Membangun Usaha Cafe Kecil Kecilan Dengan Modal Terbatas

Sangat menggiurkan memang melihat usaha cafe belakangan ini yang rata-rata diserbu pelanggan, padahal banyak yang diantaranya yang terbilang baru saja didirikan. Menariknya lagi, tidak hanya cafe berkelas yang saat ini ramai pengunjungnya, cafe kecil yang bisa di katakan bertempat sederhana pun tidak kalah ramai konsumennya.

Tidak sedikit diantaranya cafe yang dengan hanya memanfaatkan halaman rumah, garasi dan sebagainya, bisa berjalan dan terus berkembang. Melihat usaha yang seperti ini pastinya siapapun akan tergiur karena sepertinya bisa di bangun dengan modal kecil dan terjangkau.

Benarkah demikian ? Untuk mengetahuinya mari kita analisa bersama perkiraan membangun usaha cafe kecil dengan modal terbatas..

Membangun Usaha Cafe Kecil Kecilan

Persiapan Tempat Usaha

Biaya paling ringan untuk pengadaan lokasi tempat cafe tentunya dengan memanfaatkan tempat yang sudah di miliki, sehingga tidak perlu ada lagi biaya di perlukan untuk sewa tempat usaha.

Jika memungkinkan halaman atau garasi rumah yang sudah ada bisa saja kita rubah fungsinya menjadi lokasi usaha. Namun tentunya harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti apakah lokasinya strategis mudah di kunjungi konsumen, lalu apakah kita dan keluarga tidak merasa terganggu dengan dijadikannya tempat tinggal sekaligus tempat usaha, dan lain sebagainya.

Lalu jika taruh lah rumah tidak memungkinkan di jadikan tempat usaha cafe, adakan pilihan lainnya ?

Selain dari menyewa tempat, pilihan lainnya yang bisa di upayakan adalah dengan mencari partner yang memiliki tempat strategis untuk di ajak bekerja sama.

Namun jika memilih opsi ini, tentunya kepemilikan usaha menjadi terbagi tidak sepenuhnya hak milik kita. Perlu adanya pembicaraan lebih lanjut mengenai keperluan modal dan pembagian keuntungannya sebelum dimulai.

baca juga membangun usaha restoran cepat saji sederhana

Mempersiapkan Tempat Yang Nyaman

Selajuntnya, lokasi usaha yang sudah di persiapkan juga perlu kita bangun agar nyaman di tempati pelanggan nantinya. Disini akan di perlukan sejumlah modal untuk biaya renovasi jika di butuhkan, persiapan peralatan, juga fasilitas untuk pelanggan.

Advertisement

Untuk bisnis cafe, tempat ini bisa kita sesuaikan dengan segmen target konsumen yang akan di tuju nantinya. Intinya tempat dengan fasilitas mewah dan berkelas akan membuat harga jual produk di cafe kita otomatis bisa di jual dengan harga yang tinggi.

Untuk usaha cafe kecil dengan fasilitas sederhana, hendaknya kita sesuaikan harga jual menu didalamnya agar lebih terjangkau segala kalangan.

Namun begitu konsumen pada kalangan ini umumnya lebih banyak tersedia, kebanyakan konsumen yang sering datang ke cafe lebih banyak dari kalangan anak muda yang rata-rata lebih memilih menu-menu berharga murah meriah.

Maka dari itu untuk membangun cafe kecil kecilan dengan modal terbatas, cukup kita sediakan tempat yang nyaman tidak perlu harus dengan fasilitas yang mewah. Misalnya cafe dengan tempat duduk lesehan, bangun suasana yang nyaman seperti di rumah dan sebagainya.

Persiapkan Menu Yang Ditawarkan

Menu yang kita jajakan dalam berbisnis cafe kecil kecilan menjadi poin penting untuk bisa menggaet pelanggan. Sebisa mungkin kita harus persiapkan menu yang unik dan di sukai oleh sebagian besar segmen pelanggan yang gemar mendatangi tempat ini yaitu anak-anak muda.

Trend yang sekarang ini sedang disuka umumnya menu-menu seperti cappucino, milk shake, aneka kopi, ice cream dan sebagainya. Untuk makanannya seperti steak, spagetti, pizza, dan sejenisnya.

Untuk lebih memvariasikan menu yang di tawarkan, kita pun harus pandai berkreasi membuat hidangan yang unik dan berbeda dengan cafe lainnya. Bisa kita pelajari dengan memperhatikan trend yang sedang di gemari saat ini, semakin unik menu yang kita jajakan akan lebih bisa berpeluang besar untuk di sukai pelanggan.

Baca juga usaha jualan es krim pot yang unik dan menarik perhatian

Promosi Dan Maksimalkan Pelayanan

Untuk usaha cafe yang baru saja di bangun, pada awal usaha tidak perlu kaget jika mengalami masa sepi pelanggan. Karena usaha apapun pastinya pada awalnya terjadi demikian.

Upayakan untuk selalu berpomosi dengan berbagai cara, seperti promosikan di internet melalui media sosial, menyebarkan brosur ke tempat berkumpulnya anak-anak muda, atau juga bisa memberikan penawaran dengan potongan harga dan lain sebagainya.

Tidak kalah penting juga untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan-pelanggan terlebih yang baru saja datang berkunjung ke cafe kita. Upayakan agar mereka puas agar nantinya bisa menarik rekan-rekan lainnya untuk datang.

Selamat Mencoba..

baca juga usaha kuliner warung steak kaki lima