Lebih Untung Mana Jadi Reseller atau Dropshiper ?

Dunia bisnis online yang menjanjikan banyak keuntungan membuat banyak orang yang tertarik ingin ikut menjalankannya, utamanya karena fleksibel dijalankan dan tidak begitu menyita waktu yang banyak membuat model bisnis ini banyak dipilih untuk menghasilkan keuntungan.

Diantara beberapa bidang dalam bisnis online, berjualan online menjadi salah satu yang banyak di pilih.

Berbicara mengenai berjualan secara online, menjadi seorang reseller dan dropshiper banyak dipilih sebagai langkah awal untuk menjajaki bisnis ini. Keduanya meski dapat dijalankan dengan modal sedikit namun jika dijalankan dengan serius bukan tidak mungkin akan dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah.

Lalu diantara keduanya mana yang seharusnya kita pilih ? lebih menguntungkan mana menjadi seorang reseller atau dropshiper ? Uraiannya akan kita bahas pada artikel kali ini.

Sebelumnya bagi anda yang belum mengenal apa itu dropshiper dan reseller, dapat diketahui pada artikel berikut Arti Sistem Dropship Dan Reseller di Bisnis Online Shop

Reseller atau Dropshiper

Keuntungan dan Kerugian Menjadi Seorang Dropshiper

Keuntungan yang paling utama dalam berjulan online dengan sistim dropship adalah minimnya biaya modal yang harus dikeluarkan atau bahkan nyaris tanpa modal sama sekali.

Tentu saja karena seorang dropshiper tidak perlu menyediakan stok barang jualan, mengirim barang kepada kurir pun tidak perlu dilakukan. Semua sudah dilakukan oleh supplier, kita hanya perlu mempromosikan barang dan berupaya mendapatkan pembeli.

Keuntungan selanjutnya seorang dropshiper juga dapat menjual banyak aneka barang yang didapat dari banyak supplier. Dengan begitu segala macam kebutuhan para calon pembeli pun dapat dipenuhi.

Ada keuntungan tentu saja akan ada kekurangan, menjadi seorang dropshiper harus siap dengan pendapatan keuntungan yang tipis di awal-awal usaha. Bagaimana tidak, dropshiper hanya mengandalkan kemampuannya dalam pemasaran tidak dapat menekan biaya produk agar lebih murah selain meminta diskon kepada supplier.

Meski begitu, seorang dropshiper yang sudah berpengalaman dan memilki banyak langganan serta memiliki banyak supplier berkualitas, meraup keuntungan yang besar bukan masalah baginya.

Kekurangan selanjutnya dari seorang dropshiper adalah tidak adanya kemampuan mengontrol barang jualannya. Seperti jumlah ketersedian stok barang dan detail spesifikasi barang yang dijualnya, sehingga cukup menyulitkan jika ada pembeli yang bertanya secara mendalam seputar barang yang akan dibelinya.

Begitupun dalam menjaga reputasinya sebagai penjual barang berkualitas, pasalnya berkualitas atau tidak barang yang dijualnya bergantung kepada supplier yang dimiliki.

Ingin menjadi seorang dropshipper yang handal, baca panduannya di artikel Panduan Lengkap Menjadi Dropshipper Sukses

Keuntungan dan Kerugian Menjadi Seorang Reseller

Seorang reseller memiliki kontrol penuh terhadap barang yang dijualnya dari mulai menjaga kualitasnya hingga menjaga ketersediannya. Jika ingin memilki untung yang besar kita dapat mengupayakan membeli secara grosir yang umumnya harga suatu produk akan bisa didapat lebih murah.

Selain itu menjelaskan mengenai spesifikasi suatu produk kepada konsumen dapat dilakukan dengan mendalam, sehingga dapat lebih dipercaya calon konsumen.

Menjaga reputasi dengan selalu menjual barang yang berkualitas pun dapat leluasa dilakukan, dalam jangka panjang hal ini akan memungkinkan nama kita dapat dikenal terpercaya sehingga dapat menarik lebih banyak pembeli.

Sedangkan untuk kekurangan yang harus ditanggung seorang reseller diantaranya adalah harus menyediakan modal yang cukup besar untuk pengadaan stok barang dagangan.

Terlebih jika ingin mendapatkan harga barang yang termurah, umumnya grosiran menerapkan semakin banyak kuantiti barang yang di beli maka harga bisa didapat lebih murah.

Selanjutnya barang dagangan sudah didapat, kita pun harus memastikan stok barang tersebut aman disimpan bahkan hingga ke tangan konsumen. Untuk beberapa barang yang memiliki sifat kadaluarsa kita perlu hati-hati dalam pengadaan stok barang ini.

Bagaimana apakah sekarang sudah memiliki gambaran akan memilih menjadi seorang reseller atau dropshiper ? Uraian diatas memang tidak menekankan untuk memilih salah satunya, namun kami hanya menguraikan bagaimana kelebihan dan kekurangan keduanya, untuk penentuan pastinya hanya anda yang bisa memutuskan.

Semoga Bermanfaat…