Memilih Jenis Investasi Yang Menguntungkan

memilih jenis investasi yang menguntungkanJenis investasi yang menguntungkan mutlak diketahui oleh semua orang yang ingin sukses. Sebab, dewasa ini banyak sekali model investasi yang sedang berkembang. Mulai dari investasi yang berbentuk fisik maupun investasi yang berbentuk non fisik. Di samping itu, banyak pula investasi yang bersifat penipuan yang memanfaatkan kedua jenis investasi tersebut.

Untuk itu, bagi anda yang ingin serius berinvestasi maka anda perlu mengetahui jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda. Dan berikut adalah beberapa model investasi yang menguntungkan.

1. Prospek Menguntungkan dengan Investasi Emas.

Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai tetap. Sejak zaman dahulu, emas selalu menjadi jenis investasi yang paling diminati oleh masyarakat. Bahkan, pada awal-awal peradaban pun emas telah menjadi alat pilihan dalam tukar-menukar barang.

Rahasia yang terkandung dalam emas adalah anti terhadap inflasi. Hal ini tentu berbeda dengan uang dolar atau rupiah yang selalu terkena dampak terjadinya inflasi. Sebab dolar dan rupiah terbuat dari kertas, sedangkan emas terbuat dari emas itu sendiri. Meskipun bentuknya adalah emas batangan, emas perhiasan, dan lain sebagainya, nilai yang terkandung tidak akan pernah hilang.

Contohnya, pada zaman Nabi Muhammad SAW harga satu kambing adalah 1 dinar (1 dinar = 4,25 gram, 22 karat). Apabila dirupiahkan maka akan mendapatkan jumlah kurang lebih 2 juta. Pada saat ini, harga kambing pun tetap 2 juta satu ekornya. Sederhananya, nilai emas pada zaman nabi dengan harga emas saat ini memiliki nilai tukar yang sama. Hal inilah yang menyebabkan emas merupakan jenis investasi yang paling aman dan menguntungkan.

Advertisement

Untuk saat ini pun anda tidak akan kesulitan untuk beralih ke investasi emas. Anda bisa membelinya di toko-toko perhiasan apabila anda menghendaki emas dalam bentuk perhiasan. Namun, apabila anda ingin emas batangan maka bisa anda dapatkan dengan mudah melalui kantor pegadaian terdekat.

Baca juga artikel : Cara Sukses Berinvestasi Emas Batangan

2. Untung Besar dengan Investasi Tanah.

Tanah adalah jenis investasi yang sangat menjanjikan. Sebab, ketika kita membeli tanah berarti secara tidak langsung kita telah membeli tanah, air, udara, batu, pohon, bahkan langitnya sekaligus dalam satu petak tersebut. Cara berpikir seperti inilah yang belum banyak diketahui oleh orang. Sehingga, banyak orang masih memandang investasi dengan sebelah mata.

Jenis investasi tanah memang membutuhkan modal yang cukup besar. Berbeda dengan emas yang hanya dengan uang 500 ribu pun sudah bisa berinvestasi. Namun, dalam berinvestasi tanah memerlukan kejelian serta kecermatan dan ekstra dalam melihat peluang. Mulai dari jenis tanah, lokasi tanah, luas tanah, bahkan kondisi tanah sekalipun.

Berbicara tentang investasi tanah berarti bicara tentang model investasi jangka panjang. Pasalnya, nilai jual tanah baru akan sangat berlipat dan menguntungkan apabila dijual dalam tahun-tahun selanjutnya. Untuk itu, perlu dana yang benar-benar tidak digunakan dalam jangka waktu dekat.

Ada tips khusus bagi anda yang ingin berinvestasi tanah. Sebisa mungkin anda membeli tanah yang terletak di pedesaan. Sebab, harga tanah di desa hingga saat ini masih tergolong murah per meternya. Hal ini berbeda jauh dengan harga tanah di kota yang bisa 10 kali lihat harga di desa.

Nah, strategi sederhananya yaitu anda bisa membeli tanah dan menjualnya pada tahun depan. Selain itu, sebisa mungkin anda menjualnya langsung kepada pembeli tanpa perantara. Ini akan lebih menguntungkan diri anda.. Terlebih lagi apabila anda mampu membaca prospek daerah dimana tanah anda berada. Harga tanah anda akan laku dengan harga yang berlipat apabila di lokasi tanah tersebut akan dibangun pabrik atau proyek besar pembangunan.

Dengan demikian, keahlian yang perlu anda kuasai sebelum berinvestasi tanah adalah keahlian dalam memilih lokasi tanah, serta prospek wilayah letak tanah tersebut. Jika hal itu anda kuasai maka anda telah memilih jenis investasi yang tepat.