Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Pemlihan lokasi usaha menjadi sangat penting untuk kelangsungan bisnis anda, memilih lokasi usaha yang kurang tepat akan mengakibatkan penjualan produk anda tidak akan maksimal. Maka dari itu sebelum anda menentukan lokasi usaha hendaknya mencari info sebanyak-banyaknya di lingkungan sekitar lokasi usaha yang anda target. Begitu pentingnya pemilihan lokasi usaha ini karena akan berdampak jangka panjang kepada usaha anda, agar tidak salah salam memilih lokasi, Berikut kami bahas mengenai lokasi yang strategis untuk digunakan usaha.

lokasi usaha

  •  Lokasi di sentra usaha

Sentra usaha adalah tempat berkumpulnya suatu usaha dalam satu wilayah, contohnya seperti food court, Bursa handphone, Pasar Tradisonal, Trade mall dan lain-lain. Mengapa tempat ini menjadi pilihan strategis ? konsumen dalam berbelanja cenderung memilih tempat yang banyak pilihan produknya, sentra-sentra usaha akan menjadi pilihan mereka karena disana konsumen di suguhkan banyak sekali produk tidak hanya dari satu toko, mereka bisa memilih dari satu toko ke toko yang lain. Maka dari itu sentra usaha akan didatangi berbondong-bodong konsumen yang mencari berbagai macam keperluan. Akan lebih baik lagi jika sentra usaha itu menjual jenis barang yang sama, contohnya seperti bursa handphone, semua pedagang handphone banyak terdapat disana, sehingga konsumen yang datang lebih tertarget, yang datang ke bursa handphone berarti mereka sedang mencari handphone atau aksesoris gadget lainnya.

Advertisement
  • Lokasi dekat dengan target pasar

Artinya, wilayah usaha yang sesuai dengan target pasar produk anda. Contohnya daerah kampus misalnya, maka akan strategis jika anda menjual berbagai keperluan mahasisiwa, seperti toko buku, foto copy, warnet dan lain-lain, atau misalkan anda mau menyediakan keperluan yang menunjang mahasiswa daerah itu seperti, cafe, rumah makan, laundry dan lain-lain. Anda harus memperhatikan dengan seksama apa saja yang di perlukan di suatu wilayah yang anda targetkan.

  • Lokasi di pemukiman padat

Salah satu lokasi yang strategis di jadikan tempat usaha adalah daerah padat penduduk, wilayah yang di kelilingi pemukiman sangat sesuai untuk berbagai macam usaha, terutama keperluan sehari-hari. Lokasi seperti ini akan banyak di bidik para pengusaha sehingga harga property di wiayah seperti ini biasa nya tinggi, begitu pun harga sewa tempat usahanya. Jenis usaha yang paling cocok untuk wlayah ini adalah toko grosir, mini market, rumah makan, cafe, depot isi ulang dan lain-lain.