Ketahui Manfaat NPWP Bagi Para Pengusaha

Apakah hingga saat ini anda masih belum memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak ?

Ada baiknya pertimbangkan untuk segera mengurus agar mendapatkannya, pasalnya tidak sedikit manfaat yang didapat saat kita memilikinya.

Terlebih lagi untuk anda yang berprofesi sebagai pengusaha, NPWP bisa di katakan wajib dimiliki agar proses berjalannya usaha bisa lancar dan selalu menguntungkan.

Dan sebagai penduduk Indonesia yang taat, menunaikan pembayaran pajak kepada pemerintah merupakan keharusan. NPWP sendiri menjadi identitas dalam menjalalankan wajib pajak kepada negara.

Dari pendapatan pajak tersebut pemerintah ahirnya dapat meningkatkan pembangunan diantaranya seperti infrastruktur. Dan manfaatnya pun akan bisa dinikmati rakyatnya termasuk para pengusaha.

Manfaat memiliki NPWP yang secara langsung yang juga didapatkan oleh para pengusaha diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat NPWP Bagi Pengusaha

1. Bisnis Terlihat Lebih Profesional dan Terpercaya

Di mata konsumen perusahaan yang memiliki NPWP tentunya akan lebih dinilai profesional serta terpercaya, pasalnya perusahaan tersebut terlihat taat terhadap peraturan yang di tetapkan pemerintah dan keberadaanya pun telah diakui oleh negara.

2. Mudah Dalam Menjalin Kontrak Dengan Perusahaan Lain

Saat sebuah perusahaan akan menjalankan kontrak dengan perusahaan lain ataupun dengan lembaga pemerintahan, NPWP akan menjadi syarat yang harus dimiliki agar proses kerja sama dapat dilakukan. Dengan begitu potensi keuntungan yang mungkin bisa didapatkan dari proses kerja sama dengan perusahaan lain tidak akan terlewatkan begitu saja.

3. Mudah Dalam Mengajukan Pinjaman Modal Ke Bank

Disaat perusahaan membutuhkan suntikan dana untuk modal tambahan dari bank akan lebih mudah didapat, pasalnya syarat untuk mengajukan kredit dari bank salah satunya adalah pemohon diharuskan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP.


Baca Juga Cara Dan Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Ke Bank

4. Dapat Membuka Rekening Giro di Bank

Akan lebih memudahkan untuk seorang pengusaha menyimpan uang perusahaannya dalam rekening giro di bank bukan rekening tabungan yang biasa dipakai perorangan.

Alasannya dengan rekening giro kita dapat mencairkan sejumlah dana tertentu kepada orang yang orang yang ditunjuk serta dicairkan pada tanggal tertentu dengan menggunakan lembaran cek ataupun bilyet giro.

Nah untuk bisa membuka rekening giro di bank, salah satu syaratnya ialah calon nasabah tersebut harus memiliki NPWP.

5. Dapat Membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

SIUP sangat penting untuk dimiliki oleh mereka para pengusaha agar keberadaan bisnisnya mendapatkan pengesahan dari negara. Tidak hanya untuk pengusaha berskala besar, bagi mereka pengusaha yang baru saja memulai bisnisnya pun SIUP perlu segera dimiliki. Sedangkan salah satu syarat untuk pembuatan SIUP tersebut pemohon akan diminta NPWP terlebih dahulu.

Baca Juga Ragam Jenis Surat Izin Untuk Usaha yang Perlu Diketahui

6. Mudah Saat Akan Bepergian Ke Luar Negri

Pengusaha yang memiliki NPWP juga akan dimudahkan jika sewaktu-waktu mereka melakukan perjalanan ke luar negri karena mereka akan diberikan fasilitas bebas fiskal.

7. Mendapatkan Keringanan Membayar Pajak Penghasilan

Keringanan yang bisa didapatkan oleh mereka yang memiliki NPWP pada saat menunaikan kewajibannya dalam membayar pajak penghasilan adalah berupa potongan yang lebih besar yaitu sebesar 20 persen dibandingkan mereka yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.

Beberapa manfaat memiliki NPWP bagi pengusaha diatas, tentunya sayang sekali jika tidak bisa didapatkan. Apalagi untuk membuat NPWP juga saat ini telah banyak terdapat kemudahan, bahkan membuat NPWP secara online pun sudah dapat dilakukan dengan tanpa dipungut biaya apapun.