Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih asuransi pendidikan anak ? Tunggu dulu, apa sebaiknya anda tidak menabung atau investasi saja, kan tidak ada resikonya. Pernah suatu ketika kakak saya ikut asuransi pendidikan malah rugi. Preminya sebagian hangus waktu diambil…seterusnya dan seterusnya. Intinya rugi !

Sebagian orang masih menganggap bahwa asuransi pendidikan itu seperti contoh yang kami ilustrasikan di atas. Kalau kami boleh berpendapat, bahwa ilustrasi tersebut ada benarnya juga. Bahkan bukan hanya sebagian uang yang bisa hilang, kalau tidak mengerti cara kerjanya bisa tak tersisa apalagi kondisi finansial kurang mendukung.

Lantas kenapa asuransi pendidikan masih saja diburu dan mendapat perhatian banyak orang ? Tidak lain karena program dana pendidikan menjadi prioritas. Dengan target dan kebutuhan tertentu asuransi pendidikan masih sangat diminati dan layak dipertimbangkan.

Apa yang Membuat Asuransi Pendidikan Itu Berbeda ?

Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Ternyata masih banyak orang yang tidak cermat dalam memahami perbedaan antara asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan, sehingga mereka tersesat dengan pemahamanya sendiri. Kemudian yang sangat disayangkan adalah minimnya penjelasan yang diberikan oleh perusahaan asuransi atau agen asuransi tentang rincian manfaat dan resiko produk-produk tersebut sehingga terjadi banyak salah pemahaman. Berikut ini adalah karakter utama asuransi pendidikan:

  • Asuransi pendidikan memiliki sejumlah ciri yang membedakannya dengan tabungan pendidikan biasa yang kerap disebut sebagai tabungan pendidikan berjangka, tabungan investasi ataupun tabungan rencana. Setiap bank memiliki istilah yang berbeda-beda untuk tabungan pendidikan, jadi anda tidak perlu bingung.
  • Untuk lebih mudah membedakan antara asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan bisa dikenali dengan karakternya. Tabungan pendidikan lebih mengutamakan tujuan pengumpulan dana untuk jangka waktu tertentu, sedangkan asuransi pendidikan lebih menonjolkan fitur proteksi sebagai wujud dari kesiapan dana pendidikan atas peristiwa yang tidak diduga. Dilihat dari cara kerjanya, tabungan pendidikan biasa hanya memberikan prosentase bunga dengan mekanisme simpanan rutin setiap bulan.
  • Asuransi pendidikan memiliki skema yang agak berbeda, yaitu kebanyakan dana yang disetorkan akan diputar dalam berbagai macam instrumen investasi. Inilah sebenarnya kunci dari produk asuransi pendidikan yang beredar selama ini. Oleh karena itu kenapa kita sering menemui asuransi pendidikan bentuknya adalah unit link atau dwiguna (endowment).
  • Dari segi pengelolanya, asuransi pendidikan di sediakan oleh perusahaan sedangkan tabungan pendidikan adalah produk bank. Meskipun ada bank yang menawarkan asuransi pendidikan, itu artinya bank tersebut hanya sebagai penyalur atau partner perusahaan asuransi saja bukan pihak pengelola sebenarnya.

Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Mudah Dilakukan Jika Anda Mengerti Proyeksinya

Memahami karakter asuransi pendidikan yang telah dijelaskan di atas, memudahkan kita untuk mengambil keputusan tentang proyeksi dan menentukan produk mana yang paling tepat dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa proyeksi yang dijadikan alasan kebanyakan orang dalam membeli polis asuransi sebagai talangan dana pendidikan:

  1. Proyeksi asuransi pendidikan bukan untuk menabung. Jika anda ingin hanya sekedar mengumpulkan uang, maka asuransi pendidikan kurang cocok.
  2. Produk asuransi pendidikan yang umum beredar adalah asuransi berbalut investasi (unit linked)
  3. Karena sifatnya investasi menggunakan berbagai macam instrumen seperti saham, reksadana maka asuransi pendidikan memiliki resiko-resiko investasi.
  4. Melihat berbagai macam resiko investasi maka tujuannya kebanyakan digunakan untuk talangan dana pendidikan jangka panjang.
  5. Mengambil manfaat nilai tunai serta proteksi dari investasi
  6. Bukan hanya sekedar mengharapkan bunga akan tetapi return investasi yang bisa sangat tinggi dalam jangka waktu panjang.

Baca juga 6 Ciri-Ciri Perusahaan Asuransi yang Tidak Profesional

Pilihan Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Tahun 2017

Dilihat dari kebutuhan dan proyeksinya, maka ketiga jenis asuransi berikut ini dapat dijadikan alternatif asuransi pendidikan anak terbaik. Ingat bahwa dari masing-masing jenis asuransi atau investasi yang disajikan berikut ini hanyalah gambaran umum saja. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai apa saja jenisnya, manfaat serta resikonya, anda harus mempelajari satu-persatu lebih dalam lagi.

Advertisement

Tips Asuransi Pendidikan Berbasis Investasi

Mendaftarkan anak ikut asuransi pendidikan berbasis investasi akan lebih ringan dengan potensi return investasi yang lebih menguntungkan jika dilakukan sejak dini. Sebagai contoh anda bisa memproyeksikan biaya pendidikan kuliah mereka sejak dini meskipun anak anda belum sekolah.

Asuransi Unit Link Syariah atau Konvensional

Jika dana pendidikan tersebut benar-benar diproyeksikan untuk jangka panjang, katakanlah 10 tahun lagi, maka banyak orang menjatuhkan pilihan di Unit Link baik yang konvensional maupun syariah.

Ada beberapa paket Unit Link yang bisa dipilih berdasarkan cara pembayaran premi, tingkat resikonya maupun tingkat return yang diharapkan. Yang menjadikan Unit Link sangat rawan adalah ketika harapan atau kebutuhan tidak sesuai dengan profil resiko. Misalnya anda mengambil di unit saham yang nilai returnya paling tinggi, namun anda salah menentukan jangka waktunya, itu bisa berakibat uang terkuras habis karena fluktuasi harga saham yang tidak menentu.

Cara memilih Unit Link sesuai dengan kebutuhan adalah memperhatikan penempatan dana apakah itu di Unit Link Saham, Unit Link Campuran, Unit Link Pasar Uang, atau Unit Link Pendapatan Tetap. Jika sudah menemukan yang paling sesuai maka, anda tinggal memilih frekuensi pembayaran premi apakah dibayar tunai langsung di muka atau secara berkala.

Sekitar 10 tahun yang lalu Unit Link masih dikenal kurang profitable karena biaya dan returnya yang kurang menjanjikan. Setelah berjalannya waktu, Unit Link kembali digemari karena faktor suku bunga bank yang semakin membaik. Terlebih lagi banyak perusahaan asuransi yang telah merekonstruksi sistem mereka dengan mengenakan biaya akuisisi yang lebih ringan.

Baru-baru ini Majalah SWA melalui Biro Riset Infobank kembali merilis daftar 19 Unit Link dengan return terbaik (Majalah Swa February 26, 2016). Itu artinya Unit Link masih bisa diandalkan sebagai persiapan dana pendidikan.

Baca juga Mengenal Asuransi Syariah Dan Perbedaanya Dengan Asuransi Konvensional

Produk Asuransi Dwiguna (Endowment)

Manfaat uang tunai serta aspek proteksi yang diberikan oleh asuransi dwiguna bisa menjadi pilihan tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan. Sebenarnya, jenis asuransi ini lebih umum digunakan orang sebagai asuransi pendidikan dibanding dengan jenis asuransi lainnya. Namun demikian, orang sering tidak mengetahuinya karena namanya yang berbeda.

Sebenarnya sangat mudah mengenali ciri-ciri asuransi dwiguna yaitu asuransi yang memberikan uang pertanggungan (UP) dan nilai tunai. Asuransi dwiguna sifatnya jangka panjang jadi sangat tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan sejak dini.

Karena sifatnya jangka panjang ada resiko yang harus dipertimbangkan yaitu laju inflasi yang bisa mengurangi nilai premi yang kita bayarkan dari tahun ke tahun. Untuk menyiasati hal ini setidaknya anda bisa membuat patokan laju inflasi per-tahun. Katakanlah 10% – 15%. Dengan demikian, uang premi yang anda kumpulkan nantinya bisa mencukupi untuk biaya pendidikan baik dengan uang pertanggungan (ketika terjadi musibah dan ada klaim) atau nilai tunai (ketika tidak ada klaim).

Kombinasi antara Asuransi Jiwa Term Life dan Investasi Reksadana

Merupakan pilih terbaik bagi anda yang ingin fokus investasi dan asuransi. Sebagai perbandingan yang agak mirip adalah Unit Link, namun tentu saja resiko dan keuntungannya berbeda. Dengan memilih reksadana untuk investasi anda juga mempercayakan uang kepada perusahaan manajer investasi untuk menyalurkan dana tersebut ke dalam pos-pos investasi yang anda pilih. Biayanya lebih ringan dibandingkan dengan Unit Link, karena di Unit Link anda harus membayar dobel yaitu manajer investasi dan perusahaan asuransi. Reksadana memiliki profil resiko yang hampir sama dengan Unit Link.

Sembari mempersiapkan dana pendidikan dari investasi reksadana, anda bisa membeli polis asuransi jiwa term life untuk mengambil manfaat dari sisi proteksinya untuk berjaga-jaga ketika ada peristiwa yang mengakibatkan kematian sehingga anda tidak lagi bisa membiayai pendidikan anak. Asuransi jiwa term life sangat murah dengan uang pertanggungan yang sangat tinggi. Jika suatu saat terjadi klaim maka anak anda akan mendapatkan biaya pendidikan double dari reksadana dan asuransi jiwa term life.

Baca juga Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat Berdasarkan Kebutuhan

Meskipun demikian di jaman sekarang sudah sangat sulit mencari asuransi jiwa term life. Contoh perusahaan yang masih menawarkan asuransi jenis ini adalah Sun Life. Demikian penjelasan kami tentang cara memilih asuransi pendidikan anak terbaik sesuai dengan kebutuhan. Semoga bisa dijadikan bahan untuk melakukan pertimbangan dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat.