Makanan Tradisional Terkenal Inspirasi Berbisnis Kuliner

Makanan tradisional bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang bosan dengan hidangan-hidangan modern yang saat ini cukup banyak bermunculan. Apalagi bagi seseorang yang sedang berada di perantauan untuk mengerjakan berbagai kegiatannya, bisa menikmati makanan tradisional khas daerah asalnya tentu akan sangat menyenangkan.

Makanan tradisional dari daerah lain juga bisa mengundang rasa penasaran bagi kita yang ingin menikmati citarasa yang berbeda. Karena terdapat perbedaan-perbedaan dari segi rasa antara daerah satu dan yang lainnya, makanan khas jawa barat tentu akan berbeda ciri khas rasanya dari makanan tradisional jawa tengah, begitu pun dengan daerah-daerah lainya.

Apalagi negara Indonesia termasuk cukup beraneka ragam suku serta budayanya, dari sekian banyak profinsi yang berbeda-beda akan terdapat beberapa aneka makanan yang menjadi ciri khasnya, menjadikannya sangat banyak aneka makanan tradisional yang bisa dinikmati kelezatannya.

Dalam segi bisnis tentu banyaknya pilihan produk yang bisa di pasarkan bisa menjadi keuntungan tersendiri, salah satunya persaingan antar pelaku bisnis menjadi bisa di hindari, karena meski banyak pebisnis kuliner saat ini namun menu-menu yang bisa di pasarkan pastinya bisa berbeda-beda. Apalagi dalam dunia kuliner ini selalu menuntut produk yang baru agar konsumen tidak bosan menikmatinya.

Sebagai inspirasi untuk anda yang akan terjun menjalankan dunia usaha kuliner, ataupun juga anda yang sedang menjalaninya. Berikut ini ada beberapa menu makanan tradisional terkenal yang bisa menjadi masukan dan ide baru untuk menyediakan menu hidangan untuk konsumen, semoga saja dengan menyajikannya sebagai menu yang baru bisa menjadikan bisnis kita semakin variatif dan menarik parhatian.

makanan tradisional terkenal

Mie Aceh

Masyarakat pecinta mie tentunya sangat banyak keberadaannya, berbagai variasi mie juga sudah cukup banyak di hidangkan di berbagai rumah makan dan kedai makanan lainnya. Mie aceh tentunya juga akan bisa menarik perhatian konsumen penikmatnya terutama yang penasaran ingin mencicipi olahan makanan tradisional mie khas daerah yang tersohor dengan sebutan serambi mekah ini.

Mie aceh memiliki ciri khas dari penggunaan bahan mie nya yang berwarna kuning dan tebal, selain itu cita rasa yang paling mencolok di miliki adalah rasa pedas dan gurih yang di hasilkan dari kuahnya yang berupa kari. Tidak ketinggalan juga pelengkap dalam menyantapnya adalah aneka irisan daging yang bisa berupa ayam atau sapi, tidak jarang juga ada yang melengkapinya dengan irisan sea food seperti udang dan cumi.

Ayam Betutu Khas Bali

Seperti Mie, kuliner berbahan dasar daging ayam pun sangat banyak yang menggemarinya, bahkan sepertinya makanan dari olahan ayam ini menjadi menu yang wajib ada di setiap rumah makan. Jika anda akan berbisnis kuliner pun hendaknya menyediakan menu dari bahan ini karena konsumennya cukup banyak.

Salah satu olahan daging ayam yang menarik perhatian adalah ayam betutu yang merupakan makanan tradisional dari Bali. Rasanya dan penyajiannya yang unik, karena menggunakan aneka rempah-rempah yang bervariasi serta di sajikan berupa ayam utuh.

Selain itu cara pemasakannya yang di panggang juga turut memberikan citarasa yang berbeda dari masakan ayam lain. Karena populernya kuliner ini, di daerah asalnya yang identik dengan daerah pariwisata itu, sering kali ayam betutu menjadi menu yang di sajikan saat tamu-tamu penting dari mancanegara berkunjung kesana.

Oseng-Oseng Mercon

Ciri khas makanan asal Yogyakarta ini tentu beberapa pembaca sudah ada yang pernah mencicipinya, Pedas.. begitulah rasanya. Kata-kata mercon yang berarti sejenis kembang api itulah yang menggambarkan kepedasannya saat di santap. Rasa pedas tersebut berpadu dengan lezatnya isian berupa daging, kikil dan kulit sapi, hingga bisa menggugah selera siapa saja.

Di berbagai daerah sudah cukup banyak yang menawarkan menu oseng-oseng mercon ini, keunikan yang juga menjadi daya tariknya bisanya penjual menyediakan berbagai tingkat atau level kepedasannya, hal ini menjadikan konsumen penasaran. Sehingga tidak sedikit pelaku bisnis kuliner yang menyajikan masakan ini sebagai menu utamanya berhasil sukses mendapatkan keuntungan.

Kerak Telor

Berikutnya dari kategori makanan ringan, ada kerak telor yang bisa menjadi menu makanan tradisional yang menarik untuk kita jajakan. Makanan ini berasal dari kota Jakarta, namun namanya sudah cukup di kenal luas ke berbagai daerah lainnya. Berbahan dasar beras ketan, telur ayam dan sebagai taburannya ada berupa udang kering dan kelapa sangrai serta bumbu-bumbu lainnya.

Makanan ini cocok di tawarkan pada malam hari sebagai pelengkap para konsumen yang sedang bersantai dan berkumpul bersama rekan. Bisnis kuliner dengan konsep out door di perkotaan sedang populer didatangi pelanggan, jika kita tertarik menjalankannya juga tidak ada salahnya untuk mencoba menawarkan menu kerak terlor ini sebagai pilihan bagi mereka.

Baca juga aneka olahan daging bebek inspirasi usaha kuliner

Kue Balok

Berbisnis Kuliner yang mentargetkan konsumen dari kalangan anak muda yang gemar berkumpul di malam hari memang cukup bisa menjanjikan keuntungan yang besar. Diantaranya cukup sering kita amati meski tempat usahanya berupa sederhana dan menu yang di tawarkannya juga alakadarnya semacam Kue balok ini dan berbagai minuman hangat seperti teh manis, kopi susu, dan sebagainya. Namun usahanya bisa ramai dikunjungi pelanggan, bahkan terkadang ada konsumen yang tidak kebagian tempat.

Rasa dari kudapan tradisional asal jawa barat ini memang menjadi daya tarik tersendiri untuk di nikmati, hal yang membuatnya menarik juga tidak lepas dari kreatifitas pelaku usahanya yang pandai memodifikasi makanan tradisional ini menjadi lebih unik, dengan memadukannya beserta bahan makanan lain seperti keju, coklat, susu, strawbery dan lain-lain.

Baca juga inspirasi olahan jamur yang berpotensi menguntungkan

Nasi Kucing

Nasi kucing sebetulnya terdiri dari beberapa jenis lauk didalamnya seperti tempe, tahu, ikan dan sambal, dan di sajikan dengan di bungkus daun. Di Jogja makanan ini cukup populer di pilih masyarakat. Yang menjadikannya menarik, makanan ini di jual dengan harga yang terjangkau semua kalangan, sehingga setiap saat terutama di malam hari lokasi penjuan nasi kucing ini tidak pernah sepi pelanggan.

Untuk di jalankan di kota lain, usaha makanan nasi kucing ini pun tentunya cukup bisa berpotensi ramai di kunjungi juga. salah satu syaratnya selain harga yang di tawarkan haruslah murah juga kita harus pandai memasak aneka lauk pauknya dengan lezat.

Itulah beberapa makanan tradisional terkenal dari berbagai daerah yang mudah-mudahan saja bisa menginspirasi kita semua untuk menjalankan usaha di bidang kuliner sehingga bisa menguntungkan. Selamat Mencoba….

Baca juga cemilan unik dan murah inspirasi untuk usaha