Mau Bisnis Kos Kosan, Berikut Ini Beberapa Tipsnya

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, bisnis kos kosan banyak dipilih sebagai bidang yang menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan. Selain untuk meraup keuntungan bisnis inipun dapat diandalkan sebagai salah satu jenis investasi yang tidak mengenal kata rugi jika dijalankan dengan benar. Nilai properti berupa tanah yang digunakan pasalnya tidak pernah ditemui menurun harga jualnya.

Target konsumen bisnis ini pun tergolong terus mengikat seiring waktu berjalan. Paling besar dibutuhkan sebagai tempat tinggal sementara bagi para pelajar terutama mahasiswa yang menuntut ilmu diwilayah yang berjauhan. Selain itu para pekerja atau karyawan juga tidak sedikit yang membutuhkan untuk menjangkau tempatnya bekerja dengan waktu singkat.

Kelebihan lain yang dimiliki bisnis yang satu ini juga yakni proses menjalankannya yang terbilang sederhana, sehingga siapapun juga dapat dengan mudah menggelutinya. Bagaimana tidak, saat bangunan kos kosan telah berdiri dan siap disewakan cukup dengan promosi alakadarnya konsumen bisa langsung didapatkan, dan selanjutnya hanya menerima pembayaran pada setiap bulannya.

Mau Bisnis Kos Kosan, Berikut Ini Tipsnya

Bangun Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal

Adapun beberapa tips yang perlu diketahui untuk menjalankan usaha ini diantaranya perihal modal yang perlu dipersiapkan untuk memulai. Tidak dapat di pungkiri untuk membangun kosan dibutuhkan modal yang besar. Selain tanah yang harganya selangit terlebih di lokasi strategis, biaya mendirikan bangunan pun tidak kalah sama-sama menguras rupiah.

Sebagai solusi untuk anda yang tidak memiliki modal besar namun telah memilki tanah potensial untuk dijadikan kos kosan bisa dengan mudah tempuh cara mengajukan pinjaman ke bank untuk mendapatkan dana yang bisa digunakan sebagai biaya pembangunan.

Advertisement

Bagi anda yang tidak memiliki aset sama sekali, menjalankan bisnis kos kosan tanpa modal mungkin saja dapat dilakukan dengan cara mencari orang yang berniat menjual bangunannya dengan harga minim oleh sebab berbagai kebutuhan. Selanjutnya pembayaran pun bisa menggunakan dana dari bank.

Pastikan Berada Di Lokasi Strategis

Seperti yang di singgung di awal, pangsa konsumen bisnis kos kosan paling banyak diantaranya adalah mahasiswa atau karyawan. Maka bangunan kosan harus didirikan berdasarkan lokasi yang dibutuhkan para konsumen tersebut. Misalnya daerah kampus atau wilayah industri dan perkantoran.

Sebagai pedoman menentukan lokasi strategis diataranya seperti akses ke tempat lokasi yang mudah dijangkau, dekat dengan pusat kebutuhan sehari-hari misalnya rumah makan dan supermarket, dan lain sebagainya.

Keamanan Dan Kenyamanan Lokasi

Umumnya para calon konsumen kos kosan setelah memastikan lokasi sesuai harapan, akan berlanjut memperhatikan keamanan serta kenyamanannya untuk tinggal disana. Maka hal berikut ini juga harus tidak luput dari perhatian.

Kenyamanan berbanding sesuai dengan tarif harga yang ditawarkan, karena hal ini akan bergatung juga kepada fasilitas yang di sediakan di kosan. Semakin lengkap, maka otomatis penghuni akan semakin nyaman dan tentunya tarif akan lebih mahal.

Sedangkan keamanan perlu diupayakan seperti misalnya dengan menyediakan tenaga khusus untuk menjaga keamanan para penghuni selama menyewa tempat.

Tawarkan Layanan Tambahan

Para penghuni kos yang menyewa tempat dapat diarahkan menjadi target pasar bisnis lain yang tidak kalah menguntungkan. Seperti dengan menawarkan layanan katering, bisnis laundry, atau pun membuka toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu keuntungan yang bisa didapat bisa menjadi semakin berlipat.

Baca juga artikel bisnis sewa apartemen dengan kelebihan dan kekurangannya