda memiliki jaringan pertemanan yang luas dan kepercayaan yang tinggi. Semakin banyak teman yang anda kenal maka semakin mudah pekerjaan ini anda lakukan.

Sebagai penghubung antara penjual dan pembeli properti, anda juga harus memiliki kecerdasan dalam mengolah bahasa. Bahasa yang meyakinkan adalah cermin kepribadian. Maka selain anda harus dikenal orang yang akan anda tawari sebisa mungkin anda tidak menutup-nutupi profil anda. Sebab, bisnis properti adalah bisnis yang pasti (real) dan bisnis ini harus dilakukan dengan cara face to face.

3. Membuat Merek Usaha Agen Properti

Untuk meyakinkan calon penjual dan pembeli properti, sebagai agen tentu memerlukan merek usaha. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan calon klien. Apalagi saat ini banyak sekali model bisnis yang bermodus penipuan, tentu hal ini akan menjadi penilaian tersendiri bagi calon penjual dan pembeli.

Merek usaha agen properti sebisa mungkin menggambarkan bidang usaha yang akan ditekuni. Misalnya, khusus agen properti dalam jenis tanah, atau gedung dan bangunan. Semakin fokus anda mengembangkan bisnis dalam satu bidang maka klien akan lebih mudah percaya kepada anda.

Bisnis agen properti tentu akan lebih menguntungkan apabila selalu dikembangkan menjadi merek dagang khusus. Selain akan menambah kepercayaan klien, dengan adanya merek dagang ini pun akan lebih mendatangkan penjual dan pembeli. Dengan mengembangkannya menjadi CV atau PT maka anda tidak perlu lagi susah payah mengejar-ngejar klien. Tapi justru klien yang akan membutuhkan jasa agen properti yang anda kelola.

Untuk membangun usaha resmi ini pun membutuhkan yang namanya promosi. Bagaimana pun juga promosi merupakan jantung dari suatu usaha. Tujuannya adalah agar usaha anda tersebut dikenal oleh banyak orang. Sehingga semakin banyak yang tahu maka akan semakin banyak pula yang tertarik dengan agen properti tersebut.