Mau Ikutan Arisan ? Kenali Dulu Untung Ruginya

Acara arisan memang cukup menyenangkan untuk di ikuti, banyak orang yang tidak ingin ketinggalan serunya acara ini sehingga kegiatan arisan di Indonesia sudah sangat lazim diadakan diberbagai tempat.

Dibalik terdapat keuntungannya yang akan dibahas di artikel kali ini, acara arisan juga menyenangkan untuk di ikuti karena dilakukan sambil berkumpul bersama teman, rekan, saudara ataupun siapa saja.

Acara arisan juga tidak mengenal batasan untuk diadakan berbagai segmen masyarakat, dari mulai kelas menengah kebawah hingga kelas atas acara ini dapat di jalankan.

Lalu apa saja keuntungannya mengikuti acara arisan ini ? karena terdapat keuntungannya sudah pasti dalam acara ini juga akan ada kerugian yang mungkin harus ditanggung para anggota yang mengikutinya. Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian mengikuti acara arisan.

Mau Ikutan Arisan

Keuntungan Mengikuti Acara Arisan

  • Dapat Menyisihkan Uang

Mirip dengan menabung, arisan menuntut setiap anggotanya untuk mengumpulkan sejumlah uang dengan besaran yang sudah disetujui bersama di awal acara. Sehingga mau tidak mau setiap peserta dalam jangka waktu tertentu harus menyisihkan uangnya untuk acara ini.

Meski tidak ada kepastian kapan uang yang disisihkan tersebut bisa didapat kembali karena pada umumnya pemenang arisan akan ditentukan dengan mekanisme pengundian, namun pada saat kita mendapat giliran menang uang yang ada dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan seperti membeli barang idaman, modal usaha dan lain sebagainya.

  • Keuntungan Ekstra Saat Menang di Putaran Awal

Pemenang arisan di putaran awal sama saja dengan mendapatkan uang berkali-kali lipat dari setoran rutin arisan yang harus dikeluarkan. Jika kita beruntung mendapatkan giliran menang di awal, memungkinkan kita bisa memutarkan uang yang didapat untuk menghasilkan keuntungan.

Misalnya saja dipergunakan terlebih dahulu untuk menambah modal usaha, atau membuka tabungan deposito di bank, dan lain sebagainya.

  • Dapat Membeli Barang Dengan Cicilan (Arisan Barang)

Selain berupa uang, terdapat pula jenis arisan yang hasil pengumpulan uangnya di konversikan kedalam bentuk barang. Misalnya saja barang seperti Televisi, Kulkas, Handphone dan lain sebagainya.

Jika harus sekaligus mengeluarkan uang untuk membeli suatu barang misalnya seharga 5 juta, tentunya akan terasa berat. Berbeda jika dengan membaginya menjadi beberapa kali pembayaran. Ditambah lagi kemungkinan adanya potongan harga dari toko penjual karena kita akan membeli barang dengan rutin.


  • Menjalin Hubungan Bermanfaat dengan Peserta Lain

Selain dapat mengobrol bahkan bergosip bersama, dalam acara arisan kita pun dapat mengarahkan acara berkumpul tersebut menjadi lebih bermanfaat. Misalnya saja berjualan barang kepada peserta lain, menjaga silaturahmi, membuat bisnis, dan lain sebagainya.

Kerugian Mengikuti Acara Arisan

  • Rentan Penipuan

Tidak ada yang bisa menjamin, seluruh pesera arisan akan terus membayar iuran rutin hingga semua giliran peserta terpenuhi. Arisan hanya diadakan berdasarkan kepercayaan antar peserta, tidak ada pengawasan dari pihak lain.

Bisa disengaja ataupun tidak, salah satu peserta berhenti di tengah putaran sehingga tentunya akan merugikan seluruh peserta lain.

  • Dapat Memperbanyak Pengeluaran

Jika arisan di ikuti tanpa ada perencanaan keuangan sebelumnya bisa jadi kedepan acara tersebut dapat menjadi beban pengeluaran untuk keuangan kita. Apalagi jika tanpa perhitungan kita mengikuti lebih dari satu program arisan, disaat kondisi keuangan menurun pastinya akan memperburuk keadaan.

Pasalnya pengeluaran untuk arisan hampir mirip dengan biaya cicilan, secara rutin mau tidak mau harus kita keluarkan. Hanya saja dalam arisan umumnya tidak akan ada biaya tambahan untuk keterlambatan.

  • Tidak Sama Dengan Menabung

Bagaimana pun arisan sangat jauh berbeda dengan menabung di tempat lain seperti di bank. Pertama dalam arisan kita tidak dapat semaunya mengambil uang yang telah kita keluarkan, pencairan hanya bisa dilakukan jika kita mendapatkan giliran menang.

Kedua, dalam arisan berapapun nilainya pada ahirnya uang yang kita dapatkan adalah sama persis dengan yang kita keluarkan. Tidak seperti menabung yang dalam jangka waktu tertentu akan bertambah nilainya karena terdapat bunga tabungan.

Baca Juga Kiat Merencanakan Tabungan Keuangan Untuk Masa Depan

  • Nilai Uang Yang dikeluarkan Bisa Berkurang

Jika nilai uang yang didapat pada saat giliran menang nilainya sama dengan yang kita keluarkan secara rutin itu sudah bisa dikatakan untung. Karena pada kenyataannya, pada saat pengundian pemenang seringkali membutuhkan biaya tambahan seperti biaya menjamu peserta, traktiran dan lain sebagainya.

Biaya tambahan tersebut tentunya akan menjadi tanggungan sang pemenang, sehingga bukannya mendapatkan keuntungan malah kerugian yang didapat jika dilihat dari sisi keuangan.

Baca Juga Tips Cerdas Agar Terhindar dari Krisis Keuangan

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian saat kita mengikuti acara arisan. Setelah mengetahuinya ada baiknya kita menelaah lebih jauh apakah acara ini layak untuk di ikuti atau tidak. Meski begitu pada ahirnya keputusan tetap ada ditangan anda,…

Semoga Bermanfaat…