Jenis Lem Kayu Terbaik dan Cara penggunaannya

Penggunaan jenis lem kayu yang tepat dapat membuat kedua permukaan kayu yang direkatkan menjadi lebih kuat, mampu menompang beban yang berat serta tahan terhadap benturan.

Oleh karena itu jangan sembarangan memilih lem kayu untuk berbagai keperluan anda, ketahui terlebih dahulu mengenai sifat dan karakter lem tersebut, selanjutnya pelajari juga bagaimana cara penggunaannya sehingga hasilnya bisa maksimal.

Perlu diketahui jenis-jenis lem kayu yang ada di Indonesia ada beberapa macam. Masing-masing di ciptakan untuk berbagai kebutuhan serta cara kerja yang berbeda-beda.

Sebagai panduan, pada artikel berikut ini akan di bahas mengenai beberapa jenis lem kayu terbaik yang bisa anda gunakan untuk keperluan industri furniture, kerajinan tangan ataupun perbaikan perabotan rumah tangga.

Jenis Lem Kayu Terbaik

Lem Kuning (Lem Aibon)

Sejatinya lem kuning atau kerap disebut lem aibon ini tidak hanya dapat digunakan untuk merekatkan material dari kayu. Material lain seperti HPL, kulit sintetis, plastik hingga logam keras pun dapat direkatkan dengan lem ini.

Sehingga jika anda perlu merekatkan kayu dengan kayu ataupun material lain yang non kayu, lem kuning dapat ini juga dapat diandalkan dengan kualitas hasil yang kuat.

Tidak heran jika lem kuning ini sering disebut dengan perekat serbaguna karena sifatnya yang bisa merekatkan berbagai material.

Cara penggunaannya adalah dengan melapiskan lem kuning secara merata kepada kedua permukaan yang ingin di tempelkan.

Setelah dilapiskan jangan buru-buru untuk merekatkan kedua permukaan, sebaiknya tunggu hingga lem di permukaan sedikit mengering umumnya dalam waktu 10 hingga 15 menitan.

Selanjutnya lalu tempelkan kedua permukaan dengan sedikit ditekan atau di press agar hasilnya maksimal.

Lem Putih (Lem PVA)

Jenis lem yang sering disebut lem putih atau nama lainnya ialah lem PVA (PolyVinyl Acetate) merupakan yang paling familiar digunakan pada industri Woodworking atau industri perkayuan hingga furniture di Indonesia.


Lem kayu PVA memiliki kemampuan untuk merekatkan berbagai jenis kayu dan juga kertas dengan hasil yang sangat kuat. Selain kuat lem yang satu ini juga memiliki kelebihan aman bagi penggunanya, bahkan beberapa jenisnya ada yang diperuntukan untuk bersentuhan dengan makanan atau Food Grade.

Dipasaran tersedia berbagai jenis merk lem PVA yang dapat dipilih baik produk import atau pun lokal.

Cara penggunaannya juga sangatlah mudah, sehingga dapat dipilih untuk kebutuhan perbaikan barang rumah tangga. Cukup dengan melapisi dengan merata pada kedua material lalu rekatkan, sebaiknya barang yang direkatkan di biarkan hingga beberapa menit atau untuk hasil maksimal gunakan press.

Lem Alteco / Lem G / Lem Korea

Banyak sebutan untuk lem yang satu ini, diantaranya ada yang menyebutnya lem korea, alteco ataupun lem G. Apapun sebutannya bahan dasar utama yang digunakan untuk jenis lem ini ialah Cyanocrylate Ethyl.

Merupakan salah satu jenis lem serbaguna yang juga dapat di gunakan untuk merekatkan material dari kayu dengan bahan lainnya seperti plastik, besi hingga keramik.

Kelebihan lem Korea ialah kemampuan merekatkan berbagai benda dengan sangat cepat dan kuat, tercatat cukup hanya dengan beberapa detik saja lem ini dapat mengering dan benda menempel sempurna.

Karena kelebihannya itu pula saat menggunakan lem ini kita harus hati-hati jangan sampai lem melekat pada benda yang tidak dikehendaki.

Lem korea ini fungsinya lebih cocok digunakan untuk menempelkan benda-benda yang tidak terlalu besar seperti kebutuhan rumahan untuk memperbaiki berbagai perabotan, sedangkan untuk keperluan industri lem korea terbilang jarang digunakan.

Lem Epoxy

Satu lagi jenis lem kayu terbaik yang dapat kita andalkan untuk berbagai pekerjaan perkayuaan, ialah lem Epoxy.

Sedikit berbeda dengan jenis lem kayu lainnya, lem epoxy memiliki dua komponen yang harus dicampurkan sebelum hendak di lapiskan kepermukaan benda.

Komponen pertama ialah resin epoxy dan yang satu lagi hardener pengering, kedua komponen ini harus di campur dengan takaran yang sesuai petunjuk pembuat lem agar hasilnya bisa maksimal.

Lem yang satu ini umumnya di pergunakan untuk barang-barang seperti panel pintu, jendela kayu, hingga karena kekuatannya juga dapat digunakan untuk merekatkan bagian dari perahu berbahan kayu.

Berbagai benda dari kayu yang diperuntukan untuk keperluan outdor cocok menggunakan lem ini karena ketahanannya terhadap air dan juga cuaca panas.

Baca Juga Bahan Lapisan Untuk Lemari dan Meja Kayu

Itulah beberapa rekomendasi mengenai jenis lem kayu terbaik yang dapat menangani berbagai pekerjaan perkayuan anda, pilih yang paling cocok untuk jenis materialnya dan jangan lupa baca petunjuk penggunaan pada kemasan agar hasil paling maksimal bisa didapat.