Manfaat Payment Gateway Untuk Toko Online

Sudah siap launching website toko online ? Eitts…tunggu dulu kalau belum sempat memikirkan yang namanya payment gateway.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan berbagi tips seputar salah satu fitur toko online yang mutlak diperlukan di era serba instan seperti sekarang ini.

Ya, fitur tersebut adalah payment gateway. Singkatnya payment gateway merupakan sistem layanan pembayaran otomatis yang bisa anda aplikasikan pada website toko online untuk mempermudah tata kelola keuangan toko dan juga mempermudah konsumen dalam melakukan pembayaran ketika mereka membeli sesuatu dari toko online anda.

Masih bingung dengan apa itu payment gateway ?

Kalau anda masih bingung, anda bisa langsung merasakan manfaat payment gateway dengan cara membeli sesuatu di toko online yang sudah memiliki nama ataupun membeli sesuatu di marketplace.

Ketika anda membayar, disana anda diberi pilihan berbagai macam metode pembayaran. Pas sudah bayar, anda tidak perlu lagi upload bukti pembayaran kepada pemilik toko agar pesanan segera diproses dan dikirim, karena semuanya sudah berjalan secara otomatis. Itulah fungsi utama dari payment gateway.

Selebihnya masih ada beberapa manfaat payment gateway yang perlu anda ketahui ketika ingin membuka toko online.

Langsung saja berikut adalah daftarnya.

Pembeli Merasa Lebih Nyaman

Prioritas utama dari aplikasi payment gateway untuk toko online sudah pasti adalah untuk memberikan fasilitas kepada pembeli. Dengan payment gateway pembayaran bisa dilakukan secara otomatis.

Terlebih lagi pembeli bisa lebih leluasa dalam memilih metode pembayaran yang mereka inginkan. Jadi, pembeli tidak perlu lagi pusing bagaimana cara konfirmasi dan lain sebagainya.

Respon Pesanan Lebih Gesit

Sebagai penjual atau pemilik toko anda bisa lebih gesit dalam melayani pembeli. Anda tidak perlu lagi crosscheck apakah uang sudah ditransfer, apakah nominalnya sudah tepat, dan lain sebaginya.

Semuanya sudah ditangani oleh penyedia payment gateway, termasuk semua laporan yang anda butuhkan.


Baca Juga Jangkau Lebih Banyak Pelanggan Toko Online dengan Live Chat

Tak Perlu Buka Rekening Di Banyak Bank

Kalau dulu setidaknya kita perlu memberikan minimal 2 opsi pembayaran via transfer bank kepada pembeli, dengan payment gateway rumus itu sudah tidak berlaku lagi. Cukup memiliki satu rekening, anda bisa menyediakan puluhan opsi pembayaran kepada pembeli.

Via Payment Gateway Transaksi Lebih Aman

Hampir semua layanan payment gateway di Indonesia sudah menerapkan proteksi yang sangat ketat. Jadi dapat dipastikan uang pembeli akan sampai ke tangan penjual secara utuh. Bisa saja anda menyediakan sistem keamanan sendiri, tentunya dengan biaya yang lebih mahal.

Meningkatkan Trust Calon Pelanggan

Dengan sistem pembayaran yang berjalan serba otomatis, itu akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko anda. Terlebih lagi didukung dengan fitur customer service real time yang bisa langsung dijadikan media untuk komunikasi antara pembeli dan penjual secara real time sesuai dengan jam operasional yang telah ditetapkan.

Baca Juga Cara Efektif Membangun Loyalitas Pelanggan Pada Toko Online Anda

Meningkatkan Kredibilitas Toko Online

Jika semua fitur sudah terkesan profesional, terlebih lagi soal pembayaran, maka sudah otomatis itu semua akan meningkatkan rating dan kredibilitas toko online anda. Hanya dengan payment gateway, anda bisa meningkatkan performa penjualan hingga berkali-kali lipat.

Baca Juga Tidak Mudah! Ini Tantangan Membuka Website Toko Online

Pertanyaan terakhir, apakah menggunakan payment gateway itu gratis? tentu saja tidak.

Tapi yang pasti jika toko online anda sudah ramai, sehingga harus melayani pesanan ratusan atau bahkan ribuan dalam sehari, tentunya biaya untuk langganan payment gateway itu tidak seberapa jika harus bertaruh dengan kepuasan pelanggan.