Memulai Investasi Bitcoin, Persiapkan 2 Hal Berikut !


Jika Anda sudah siap untuk membeli Bitcoin, panduan ini akan membantu Anda untuk memulai investasi Bitcoin dengan 2 langkah mudah, 2 hal yang Anda butuhkan untuk mulai berinvestasi di Bitcoin adalah :

  • Pertukaran atau situs web untuk membeli Bitcoin
  • Dompet tempat Anda dapat menyimpan Bitcoin

Keduanya harus dimiliki untuk memulai investasi dalam pasar Bitcoin.

Bagi anda yang belum mengenal bitcoin, berikut artikel mengenai  Mengenal Apa Itu Bitcoin dan Cara Kerjanya

Apa yang Anda perlukan untuk mulai berinvestasi di Bitcoin?

Memulai Investasi Bitcoin

  1. Pertukaran

Jika Anda tinggal di negara yang sudah memiliki pertukaran Bitcoin resmi, Anda tidak perlu khawatir tentang pembelian atau penjualan Bitcoin. Anda dapat dengan cepat mendaftar di bursa tersebut dan mentransfer uang dari rekening bank untuk membeli Bitcoin.

Beruntungnya, di Indonesia sudah ada beberapa exchanger Bitcoin resmi seperti Indodax, Triv dan lain-lain yang bisa kita manfaatkan sebagai tempat jual atau beli Bitcoin.

Namun, masalahnya adalah untuk orang-orang yang tinggal di negara-negara di mana tidak ada pertukaran Bitcoin, pembelian akan sangat sulit dilakukan.

Hal ini membuat sangat sulit bagi pengguna untuk mendapatkan Bitcoin pada saat harga sudah melonjak dengan sangat cepat.

Jika Anda berada di negara yang tidak memungkinkan membeli Bitcoin secara langsung, Anda dapat menggunakan situs internasional ini di mana mereka menerima kartu kredit dan debit, serta beberapa mata uang digital seperti Paypal, Payza, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa situs yang memungkinkan membeli Bitcoin menggunakan berbagai metode pembayaran : io, Changelly, CoinMama

  1. Menjaga dan Menyimpan Bitcoin Anda Dalam Dompet Yang Aman

Untuk menyimpan Bitcoin, Anda perlu dompet. Jika Anda mencarinya secara online untuk dompet Bitcoin, Anda akan mendapatkan banyak pilihan. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati memilih yang tepat.

Dengan banyaknya dompet yang menjadi ajang penipuan, kewaspadaan harus diprioritaskan karena ini menyangkut dana yang di investasikan.

Kesalahan besar lainnya yang dialami pengguna adalah dengan menyimpan dana dalam dompet pertukaran. Sebagian besar bursa seperti Localbitcoins, CEX, CoinBase, Koinex, ZebPay dan banyak lainnya menawarkan dompet Bitcoin in-built dan memungkinkan Anda menyimpan Bitcoin di dompet mereka.

Masalah dengan menahan Bitcoin di bursa adalah Anda tidak memiliki Bitcoin. Karena sangat sedikit negara di dunia yang bekerja pada pengaturan Bitcoin dan uang kripto secara umum, pertukaran ini dapat ditutup sewaktu-waktu.

Insiden semacam ini terjadi di China pada bulan September 2017. Pertukaran juga berisiko diretas dan Anda mungkin kehilangan Bitcoin jika Anda menyimpannya di bursa.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Bitcoin tidak seperti mata uang biasa yang Anda simpan di bank. Anda bertanggung jawab atas keamanan Bitcoin dan itu sebabnya Anda menyimpannya dalam dompet yang anda kontrol 100%. Ini dilakukan dengan memiliki kepemilikan Seed atau kunci pribadi.

Untuk menyederhanakan pemahaman tentang keamanan dompet Bitcoin, Anda hanya perlu menggunakan dompet yang dikenal baik yang memungkinkan penyimpanan Seed dengan tingkat maksimum. Seed adalah kata sandi untuk Bitcoin dimana jika Anda kehilangan ponsel atau dompet perangkat keras, Anda dapat memulihkan Bitcoin menggunakannya.

Ada berbagai jenis dompet untuk Bitcoin yaitu :

  • Dompet seluler yang hadir dengan aplikasi seluler dan tersedia untuk iOS dan Android.
  • Dompet desktop yang hadir sebagai perangkat lunak
  • Dompet web yang hadir sebagai situs web
  • Dompet perangkat keras yang merupakan cara paling aman
  • Dompet kertas adalah metode lain yang paling aman tetapi pengaturannya tidak mudah.