Tips Membuat Deskripsi Produk Jualan Online yang Menarik Perhatian

Dalam menjual produk secara online memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada calon pembeli merupakan suatu hal yang sangat penting. Dalam memilih produk di toko online konsumen hanya mengandalkan dari melihat foto serta membaca deskripsi yang disertakan penjual.

Oleh karena itu baik itu foto produk dan juga deskripsinya janganlah dibuat seadanya melainkan harus dapat memberikan informasi dengan lengkap dan juga menarik perhatian.

Apa saja yang harus diperhatikan saat kita membuat deskripsi produk untuk jualan online ? Berikut ini tips yang bisa diterapkan dalam bisnis online anda.

Membuat Deskripsi Produk

Tulis Deskripsi Berbeda Dari Yang Lain

Pertama teks deskripsi yang kita buat sebaiknya berbeda dari pedagang lain yang menjual barang sejenis, apalagi jika hanya mengcopy seluruh isi deskripsi dari orang lain.

Hal tersebut dapat membuat bisnis online yang jalankan akan terlihat murahan dan jauh dari kata profesional. Buatlah ide orsinil hasil pemikiran kita sendiri untuk membuat deskripsi.

Ajak Secara Halus Untuk Membeli

Atau bahasa lain untuk teknik ini adalah menulis deskripsi dengan kalimat persuasif, namun buat sehalus mungkin agar bisa meyakinkan calon pembeli.

Contohnya “Jangan ragu lagi, segera beli tas serba guna ini sebelum kehabisan dibeli orang lain”.

Kalimat tersebut bertujuan untuk mengajak pembeli dengan halus dan meyakinkan mereka bahwa barang tersebut berkualitas.

Baca juga artikel  Kata-Kata Promosi Paling Menjual Yang Disukai Pelanggan


Terangkan Kelebihan Produk

Untuk menerangkan kelebihan produk dengan meyakinkan, ada baiknya jika kita sendiri telah mencoba produk tersebut sehingga bisa mendeskripsikan kelebihannya dengan jelas.

Selain itu sertakan juga komparasi singkat yang membandingkan kelebihan produk kita dengan produk sejenis lainnya yang ada dipasaran, dengan begitu calon pembeli dapat meyakini bahwa produk kita memiliki kualitas lebih baik.

Lengkapi Spesifikasi Produk Dengan Detail

Sebelum tertarik akan suatu barang pastinya calon konsumen harus mengetahui terlebih dahulu apa saja spesifikasi dari barang tersebut dengan lengkap. Maka penting untuk kita mengenali produk yang akan dijual dengan mendetail, agar dapat menerangkan spesifikasinya dengan jelas.

Kombinasikan Teks Dengan Tabel

Kebanyakan pembaca akan merasa malas jika harus membaca deskripsi yang terlalu panjang.

Salah satu cara untuk mengatasinya jika memungkinkan ada baiknya jika di dalam deskripsi kita sertakan tabel untuk penjelasan seperti spesifikasi, pilihan warna atau type produk dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan tabel, mata pembaca tidak akan hanya disuguhi kumpulan kata-kata yang terkesan padat, sehingga menjadi tidak membosankan.

Sediakan Sarana Untuk Bertanya

Terahir, meski deskripsi sudah kita upayakan dibuat dengan sejelas-jelasnya, tidak menutup kemungkinan masih tetap ada calon pembeli yang masih belum mendapatkan informasi sesuai keingintahuannya.

Maka bagaimana pun kita harus menyediakan sarana bertanya untuk mereka yang masih mencari informasi lain mengenai seputar produk yang kita jual.

Misalnya saja dengan menyertakan fitur live chat di toko online anda, atau sertakan kontak nomer telefon, sms, atau kontak aplikasi chating yang mudah di hubungi oleh calon pembeli.

Baca Juga Tips Membuat Foto Produk Untuk Jualan Online Dengan Kamera HP

Berjualan secara online saat ini tengah digandrungi banyak orang, sehingga persaingan dalam bisnis inipun terjadi dengan sangat ketat. Untuk dapat bersaing maka kita harus memiliki strategi yang matang, semoga tips membuat deskripsi produk untuk jualan online yang kami tulis di artikel ini dapat memberi masukan yang bermanfaat.