Manfaat Toko Online untuk perusahaan percetakan Digital Printing dan Offset printing


Berkembangnya ekonomi digital di Indonesia memberikan perspektif baru para pengusaha dalam menjalankan bisnis di tanah air ini.

Menurut kementerian komunikasi dan informatika (KOMINFO) Bisnis ekonomi Digital Ini akan menjadi kekuatan baru dan tulang punggung di negara Indonesia ini.

Salah Satu bagian dari ekonomi digital ini adalah Toko online atau usaha online.

Beberapa Toko online yang besar sekarang ini seperti Tokopedia, Bukalapak Blibli, Lazada, adalah bentuk bentuk kecil dari perjuangan bangsa Indonesia ini dalam membangun ekonomi digital.

Lalu apakah yang akan terjadi dengan banyak perusahaan perusahaan ukm lainnya yang tidak memiliki toko online? Apakah yang akan terjadi pada banyak perusahaan yang tidak dapat menerima perubahan ini?

Sebagai Contoh Mudah adalah perusahaan Blue Bird. Semua orang mengenal dengan baik dengan perusahaan raksasa di bidang transportasi ini.

Di era pertumbuhan ekonomi digital ini, Blue Bird ikut membangun aplikasi aplikasi berbasis internet yang dapat memudahkan pelanggan untuk mencari layanan transportasi.

Hal ini dilakukan untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan sehingga bisnis dapat berkembang sesuai dengan zaman.

Percetakan Digital Printing dan offset printing di Indonesia ini juga dituntut untuk melakukan adaptasi pada lingkungan bisnis sekarang ini.

Lalu adakah keuntungan yang didapati oleh pengusaha percetakan dengan ikut berpartisipasi dengan menggunakan toko online baik itu yang ada, maupun dengan membangunnya sendiri ?

Manfaat Toko Online untuk percetakan Digital Printing

1. Penetrasi pasar yang baru

Mungkin sangat membantu menggunakan tim penjual atau sales dalam memasarkan jasa cetak, terlebih jika tim sales adalah seseorang yang handal dalam melakukan penetrasi pasar.

Bagaimana jika belum memiliki seorang penjual yang handal? Pastinya sangat membingungkan dan sulit mencari sebuah koneksi bisnis.

Selain menambah omset pada perusahaan percetakan, sebuah bisnis toko online ini akan membantu pengusaha untuk melakukan kontak dengan pelanggan pelanggan baru.

Jika sudah memiliki sales, bisa juga melakukan kunjungan ke pelanggan sehingga dapat kenal secara personal dengan pelanggan.

Pada sebuah bacaan yang berjudul “Karakteristik dari sebuah konektor sosial” menyampaikan bahwa perusahaan harus melakukan hubungan aktif dengan pelanggan sehingga menciptakan kedekatan dengan personal pelanggan yang dapat berujung pada sebuah keputusan bisnis atau rekomendasi bisnis (Word Of Mouth).

2. Pelayanan Yang Lebih Baik Kepada Pelanggan

Beberapa hal positif dengan adanya bisnis toko online adalah mudahnya bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan secara online atau daring. Dengan adanya toko online, seorang pelanggan dapat memesan cetakan dimanapun mereka berada.

Hal ini juga berujung kepada penghematan biaya dan waktu pelanggan. Pastinya dengan datang ke toko fisik akan memakan waktu dan biaya. Toko online dapat memangkas proses tersebut dengan memesannya melalui website atau aplikasi.

Diera digital ini informasi sangatlah mudah untuk didapat dengan menggunakan platform google sebagai search engine, informasi apapun dapat ditemukan termasuk informasi harga cetak.

Hal ini dapat mempermudah pelanggan anda untuk bertanya informasi seputar harga cetak, dimana informasi harga tersebut digunakan untuk memperhitungkan biaya promosi.

3. Meningkatkan Pembelian Retail

Biasanya yang membeli dengan menggunakan toko online adalah pembelian dengan kuantiti yang sedikit akan tetapi repetitif.

Pembelian retail tentu saja dapat membantu usaha digital printing dan offset printing untuk meningkatkan pendapatan retailnya. Biasanya yang sering dibeli di toko online percetakan adalah Kartu nama, X Banner, Roll up Banner, Brosur, Poster, Booklet dan lain lainnya.

Potensi pasar retail pada industri percetakan menyumbangkan omzet yang cukup besar untuk sebuah perusahaan percetakan Digital Printing. Oleh karena itu memiliki toko online dapat membantu mengembangan divisi toko retail pada sebuah usaha percetakan.

Jangan lupa untuk memperhatikan hasil cetak yang maksimal sehingga tidak ada pelanggan yang komplain tentang hasil cetakan.

4. Inovasi Pelayanan

Perusahaan percetakan adalah sebuah perusahaan yang bergerak di industri jasa cetak. Kesuksesan dalam berbisnis percetakan sangat bergantung dengan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

Jenis jenis pelayanan yang diberikan biasanya meliputi Delivery (Jasa antar), Marketing, Sample, sampai dengan garansi hasil cetak.

Menambah satu pelayanan lagi dengan menggunakan toko online merupakan sebuah dedikasi perusahaan anda dalam memberikan pelayanan jasa cetak kepada pelanggan anda yang setia.

5. Branding

Hal terakhir yang didapat dengan membuat toko online, atau menggunakan toko daring yang ada adalah branding. Branding adalah sebuah aktivitas pengelolaan merek untuk meningkatkan value dari merek tersebut.

Dengan sebuah pengelolaan toko online yang baik yang meliputi pemasaran dengan menggunakan sosial media, Google ads, Facebook Ads, Blogging, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan yang berujung kepada loyalitas pelanggan.

Hasil pengelolaan branding berbanding lurus dengan kedekatan dengan pelanggan (Komunikasi) dan kinerja atau service perusahaan terhadap pelanggan.

Setiap perusahaan harus membaca tentang sebuah perusahaan seperti Yahoo. Yahoo adalah sebuah perusahaan besar search engine di era tahun 90’an yang gagal dalam beradaptasi kebutuhan pasar. Kesuksesan perusahaan ini membuat mereka stop dalam melakukan inovasi dan adaptasi.

Kasus ini harus menjadi motivasi untuk perusahaan percetakan untuk selalu berubah sesuai dengan zaman. Baik itu dengan membeli mesin yang trend, sampai dengan berinvestasi untuk membuat aplikasi smartphone. Memang terdengar sangat mahal, tapi itu semua dibutuhkan untuk mempertahankan sebuah perusahaan yang maju.

Vendorcetak.com memberikan jasa cetak online di Jakarta, berkonsultasilah terlabih dahulu untuk mendapatkan harga terbaik.

Salam Sukses.