Memiliki Kebiasaan Pelupa ? Berikut Tips Mengatasinya

Memiliki kebiasaan pelupa tentu menjadi sesuatu hal yang merugikan bagi siapa saja, apalagi bagi anda yang masih dalam usia muda. Di usia ini tentunya aktifitas masih sangat tinggi dilakukan, dari mulai mengenyam jenjang pendidikan, meniti karir, hingga menjalankan bisnis.

Lemahnya daya ingat yang di sebut dengan pelupa ini salah satu penyebabnya karena banyaknya beban yang harus dipikirkan oleh otak kita. Meski pada umumnya seringkali dialami orang berusia lanjut, namun karena padatnya kegiatan yang dilakukan tidak sedikit mereka yang berusia belia juga bisa mengalaminya.

Tidak ingin hal tersebut terus menerus dialami, berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

Kebiasaan Pelupa ? Berikut Tips Mengatasinya

Pastikan Mendapat Waktu Tidur Yang Cukup

Tidur bisa menjadi sebagian cara untuk mengatasi pelupa karena disaat tersebut, otak dapat beristirahat secara total. Namun perlu adanya keseimbangan juga, pasalnya otak yang terlalu banyak di istirahatkan juga dapat membuat kerja menjadi menurun.

Para ahli banyak yang menyarankan waktu tidur minimal dalam satu hari adalah sekitar 6 sampai 8 jam. Maka meski bagaimana pun padatnya kegiatan anda, utamanya di malam hari, sempatkan untuk tidur secukupnya agar di esok hari pikiran kembali segar.

Biasakan Berolah Raga Dengan Teratur

Aktifitas berolah raga tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi tubuh menjadi bugar, namun terkait dengan kemampuan daya ingat, aktifitas ini juga dapat melatih otak agar bekerja maksimal.

Dengan berolah raga sistim peredaran darah dalam tubuh kita dapat beredar dengan lancar, termasuk diantaranya menyuplai oksigen kedalam otak. Hasil yang didapat adalah daya ingat akan meningkat jauh lebih tinggi.

Tidak perlu olah raga yang terlalu rumit, dengan belari saja beberapa menit perhari secara kontinyu, maka manfaatnya sudah dapat dirasakan.

Baca juga manfaat olahraga yang membantu capai kesuksesan

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Tidak kalah penting, nutrisi makanan yang kita konsumsi dapat mendukung daya kerja otak sehingga menjauhkan dari kebiasaan pelupa. Oleh sebab itu pola makan perlu dijaga dengan baik serta biasakan mengkonsumsi makanan seperti kuning telur, ikan-ikanan, kacang-kacangan, hingga sayuran seperti kembang kol, brokoli dan lain sebagainya.

Beberapa contoh makanan di atas menurut beberapa sumber dapat membantu meningkatkan daya ingat dan menghidarkan dari kepikunan di usia muda.

Jadi Pribadi Yang Bersosial

Bersosialisasi ternyata juga secara tidak langsung dapat melatih daya ingat menjadi semakin terasah. Saat bersosial atau banyak berhubungan dengan orang lain, otak akan terlatih mengingat berbagai kejadian. Sehingga selain menyenangkan, bisa mendapatkan ide baru, kegiatan ini juga dapat menjauhkan kita dari penyakit pelupa.

Memainkan Permainan Pengasah Otak

Tentunya juga perlu dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan. Bemain permainan atau bahkan game pada gadget yang bersifat mengasah otak sesekali dapat di lakukan untuk melatih daya ingat semakin panjang. Jika tersedia waktu luang, bermain game ini juga dapat menghibur dan melepaskan kepenatan selama menjalankan aktifitas yang padat.

Baca juga tips menghilangkan stress dalam berbisnis

Beberapa tips sederhana di atas untuk mengatasi masalah pelupa semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.