Manfaat dan Resiko Unit Link Asuransi Berbalut Investasi

Bukan hanya di Indonesia, asuransi Unit Link sedang gencar diperbincangkan di seluruh dunia dan peminatnya semakin hari semakin meningkat. Sekilas mendengar namanya memang sangat menggiurkan karena ada embel-embel investasi.

Kendala minimnya pengetahuan mengenai investasi masih menjadi dasar kuat bagi produk unit link untuk tetap eksis. Pasalnya, untuk terjun ke dunia investasi murni membutuhkan bekal yang cukup. Sedangkan di unit link masyarakat tidak perlu pusing menentukan instrumen investasi yang digunakan karena perusahaan asuransi akan mengurus semuanya. Mereka cukup membayar premi asuransi, dimana sebagian alokasinya akan masuk ke dalam investasi. Alhasil, masyarakat tetap bisa mendapatkan proteksi jiwa sekaligus keuntungan berupa nilai tunai dari hasil uang yang ditanamkan.

Karena yang menjadi ranah dari unit link adalah proteksi jiwa, maka muncul berbagai macam pendapat mengenai efektifitas unit link dijadikan sebagai asuransi jiwa dan banyak yang meragukan hasil yang didapatkan dari nilai investasi unit link. Kita mengetahui bahwa di dalam asuransi jiwa masih ada produk yang sulit ditandingi seperti produk asuransi jiwa term life, yang sampai sekarang masih menjadi andalan masyarakat. Alasanya sederhana, premi yang dibayarkan ringan dan uang pertanggunganya sangat tinggi.

Sebagian orang lagi mengatakan bahwa dengan unit link ibarat sekali menyelam sambil minum air. Tapi tunggu dulu, apakah itu bisa disama-ratakan untuk semua orang ? Tanpa tendensi apapun kami akan mencoba mengulas secara obyektif mengenai manfaat dan resiko unit link sebagai asuransi berbalut investasi.

Kami juga cenderung tidak menyetujui terhadap kalimat yang sering muncul seperti “kerugian dan keuntungan unit link” karena itu terkesan tidak masuk akal. Lebih tepatnya semua jenis asuransi atau investasi membawa keuntungan dan resikonya masing-masing. Jadi, jika anda harus membeli polis unit link maka anda harus tahu resiko dan manfaat tersebut. Secara umum manfaat dan resiko tersebut dapat dilihat pada poin berikut ini.

Manfaat dan Resiko Unit Link Asuransi

Baca Juga Tips Berinvestasi Untuk Pasangan Keluarga Muda

Advertisement

Manfaat Unit Link

  • Memberikan pilihan investasi di berbagai macam instrumen sesuai dengan karakter nasabah dan target investasi yang ingin diraih. Misalnya mereka ambil Cash Fund Unit Link. Berarti nasabah bisa digolongkan sebagai orang yang konservatif dan ingin investasi dengan resiko paling sedikit. Contoh lainnya, mereka memilih jenis Equity Unit Link. Berarti nasabah tersebut berharap mendapatkan return yang besar, dimana 80% dananya akan dimasukkan ke saham. Masih ada lagi jenis unit link lainnya yang bisa dipilih.
  • Memiliki manajer investasi yang sudah sepaket dengan perusahaan, jadi nasabah tidak perlu repot-repot menentukan investasinya.
  • Tingkat proteksi asuransi hingga seumur hidup
  • Nilai tunai asuransi lebih komprehensif karena tergantung dengan suku bunga bank dan fluktuasi pasar. Jika cermat dalam membaca situasi nilainya bahkan bisa berlipat-lipat.
  • Memungkinkan untuk membeli rider atau layanan tambahan mulai dari asuransi kesehatan dan lain sebagainya.

Resiko Unit Link

  • Jika memilih jenis Equity fund unit link resikonya sangat besar karena penempatan dana murni di saham.
  • Investasi bisa saja tidak maksimal karena dana harus dibagi dengan asuransi jiwa
  • Asuransi jiwa bisa saja tidak maksimal karena nilai investasi yang terus merosot
  • Konsekuensi biaya premi yang lebih tinggi karena anda harus membayar manajer investasi dan perusahaan asuransi sekaligus.
  • Tidak ada yang bisa menjamin nilai investasi karena sepenuhnya tergantung pada pergolakan pasar dan suku bunga bank.
  • Tidak bisa gonta-ganti manajer investasi
  • Biaya jual-beli investasi yang bisa lebih mahal dari instrument investai lain, seperti reksadana.
  • Pembayaran premi harus dilakukan secara rutin seperti halnya asuransi dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

Baca Juga Mengetahui Lebih Dalam Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Saham

Kesimpulan

Banyak alasan yang menurut kami sangat wajib dipertimbangkan untuk membeli atau tidak membeli unit link. Ketika anda memiliki penghasilan yang lumayan tinggi dan ingin mengalokasikan sebagian dana tersebut untuk investasi sekaligus asuransi, maka unit link menjadi pilihan yang tepat.

Namun demikian tetap perlu memperhatikan bahwa unit link bukan instrumen investasi murni. Artinya anda harus siap membayar dobel kepada perusahaan asuransi dan manajer investasi, tanpa memandang anda memilih jenis unit link yang mana.

Yang paling menarik dari unit link yaitu adanya berbagai macam jenis investasi yang bisa dipilih mulai dari jenis investasi yang memiliki resiko rendah return rendah, hingga resiko tinggi penghasilan juga tinggi. Semuanya bisa lebih simpel karena semua prosedurnya sudah dijembatani oleh perusahaan asuransi.