Memilih Asuransi Mobil Untuk Rental Wajib Pertimbangkan Hal Ini

Memiliki kendaraan beroda empat wajib diasuransikan apalagi jika mobil tersebut ditujukan untuk kebutuhan komersil atau rental. Memiliki proteksi kendaraan menghindarkan kita dari resiko-resiko yang banyak terjadi di jalan yang bisa saja terjadi tiba-tiba. Tanpa asuransi efeknya bisa panjang dan sangat mengganggu stabilitas keuangan.

Pertimbangan lebih matang perlu dilakukan jika kita ingin membeli polis asuransi mobil rental karena kendaraan tersebut tidak kita pakai sendiri akan tetapi digunakan oleh banyak orang. Salah satu resiko yang patut diwaspadai adalah gonta-ganti pengemudi apalagi kalau mobil tersebut disewakan secara lepas (tidak dengan sopir bawaan). Setiap pengemudi memiliki karakter dan cara mengemudinya sendiri dan resikonya bisa bermacam-macam, mulai dari kelalaian pengemudi, kerusakan mesin, kecelakaan, hingga kasus pencurian.

Mengingat urgensinya asuransi mobil rental, maka dalam memilih produk asuransi perlu mempertimbangkan banyak hal seperti jenisnya yang tepat hingga fasilitas asuransi yang ditawarkan. Pertama, pertimbangan jenis asuransi harus tepat sesuai dengan mobil yang disewakan dan tingkat proteksi yang diperlukan dilihat dari berbagai faktor termasuk daerah operasi penyewaan. Kedua, mengenai fasilitas yang diberikan apakah sudah mencukupi seperti jaringan bengkel dan fasilitas lainnya.

Bagi anda yang tidak ingin keliru memilih asuransi mobil rental atau yang sedang membangun usaha di bidang ini tapi masih bingung cara mengasuransikan mobilnya, maka silahkan simak tips yang kami berikan berikut ini.

Asuransi Mobil Rental

Ada 3 Jenis Asuransi Mobil, Pilih Sesuai Kebutuhan

Selain Total Lost Only (TLO) dan All Risk ternyata ada satu lagi alternatif asuransi mobil rental yang bisa dipilih, yaitu kombinasi antara keduanya. Klasifikasi tersebut dibuat berdasarkan tingkat kebutuhan proteksi yang diharapkan, yang tentu saja akan membawa konsekuensi yang berbeda baik dari sisi besaran premi maupun layanan yang diberikan. Trik inilah yang jarang diketahui oleh orang.

TLO (Total Lost Only)

Dilihat dari tingkat proteksinya TLO tidak menjamin seluruh resiko yang sering terjadi pada kendaraan. Asuransi ini pada umumnya hanya menjamin pada kerusakan parah lebih dari 75%, kehilangan dan kebakaran.  Kerusakan kecil seperti baret dan penyok tidak dijamin.

Mungkin sebagian orang berfikir bahwa TLO itu kurang lengkap atau nanggung. Tapi tunggu dulu, premi yang ditawarkan oleh TLO jauh lebih ringan. Oleh karena itu menentukan prioritas dan memiliki langkah antisipasi lain juga masih dimungkinkan selain asuransi, yaitu membangun sistem kerja yang disiplin serta pendidikan kepada karyawan yang lebih baik. Dengan demikian kemungkinan kerusakan akibat kelalaian bisa ditekan. Jika kondisi itu mungkin anda wujudkan, maka asuransi TLO menjadi pilihan yang tepat.

All Risk

Sesuai dengan namanya, asuransi ini mengcover segala jenis kerusakan umum yang biasa terjadi pada kendaraan baik sifatnya yang minor atau menyeluruh. Apalagi dengan membeli perluasan proteksi, maka sangat dimungkinkan proteksi yang didapatkan bisa benar-benar komplit. Sebagai konsekuensinya adalah premi yang mahal.

Selain tingkat proteksi, yang menjadikan asuransi mobil rental all risk lebih mahal adalah kemungkinan adanya klaim lebih dari satu kali. Semakin banyak klaim maka biaya asuransi juga akan membengkak yang tentu saja itu akan dibebankan kepada nasabah.

Biasanya para perusahaan rental mobil akan memilih ini ketika mereka mengasuransikan mobil rental baru. Alasannya adalah karena rate asuransi mobil baru lebih murah dibandingkan dengan mobil bekas. Satu lagi yang menjadi pertimbangan asuransi all risk adalah lingkungan operasional kerja yang rawan. Seperti rawan bencana, rawan terorisme, banjir dan lain sebagainya.

Kombinasi TLO dan All Risk

Jika dalam usaha anda memakai mobil baru dan mobil bekas, maka dapat mengkombinasikan antara keduanya. Yaitu TLO untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 5 tahun dan All Risk untuk mobil yang masih baru. Dengan mengambil strategi tersebut, maka penggunaan asuransi bisa lebih tepat sasaran serta untuk menghemat biaya premi.

Baca juga :

Perhatikan Rujukan Perusahaan Asuransi dan Berbagai Layanan yang Diberikan

Setelah anda menentukan jenis asuransi mobil rental, maka jangan terburu-buru untuk memilih perusahaan A atau B. Tentu saja pada saat itu anda akan banyak mendapatkan penawaran atau iming-iming dari agen asuransi. Anda perlu mempelajari fitur-fitur serta layanan yang diberikan. Seperti halnya kesehatan manusia, untuk mobil juga perlu prioritas rujukan. Plihlah perusahaan yang memiliki rujukan paling lengkap serta layanan yang terbaik.

Rujukan paling utama yang perlu dipertimbangkan adalah layanan mobil derek dan jaringan bengkel. Demi kenyamanan maka pilihlah perusahaan yang memiliki jaringan service yang luas, dan rekanan mobil derek dengan layanan 24 jam. Ingat, bahwa mendatangkan mobil derek akan lebih murah jika melalui asuransi.

Terakhir adalah fasilitas mobil pengganti. Meskipun ini tidak menjadi prioritas, akan tetapi ketika perusahaan asuransi anda memiliki fasilitas tersebut, maka usaha anda tidak akan terganggu sama sekali meskipun ada mobil rental yang rusak dan perlu perbaikan dalam waktu yang lama.