Laundry Koin, Bisnis Baru Yang Menarik Perhatian

Bisnis laundry atau jasa pencucian pakaian sebenarnya bukanlah barang baru di Indonesia, pelaku usahanya sudah sangat menjamur karena konsumennya yang cukup besar, Namun bagaimana dengan laundry koin ? apakah anda juga menjadi salah satu yang baru mendengar bisnis ini ?

Berbeda konsep yang di tawarkan, itulah yang menjadi menarik perhatian untuk bisnis laundry koin ini. Kini konsumen yang akan menggunakan jasa cuci pakaian di berikan pilihan dengan beberapa kelebihan di bandingkan dengan sistim jasa cuci pakaian sebelumnya.

Dengan begitu, terdapat celah baru dalam pilihan peluang usaha saat ini. Karena baru di kenalkan ahir-ahir ini, kompetitornya masih belum begitu banyak bertebaran, kita masih sangat berpeluang menjadi pionir dalam bidang ini di daerahnya masing-masing. Untuk itu mari kita akan ulas lebih lanjut mengenai seluk beluk laundry koin ini.

bisnis laundry koin

Hadir Lebih Modern Dan Praktis

Mungkin pembaca semua pernah memperhatikan di media televisi, film-film dan sebagainya, di luar negri sering kali di pertontonkan seseorang yang menggunakan jasa laundry koin ini. Mereka memasukan beberapa potong pakaian kotor kedalam mesin cuci lalu memasukan koin untuk memulai pencucian, sambil menunggu mereka menghabiskan waktu sambil membaca majalah, memesan kopi, hingga bersosialisasi dengan pengunjung lainnya.

Uniknya meski bisnis ini adalah termasuk ke dalam bidang jasa, namun semua pekerjaannya di lakukan oleh konsumen sendiri ( Self Service ), tidak terlihat satupun pelayan yang membantu melakukannya. Dari mulai membawa pakaian kotor yang akan di cuci, memasukannya kedalam mesin, memberi deterjen, hingga pakain itu bersih dan siap digunakan, semua konsumen yang mengerjakannya, uang yang di keluarkan berupa koin hanyalah sebagai jasa untuk pemakaian mesin cucinya saja.

Meski begitu, itulah trend modern dalam dunia jasa laundry yang sepertinya akan menjadi populer juga di negara kita. Lebih praktis karena tidak membutuhkan waktu berhari-hari seperti kita menggunakan jasa cuci pakaian sebelumnya, menggunakan laundry koin ini hanya cukup di kerjakan 1 hingga 2 jam maka pakaian kotor pun sudah siap kembali di gunakan. Dan waktu yang terbuang untuk mengunggu proses pencucian bisa di gunakan berbagai kegiatan lain, karena dalam bisnis ini juga di sediakan berbagai fasilitas seperti cafe lengkap dengan layana Wifi, tv kabel, dan berbagai menu makanan yang bisa di pesan.

Advertisement

Dengan begitu menjalankan usaha laundry koin ini cocoknya di gabungkan dengan bisnis lain seperti cafe, atau didirikan di apartemen-apartemen, bahkan hingga di pusat keramaian seperti mall. Sehingga sisi praktisnya bagi konsumen juga adalah sambil mencuci pakaiannya mereka bisa sambil mengerjakan kegiatan lain.

Baca juga laundry kiloan murah peluang usaha yang menguntungkan

Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Anda tertarik menjalani bisnis ini, kini sudah tersedia penyedia mesin cuci dengan sistim koin ini yang bisa di pilih. Namun anda harus persiapkan sejumlah modal yang kisaran besarannya hampir berharga dua kali lipat dari mesin cuci biasa. Satu unit mesin cuci yang bisa di gunakan untuk usaha laundry koin ini di bandrol dengan harga kurang lebih 12 jutaan, begitu pula dengan mesin pengeringnya. Belum lagi biaya modal yang harus di sediakan untuk menyiapkan berbagai fasilitas hingga persiapan tempat yang harus nyaman untuk konsumen menunggu.

Namun jangan khawatir dulu dengan besarnya modal yang harus di keluarkan untuk menjalankan bisnis ini, karena sesuai dengan nilai yang di keluarkan, keuntungan yang bisa di raih pun tentunya seimbang. Contohnya di jakarta ada pelaku bisnis laundry koin ini yang membuka usahanya di sebuah apartemen, mampu meraup keuntungan hingga 30 juta sebulan, yang di hasilkan dari 7 mesin cuci koin miliknya. Tarif yang mereka terapkan untuk menggunakan jasa ini adalah 2 koin berharga 10 ribu per koinnya, untuk bisa mencuci hingga 6 kilo pakaian kotor.

Mengapa keuntungan yang di dapatkan bisa begitu besar ? Sebabnya bisnis laundry koin ini cukup menarik perhatian, banyak masyarakat penasaran dengan konsep yang di tawarkan, keperaktisan serta kemudahannya. Juga bagi sebagian masyarakat, mencuci dengan sistim laundry koin ini lebih terjaga dalam hal privasinya, karena proses pencucian tidak di gabungkan dengan pakaian orang lain. Belum lagi keuntungan yang di hasilakan dari jualan aneka menu makanan dan minuman. Dan bukan hanya itu, coba anda perhatikan tarif yang ditawarkan…, 20 ribu untuk mencuci pakaian seberat 6 kg, Bukankah ini lebih murah dari tarif laundry sebelumnya…