Laundry Kiloan Murah Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Laundry kiloan – Tentu anda sering melihat jenis usaha ini bertebaran dimana-mana, terutama di daerah padat penduduk dan juga di daerah yang dekat dengan kos-kosan baik mahasiswa atau karyawan. Sistem usaha ini adalah jasa mencuci pakaian yang di hitung berdasarkan jumlah kiloan pakaian yang akan di cuci.

Usaha ini sangat menjamur di daerah-daerah sekitar kos-kosan karena banyak para penghuninya yang tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri. Kegiatan mencuci pakaian itu sederhana namun cukup memakan waktu untuk mengerjakannya, pilihan bagi mereka adalah menggunakan jasa laundry ini

Menjadi salah satu pertimbangan juga adalah harga yang tidak seberapa tetapi bisa menyelesaiakan pekerjaan yang cukup berat. Bisa di bayangkan jika anda mencuci pakaian seberat 3 kg saja, akan memerlukan berapa jam untuk mencuci pakaian sampai rapih siap masuk lemari ? apakah tidak lebih praktis mendatangi jasa laundry dan membayar 6 ribu per kg nya saja ? Dengan begitu maka peluang usaha jasa laundry kiloan ini masih cukup bisa memberikan keuntungan.

usaha laundry kiloan

Langkah Membuka Usaha Laundry

Jika anda berminat menjalankan peluang usaha laundry kiloan ini sebetulnya tidak sulit, yang terpenting di persiapkan adalah peralatan mencuci seperti mesin cuci dan setrika serta tenaga kerja, dan juga syarat utamanya anda sudah memiliki lokasi strategis untuk menjalankan usaha ini.

Jika rumah anda terletak di pemukiman padat penduduk atau kos-kosan sebagian ruangan nya bisa anda manfaatkan untuk membuka usaha ini, jika tidak anda bisa menyewa tempat yang berlokasi strategis. Berikut rincian apa saja yang harus anda persiapkan dalam membuka usaha laundry kiloan untuk pemula :

Mesin Cuci

Ini adalah alat utama dalam usaha laundry ini, untuk tahapan pemula anda bisa menggunakan mesin cuci yang umum di pakai di rumah saja, biasa nya sudah terdapat dengan tempat pengeringan pakaiannya, Harga mesin cuci ini berkisar 2-3 jutaan. Akan tetapi mesin seperti ini bukan di khususkan untuk mengerjakan usaha, maka jika permintaan jasa semakin meningkat anda di haruskan menggunakan mesin cuci khusus untuk usaha laundry, harga nya berkisar 6 sampai 10 jutaan.

Setrikaan

Ini juga termasuk peralatan yang pokok, gunanya untuk merapihkan pakaian yang sudah kering. Terdapat dua jenis yang bisa menjadi pilihan, strika biasa dan strika uap. Setrika biasa tentu berharga lebih murah, tetapi tetap bisa di pergunakan. Hanya saja dari segi kecepatan akan lebih cepat selasai mengerjakan orderan jika menggunakan setrika jenis uap. Harga setrika biasa berkisar 500 ribuan sedangkan setrika uap sekitar 2 sampai 5 juta an.

Tenaga Kerja

Anda memerlukan tenaga kerja sekitar 2-5 orang tergantung dari banyaknya permintaan dari jasa cuci kiloan ini. yang harus anda lakukan adalah merekrut karyawan secara bertahap saja mengikuti ramainya usaha anda, dan karyawan yang di pekerjakan tidak harus memiliki keterampilan khusus karena yang akan di kerjakan adalah pekerjaan yang umum biasa di lakukan. Gaji karyawan ini berkisar antara 800 ribu sampai 1 juta rupiah perbulannya.

Lokasi Strategis

Jika anda tidak mempunyai sendiri lokasi strategis, ini akan cukup memerlukan memerlukan banyak biaya karena anda harus mengontrak tempat yang strategis untuk menjalankan usaha ini. jika mengontrak tempat berkisar antara 10 – 25 juta pertahunnya.

Tetapi jika untuk sementara anda akan menjalankan usaha laundry kiloan dengan modal yang kecil sehingga tidak akan mengontrak tempat untuk usaha atau menjalankannya secara rumahan, cara yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan toko-toko yang berada sewilayah, jadikan toko-toko tersebut sebagai penerimaan pesanan dari usaha laundry kiloan anda, selanjutnya mereka akan melanjutkan pesanannya kepada kita, lalu hasil keuntungannya bisa di bagi bersama.

Baca juga laundry koin bisnis baru yang menarik perhatian

Analisa Peluang Usaha Laundry Kiloan Kedepan

Hampir bisa di pastikan, kedepan usaha laundry seperti ini akan semakin di perlukan. Pasalnya selain pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, berbagai kegiatan yang di jalani masyarakat pun setiap harinya akan semakin padat. Sedangkan kegiatan mencuci pakaian akan selalu menjadi aktifitas wajib yang harus di lakukan.

Ditambah lagi dengan trend di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, menuntut masyarakat menjalani hidupnya dengan serba cepat dan praktis. Seperti misalnya saja sekarang ini mulai banyak didirikan banyak apartemen-apartemen yang dijadikan sebagai tempat tinggal demi menunjang kemudahan mengerjakan berbagai aktifitas sehari-hari, setiap penghuni di dalamnya adalah calon-calon konsumen potensial bagi usaha laundry kiloan ini.

Namun begitu tetap harus kita waspadai dengan semakin banyaknya yang membutuhkan jasa ini, secara otomatis akan menarik lebih banyak jumlah pelaku usaha di bidang ini. Hal ini tentu saja akan membuat persaingan antar usaha sejenis menjadi semakin sengit. Tetap perlu kita kuasai berbagai langkah dan strategi yang bisa membuat kita mampu bertahan menjalani bisnis laundry kiloan ini kedepannya.

baca juga tips sukses usaha laundry