Membangun Usaha Clothing Kaos Distro

Dikalangan para anak muda indonesia kaos distro ini sangat di gandrungi, apalagi jika kaos yang dikenakannya berasal dari brand atau merk clothing terkenal.

Sebuah prestasi yang patut di banggakan untuk brand-brand clothing indonesia yang produknya berhasil menembus pasar luar negri, bahkan menjadi populer juga disana. Kerja keras dan ketekunan dalam menjalankan usaha berbuah menjadi kesuksesan, padahal kebanyakan para pemilik clothing terkenal itu berasal dari kalangan anak muda, sebagian merk yang sukses di pasaran itu seperti UNKL347, OUVAL Reserch, C59, PSD, dan lain-lain. Keuntungan yang di dapatkan pun tidak perlu ditanyakan lagi, produk yang sukses sampai luar negri di pastikan beromset miliyaran.

Jika orang lain saja bisa melakukan hal itu, maka kita pun harus bisa, Itu harus di tanamkan pada diri kita sejak akan memulai usaha ini. Berikut ini analisa usaha membangun brand clothing kaos distro.

Analisa Usaha Clothingan

Dalam usaha ini membangun sebuah brand agar di kenal adalah hal yang paling utama, karena sebuah produk kaos distro dengan merk sudah ternama akan mudah di serap pasar, bahkan harga tidak akan menjadi soal untuk para penggemar fanatik brand tersebut. Maka dari itu promosi sebuah brand harus di lakukan terus menerus, tentunya untuk sementara pada brand yang baru di rintis akan sedikit kesulitan dalam memasarkan produknya, memerlukan banyak ketekunan secara terus menerus untuk menjalankannya, bagi pelaku usaha yang tidak sabaran di pastikan brand nya tidak akan mengalami kesuksesan.

Usaha Clothing Kaos Distro

Umumnya para pelaku usaha ini pada tahap awal tidak memproduksi kaos sendiri, mereka labih memilih menyerahkan proses produksinya kepada konveksi atau sering di sebut vendor, alasannya agar lebih fokus kepada pembangunan brand itu sendiri. Namun begitu, semua desain dari produk sampai gambar sesuai dengan konsep si pemilik clothingan, pihak vendor mengerjakan sesuai order.

Dengan tidak ikut ke dalam proses produksi maka kita lebih bisa memikirkan dengan lebih fokus kepada pembangunan sebuah brand, mulai membangun konsep merk, seperti contohnya desain gambar yang sesuai, riset kebutuhan pasar, promosi sampai terget pemasaran produknya.

Untuk merk clothing kaos distro yang baru di rintis umumnya mereka memasarkan produknya dengan sistim titip jual di toko distro khusus yang memasarkan brand clothing tertentu. Disini harus ada upaya yang keras agar merk nya bisa di terima, apalagi jika distro tersebut sudah memiliki nama terkenal dan berreputasi baik di pasaran. Dan bukan hanya itu, setelah merk nya berhasil mengisi toko tersebut di perlukan juga upaya selanjutnya yaitu bersaing dengan merk lainnya yang ada di toko tersebut, salah satu caranya adalah dengan selalu menyediakan desain gambar yang baru dan disukai pasar.

Advertisement

Sambil usahanya berjalan untuk langkah promsi dapat dilakukan dengan berbagi cara, misalnya dengan mengikuti event pameran khusus kaos distro, atau dengan menjadi sponsor band musik yang sesuai konsep, sampai promosi melalui media internet. Segala cara harus di lakukan dalam mempromosikan brandnya, dan itu memerlukan waktu yang tidak sedikit, rata-rata merk yang sukses, menjalankan bisnisnya di atas 5 tahun tergantung gencarnya promosi itu di lakukan.

Baca juga artikel Cara Promosi Online Yang Efektif Untuk Usaha Anda

Tips Menjalankan Usaha

  • Pilih Vendor Yang Berkualitas

Dengan menyerahkan proses produksi kaosnya kepada konveksi, maka kualitas produk kita bergantung kepada konveksi tersebut. Maka dari itu di butuhkan sleksi yang ketat dalam memilihnya, kita bisa melihat terlebih dahulu produk apa saja yang telah mereka buat. Umumnya ada konveksi yang sudah terbiasa menerima order khusus kaos distro, bahkan ada juga konveksi yang pernah menjadi vendor sebuah brand yang terkenal, jika begitu maka itu bisa menjadi pilihan untuk menangani produk kita.

  • Ciptakan Desain Yang Sedang Trend

Dalam produk kaos selain kualitas kaos nya harus terjaga, pemilihan desain sablon gambar pun harus di perhatikan. Kita bisa melihat trend yang sedang ramai di pasaran, biasanya trend desain gambar datang dari merk yang sudah terkenal. Bahkan di dunia clothing ini ada jasa desain gambar yang bisa kita gunakan, kita bisa membeli desain dari seorang designer khusus kaos distro yang sudah memiliki reputasi baik, tentunya cara ini memerlukan biaya khusus, umumnya dekenakan tarif pergambar.

  • Pemasaran Dan Promosi Tertarget

Dalam memasarkan produk kita seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemilihan toko kaos distro haruslah kita perhatikan baik-baik. Karena di berlakukan sistim titip jual, sehingga barang yang laku saja yang akan bayar, maka kita harus benar-benar mengenal toko tersebut, pastikan distro tersebut memiliki reputasi yang baik agar barang kita juga memiliki penjualan yang baik.

Baca juga artikel Strategi Promosi Cara Memasarkan Produk Dan Jasa Yang Baru

Selain itu promosi juga harus di lakukan dengan gencar dan tertarget, mengikuti even pameran sangat penting untuk keberhasilan membangun sebuah brand clotingan, walaupun untuk merk baru tentu saja membutuhkan upaya keras agar bisa bersaing dengan merk-merk ternama. Tetapi dengan ketekunan dan kesabaran maka sedikit demi sedikit merk kita akan mulai di lirik para pelanggan. Maka dari itu sebisa mungkin ikuti event-event seperti ini, yang sekarang ini mulai sering di adakan di tiap-tiap kota besar di indonesia.