Memetik Pelajaran Berbisnis Dari Chairul Tanjung

Siapa tidak mengenal Chairul Tanjung ? Dalam dunia bisnis kiprahnya cukup banyak di puji karena mampu membangun bisnisnya dari nol hingga sukses menyandang gelar salah satu konglomerat tersukses di Indonesia. Bahkan tidak hanya di Indonesia, namanya juga di sebut-sebut masuk kedalam kategori orang terkaya di seluruh dunia.

CT sapaan akrabnya dilahirkan di kota Jakarta bertepatan dengan tanggal 16 juni 1962. Orang tua ct bernama A.Gram Tanjung yang berasal dari Batak lalu ibunya bernama Halimah yang merupakan keturunan asli sunda tepatnya dari kota Sukabumi.

Awal mulanya keluarga Chairul Tanjung adalah termasuk kedalam keluarga yang memiliki taraf perekonomian berkecukupan, bapaknya merupakan seorang wartawan di jaman presiden soekarno, pernah menerbitkan sebuah majalah lokal, tetapi kemudia saat masa selanjutnya tulisan ayah chairul tanjung tidak diperbolehkan lagi beredar oleh pemerintahan.

Dari situlah taraf perekonomian keluarganya menjadi jauh berbeda. Rumah yang cukup luas yang dihuni keluarganya dijual untuk membayar hutang dan memenuhi kebutuhan. Hingga ahirnya CT dan keluarga harus rela tinggal di kamar losmen yang sempit.

Namun karena kegigihannya kini CT mampu membalikan keaadan menjadi salah satu pengusaha yang sukses. Diantara pencapaiannya yang paling di kenal beliau berhasil membangun perusahaan yang di namai dengan Para Group yang bergerak di bidang keuangan, properti dan multimedia.

Pelajaran Berbisnis Dari Chairul Tanjung

Diantaranya asuransi jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Mega Syariah, dan Mega Finance.

Di bidang properti ada Bandung Propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, dan Mega Indah Propertindo. Para group juga membangun mal pada tahun 1999 dengan luas hingga 3 hektar dan di namakan Bandung Supermall yang menghabiskan dana hingga 99 miliyar rupiah.

Pada tahun 2010 Para Group melalui anak perusahaannya Trans Corp juga membeli sebagian besar saham carefour indonesia.

Di bidang multimedia, Para Group memiliki stasiun televisi Trans tv, Trans7, mahagagaya perdana, trans mode, trans lifestyle, dan trans studio.

Advertisement

Pada 1 desember 2011 Chairul Tanjung merubah Para Group menjadi CT Corp. Hingga sekarang seluruh perusahaannya terus berkembang dan memberikan keuntungan yang besar.

Baca juga sekolah bisnis terbaik di indonesia

Pelajaran Berisnis Yang Bisa Kita Petik

Cairul Tanjung menjelaskan dalam membangun bisnis menciptakan jaringan merupakan hal yang paling penting. Dibutuhkan kedekatan bukan hanya kepada perusahaan yang sudah ternama, namun juga kepada yang belum terkenal sekalipun.

Menurutnya, kerja sama yang baik akan menolong proses berkembangnya bisnis yang dikerjakan, saat bisnis pada kondisi tidak bagus maka jaringan akan dapat diandalkan.

Dalam bisnis CT juga memberikan saran agar para generasi muda sudah sepatutnya harus sabar dan lakoni bidang bisnis satu persatu. Menurutnya membangun sebuah bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sebuah kesabaran juga mental yang tak pernah menyerah. Jangan sampai terjerumus mengambil jalur yang instan, karena dalam dunia usaha kesabaran juga merupakan satu di antara kunci utama dalam mencuri hati pasar.

Seorang pengusaha juga dituntut untuk dapat kerja dengan pintar. Karena saat kita terjun menjadi seorang pebisnis, maka kita juga wajib dapat membuat perencanaan yang baik, mengambil keputusan yang tepat, dan menanggulangi semua hambatan usaha dengan langkah yang pintar.

Contoh nyata dapat kita lihat dari keberhasilan chairul tanjung yang menciptakan ide-ide baru yang fresh dan mewujudkannya menjadi kenyataan.

Kunci sukses yang terakhir menurut beliau adalah kerja dengan ikhlas. Setelah seluruhnya kita kerjakan dengan maksimal, maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menyerahkan seluruh hasilnya kepada yang maha kuasa.

Syukuri apa yang kita capai dan jangan sekali-sekali berburuk sangka terhadap yang maha kuasa. Dengan begitu maka allah akan mencurahkan seluruh nikmatnya kepada kita. Beliau senantiasa sering berpesan kepada tiap pengusaha untuk terus mensyukuri keberhasilan yang mereka miliki hari itu, dan terus ikhtiar dan bertawakal untuk menggapai puncak kesuksesan yang diimpikan.

Semoga Terinspirasi…

Baca juga berikut ini rahasianya sukses orang jepang