Membangun Usaha Restoran Cepat Saji Sederhana

Restoran cepat saji atau istilahnya fast food keberadaannya semakin menjamur di setiap kota, masyarakat kita semakin meminatinya seiring dengan trend gaya hidup modern dalam kesehariannya. Konsep restoran cepat saji seperti ini sebetulnya lebih dahulu populer di dunia barat, namun kini keberadaanya sudah menjadi lumrah di berbagai negara dari perkotaan bahkan hingga ke daerah.

Meski begitu selain sedang menjadi trend, banyak juga alasan lain para konsumen restoran cepat saji ini mendatanginya. Dari pilihan menu makanan yang bervariasi, hingga sesuai dengan konsepnya yang bertema fast food alias cepat dalam penyajiannya. Jelas berbeda dengan restoran biasa yang umumnya dalam menghidangkan makanan memerlukan proses pemasakan dari awal terlebih dahulu, di restoran cepat saji menu yang di sajikannya di pilih yang praktis dan sederhana serta sudah tersedia dan siap di pesan, sehingga dari segi waktu penyajian kepada konsumen bisa lebih cepat.

Saat ini usaha restoran cepat saji di dominasi oleh brand-brand besar kelas dunia, umumnya dipasarkan di negara kita dengan sistim franchise atau waralaba contohnya KFC, Pizza Hut, McDonald, dan lain sebagainya. Biaya untuk mendapatkan hak franchise nya pun tentunya bernilai sangat tinggi. Selain itu sekarang ini pebisnis-pebisnis kuliner lokal pun sudah mulai bermunculan mengenalkan bisnis restoran cepat saji jagoannya dan konsumennya pun cukup banyak yang memilihnya.

Baca juga jalankan usaha dengan modal 5 ribu ?

Membangun Sendiri Restoran Fast Food Sederhana

usaha restoran cepat saji

Advertisement

Melihat perkembangan bisnis restoran cepat saji yang begitu berpotensi menghasilkan keuntungan besar, sebenarnya kita bisa membangun sendiri usaha sejenis yang menerapkan konsep serupa, tentunya agar modal yang di keluarkan tidak terlalu besar, bisa kita bangun secara sederhana namun dengan tidak meninggalkan konsep modernnya.

Salah satu caranya adalah dengan mentargetkan konsumen dari kalangan menengah ke bawah. Jika kita perhatikan restoran cepat saji populer yang di sebutkan tadi, mematok harga produk-produknya dengan harga yang cukup mahal sehingga hanya bisa di jangkau oleh beberapa kalangan saja, dan sesuai dengan target pasarnya kebanyakan tempat usahanya juga berada di kota dan di bangun dengan mewah.

Jika kita ingin membangun bisnis makanan seperti ini dengan lebih sederhana maka kita bisa targetkan konsumen yang berada di daerah-daerah dan membangun usahanya di sana. Selain harga sewa maupun beli properti di daerah seperti ini masih murah, tempat usaha juga tidak perlu di bangun dengan mewah, asalkan bersih dan interior di dalamnya di kondisikan agar menyerupai restoran berkelas, hal itu sudah cukup bisa menarik perhatian.

Sedangkan untuk menu yang kita tawarkan haruslah berkonsep sama dengan restoran cepat saji pada umumnya, misalnya yang paling populer dan juga cukup mudah membuatnya adalah ayam goreng yang di balut tepung atau ayam crispy, burger, hot dog dan lain sebagainya.

Sekarang ini sudah cukup banyak yang menerapkan membuka restoran fast food sederhana di berbagai daerah, dan banyak diantaranya yang cukup sukses menarik pelanggan. Salah satu kuncinya suksesnya adalah memilih lokasi tempat usaha yang tepat, pilih tempat di lokasi yang padat penduduknya dan sesuai dengan target pasarnya.

Baca juga peluang usaha masakan rumahan yang menguntungkan