Mau Jalankan Usaha Nata De Coco Berikut Ini Cara Pembuatannya

Nata de coco merupakan salah satu produk yang biasa di produksi oleh industri skala rumahan atau home industri, dengan begitu produk ini bisa menjadi pilihan anda yang sedang mencari sebuah peluang usaha yang bisa dijalankan.

Terlebih nata de coco ini juga menjadi salah satu jenis makanan yang di sukai masyarakat, selain bisa di santap secara langsung juga bisa menjadi bahan tambahan untuk jenis minuman lain seperti es campur, syrup, sup buah, kolak dan sebagainya.

Rasanya yang kenyal dan menyegarkan menjadi salah satu alasan mengapa nata de coco ini di sukai segala kalangan, dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua rata-rata menggemarinya.

Analisa Potensi Pemasaran Nate De Coco

Di pasaran memang terdapat juga produk nata de coco hasil produksi perusahaan industri besar dengan merk yang sudah dikenal.

Namun hasil produk home industri pun tidak kalah pesat berkembang, bahkan kebanyakan para pengusaha kuliner minuman yang membutukan tambahan nata de coco pada jualannya rata-rata menggunakannya.

Kelebihannya ada pada sisi harga jual, hasil industri rumahan kebanyakan memasarkan nata de coco nya dengan sistim curah atau kiloan. Kualitasnya pun bisa di katakan sebanding dengan produk bermerk lainnya.

usaha cara pembuatan nata de coco

Dengan begitu banyaknya para pedagang minuman yang membutuhkan tambahan nata de coco pada produk jualannya, maka permintaan pun pastinya akan cukup besar di butuhkan, belum lagi ada masa dimana jenis kuliner minuman ini meningkat permintaannya, seperti pada moment bulan ramadhan yang biasanya membuat produk aneka minuman semakin laris di pasaran.

Baca juga usaha home industri makanan yang menguntungkan

Selain itu, pasar nata de coco juga cukup banyak dibutuhkan konsumen secara langsung. Para ibu rumah tangga umumnya menyediakan kuliner ini sebagai santapan ringan keluarganya di rumah.

Advertisement

Ditambah lagi nata de coco juga menjadi salah satu produk yang cocok di jadikan oleh-oleh di saat masyarakat pergi berwisata ke suatu tempat.

Dengan luasnya pasar yang bisa menjadi sasaran, usaha nata de coco ini tentulah menjadi salah satu yang memiliki potensi besar untuk kita jalankan.

Baca juga mendulang rupiah dari usaha pembuatan mie

Cara Membuat Nata De Coco

Baik.., jika sudah tidak sabar ingin mengetahui cara membuat nata de coco ini, berikut kami ulas langkah pembuatannya.

Siapkan air kelapa yang sudah di saring hingga bersih dari partikel-partikel kecil di dalamnya, kemudian di rebus dalam wadah hingga mendidih. Tambahkan gula pasir sekitar kurang lebih 7,5 % dari total air kelapa yang di masak tadi juga cuka biang secukupnya.

Selanjutnya kita masukan adonan kedalam baki yang terbuat dari plastik, perlu perhatian untuk wadah plastik yang di gunakan harus benar-benar steril, bersih dan kering, karena jika tidak bisa menggangu proses pembuatannya. Setelah adonan berada di dalam baki pelastik juga harus kita pastikan agar tidak ada bakteri atau kotoran yang menghinggapinya, maka gunakan tutup dari bahan plastik atau kertas koran untuk melindunginya.

Setelah suhu adonan menjadi dingin, selanjutnya kita tambahkan bibit nata de coco sejumlah kurang lebih 1-2% dari larutan yang kita buat, aduk hingga merata, berikutnya kita akan menyimpan adonan ini hingga 1-2 minggu lamanya, pada masa pembibitan ini usahakan agar wadah tidak di gerak-gerak kan agar proses pembuatannya sempurna.

Terahir, jika berhasil akan terbentuk lapisan tebal di atas larutan setelah adonan di simpan. Untuk memanennya angkat lapisan tadi lalu cuci hingga bersih dan rebus selama sekitar 30 menit, lalu nata de coco pun selesai di buat, kita bisa mulai memotongnya menjadi ukuran kotak-kotak kecil lalu selanjutnya di kemas.

Itulah sekilas mengenai cara pembuatan nata de coco yang bisa anda praktekan di rumah, pastinya proses ini akan membutuhkan beberapa kali percobaan agar hasilnya sesuai dengan yang di inginkan. Jika sudah di dapat proses pembuatannya dengan maksimal, selanjutnya kita bisa coba jalankan usahanya di mulai dari wilayah pemasaran yang paling dekat.

Selamat Mencoba…

Baca juga cara membuat yoghurt untuk usaha skala rumahan