Mau Belajar Bisnis Dengan Sistem Dropship? 5 Langkah Ini Bisa Membuatmu Pede!

Bisnis Toko online semakin menjamur dan kamu ngga mau ketinggalan untuk ikut merasakan sensasi kesuksesannya ? Gampang ! Banyak cara untuk memulai bisnis online tanpa harus pusing mikirin barang apa yang mau kamu onlinekan. Yup, salah satunya dengan cara dropship ini. 5 Langkah berikut bisa membuang kebingunganmu untuk memulai bisnis dengan sistem dropship ! Let’s check it out !

1. Cuma Modal Gambar Sama Medsos

Pada sistem dropship ini, reseller sejatinya tidak memiliki barang yang akan dibeli oleh customer. Tentu saja, barangnya hanya ada pada pihak supplier. Modal kita sebagai dropshipper hanya menyiapkan media sosial untuk memasang display items alias katalog dalam bentuk gambar. Gampang kan ? Koneksi Internet ? Ini mah sudah kebutuhan wajib yang harus kamu persiapkan guys. Namanya juga kan bisnis online?

Kamu juga perlu tahu nih, supplier akan sangat terbantu dengan kehadiran seorang dropshipper dimana pendistribusian produknya akan berlangsung lebih mudah dan cepat. Tentu saja, hal ini akan mengurangi beban promosi bagi supplier karena dropshipper mempromosikan barang milik supplier juga.

Kuncinya, peran kamu di sini adalah memaksimalkan promosi ke setiap sudut media sosial. Namun ada satu catatan yang perlu kamu ingat jika menjadi seorang dropshipper. Apa itu? Yup, komunikasi. Komunikasi kamu dengan supplier usahakan dijaga ke intensitasannya. Karena ini akan mempermudah kinerja kamu.

2. Pembeli Order ke Kita, Kita Order ke Supplier

Langkah kedua setelah display items dan sosmed sudah beres, tinggal tunggu sampai ada customer yang order. Ibarat kata, kita sebagai dropshipper merupakan jembatan emas bagi pembeli dan biro iklan bagi supplier. Tugas kita di sini melanjutkan orderan customer tadi ke supplier. Sip! Tugas kedua selesai !

Wah, enak kan bekerja sebagai seorang dropshipper? Tapi jangan sampai pembeli kecewa dengan orderannya, guys. Walaupun terkesan gampang, kalau kita tidak hati-hati justru ini bisa menjadi boomerang bagi para pelanggan kita. Setidaknya kamu sudah menguji kualitas barang dari supplier agar kamu lebih yakin untuk menawarkan orderan-orderan yang lain kepada pembeli.

Jangan lupa juga untuk tetap berhubungan dengan supplier terkait informasi stock barangnya ya..

3. Supplier Mengirim Total Harga yang Harus Dibayar

Langkah berikutnya kita tinggal menunggu supplier mengirimkan total biaya yang harus dibayarkan oleh customer. Biasanya harga yang harus dibayar customer merupakan gabungan dari harga produk dan ongkos kirim. Terus keuntungan kita dari mana? Nah, biasanya setiap supplier sudah menentukan potongan terlebih dahulu bagi dropshippernya. Jadi pinter-pinter kita sebagai dropshipper untuk mengelola potongan harganya ya!

Seorang dropshipper biasanya akan mendapatkan komisi yang variatif dari suppliernya. Semuanya tergantung jenis produk yang di belinya, Kurang lebih kisarannya antara Rp 5000 hingga Rp 30.000.

4. Transferan Beres, Orderan Dikirim

Selanjutnya nih, tinggal menunggu tugas customer membayar dan supplier mengecek resi pembayaran dan mengirim orderan. Orderan akan dikirim ke customer dengan data pengirim adalah data kita, bukan data supplier. So, yang customer tahu itu adalah benar-benar barang yang kamu jual.

Nah, para dropshipper jangan sampai lengah. Kamu benar-benar harus menjaga supaya produk yang telah di-order pembeli benar-benar sampai ke tangan pembeli dan sesuai dengan apa yang mereka pesan.

Baca juga 3 kendala di awal berbisnis online berikut solusinya

5. Paket Sampai ke Customer. Selesai!

Finally, tinggal menunggu orderan customer sampai dan selesailah tugas kita sebagai seorang dropshipper. Jangan lupa untuk meminta testimoni dari customer untuk meyakinkan lebih banyak lagi pembeli !

Menarik bukan menjadi seorang dropshipper? Keahlian bisnismu akan diasah di sini. Meskipun modalnya murah meriah, kamu harus tetap waspada. Jangan sampai menyepelekan hal kecil yang bisa berakibat fatal. Tunggu apalagi, ayo praktekkan! Karena menjadi seorang dropshipper merupakan salah satu peluang usaha dengan memanfaatkan internet yang cukup menjanjikan. Kamu bisa mencoba membangun bisnis dropshippermu dengan banyak bersilaturahmi dan bersosialisasi dengan banyak orang. Jadikan waktu luang kamu sebagi peluang usaha.

Baca juga artikel arti dan penjelasan cod dalam jual beli online